Bersumbangsih dalam Donor Darah

Jurnalis : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak), Fotografer : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak)

Para pendonor mengisi formulir riwayat kesehatan dan data diri dengan didampingi relawan Tzu Chi. Mereka mengisi formulir ini sebelum melakukan donor darah.

Tahun ini menjadi awal relawan Tzu Chi di Biak mengadakan kegiatan donor darah. Donor darah dilaksanakan pada 18 Maret 2023 di Sekretariat Tzu Chi Biak. Donor darah yang diselenggarakan ini merupakan kerja sama Tzu Chi Biak, Maju Makmur Group, dan PMI Biak.

Sejak pagi hari sehabis menyaksikan ceramah Master Cheng Yen pada pukul 09.00 WIT, relawan Tzu Chi  langsung bergegas mempersiapkan tempat, dan peralatan, seperti tempat tidur lipat, hingga konsumsi. Kegiatan donor darah ini dilaksanakan bekerja sama dengan Maju Makmur Group, dan PMI Biak.

Susanto Pirono, Ketua Hu Ai Papua dan Papua Barat mensosialisasikan Yayasan Buddha Tzu Chi yang bergerak pada misi amal kemanusiaan.

Seorang relawan Tzu Chi menjalani screening darah sebelum melakukan donor. Screening ini meliputi pengecekan tekanan darah dan HB.

Susanto Pirono, Ketua Hu Ai Papua dan Papua Barat mengatakan kegiatan donor darah ini sangat berguna bagi orang-orang yang membutuhkan darah. “Adanya donor darah ini kiranya dapat berguna bagi pasien yang membutuhkan,” ucap Susanto, “semoga makin banyak warga masyarakat Papua yang terpanggil hatinya untuk membantu orang-orang yang membutuhkan darah.” 
Yenny Afrida dan Elisabeth Yarangga,  dua orang  relawan Tzu Chi yang bergabung di tim komsumsi sudah mempersiapkan makanan dan minuman namun mereka mau menyumbangkan darahnya. “Saya senang sudah bisa berhasil menyumbangkan darah,” ucap Elisabeth. Saya sudah tidak takut lagi untuk donor darah, semoga sekantung darah ini bermanfaat bagi pasien,” lanjut Elisabeth.  

Relawan Tzu Chi melakukan proses donor darah. Donor darah ini berlangsung di  Kantor Tzu Chi Biak.

Yenny Afrida relawan Tzu Chi yang bertugas di bagian konsumsi berkesempatan untuk mendonorkan darahnya.

Dalam kegiatan donor darah ini PMI Biak berhasil mengumpulkan 60 kantong darah. Raut wajah puas dan senang relawan dan pendonor terpancar setelah diumumkan bahwa kegiatan donor darah telah selesai.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Setetes Darah yang Bermanfaat Bagi Sesama

Setetes Darah yang Bermanfaat Bagi Sesama

22 November 2018

Tzu Chi Tanjung Balai Karimun dan PMI rutin mengadakan Donor Darah setiap 3 bulan sekali. Selasa, 20 November 2018, tidak seperti kegiatan donor darah yang biasanya dilakukan pada hari Minggu, kali ini donor darah diadakan pada hari libur nasional yang bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Berdana Tidak Harus Berupa Materi Saja

Berdana Tidak Harus Berupa Materi Saja

27 November 2014 Berdana bukanlah hak bagi orang kaya saja. Tetapi bagi siapa saja yang memiliki niat. Mungkin orang akan berpikir uang ketika mendengar kata berdana. Padahal banyak hal lain yang bisa kita berikan kepada orang yang membutuhkan selain uang. Salah satu contohnya adalah berdana dengan menjadi pendonor darah.
Sebersit Niat Baik dan Mengenggam Setiap Kesempatan

Sebersit Niat Baik dan Mengenggam Setiap Kesempatan

05 Maret 2015Sehabis operasi, papa membutuhkan  banyak darah," tambahnya. Pendonor berusia 41 tahun itu menceritakan pengalaman pahit kehilangan keluarga terdekat akibat dari keterlambatan pasokan darah. Pengalaman itulah yang mendorong niat dan tekad Rosanna untuk mendonorkan darahnya. “Selama masih diberi kesempatan untuk donor, saya akan terus melakukannya,” ujarnya.
Jika selalu mempunyai keinginan untuk belajar, maka setiap waktu dan tempat adalah kesempatan untuk mendapatkan pendidikan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -