Bersumbangsih dalam Donor Darah

Jurnalis : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak), Fotografer : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak)

Para pendonor mengisi formulir riwayat kesehatan dan data diri dengan didampingi relawan Tzu Chi. Mereka mengisi formulir ini sebelum melakukan donor darah.

Tahun ini menjadi awal relawan Tzu Chi di Biak mengadakan kegiatan donor darah. Donor darah dilaksanakan pada 18 Maret 2023 di Sekretariat Tzu Chi Biak. Donor darah yang diselenggarakan ini merupakan kerja sama Tzu Chi Biak, Maju Makmur Group, dan PMI Biak.

Sejak pagi hari sehabis menyaksikan ceramah Master Cheng Yen pada pukul 09.00 WIT, relawan Tzu Chi  langsung bergegas mempersiapkan tempat, dan peralatan, seperti tempat tidur lipat, hingga konsumsi. Kegiatan donor darah ini dilaksanakan bekerja sama dengan Maju Makmur Group, dan PMI Biak.

Susanto Pirono, Ketua Hu Ai Papua dan Papua Barat mensosialisasikan Yayasan Buddha Tzu Chi yang bergerak pada misi amal kemanusiaan.

Seorang relawan Tzu Chi menjalani screening darah sebelum melakukan donor. Screening ini meliputi pengecekan tekanan darah dan HB.

Susanto Pirono, Ketua Hu Ai Papua dan Papua Barat mengatakan kegiatan donor darah ini sangat berguna bagi orang-orang yang membutuhkan darah. “Adanya donor darah ini kiranya dapat berguna bagi pasien yang membutuhkan,” ucap Susanto, “semoga makin banyak warga masyarakat Papua yang terpanggil hatinya untuk membantu orang-orang yang membutuhkan darah.” 
Yenny Afrida dan Elisabeth Yarangga,  dua orang  relawan Tzu Chi yang bergabung di tim komsumsi sudah mempersiapkan makanan dan minuman namun mereka mau menyumbangkan darahnya. “Saya senang sudah bisa berhasil menyumbangkan darah,” ucap Elisabeth. Saya sudah tidak takut lagi untuk donor darah, semoga sekantung darah ini bermanfaat bagi pasien,” lanjut Elisabeth.  

Relawan Tzu Chi melakukan proses donor darah. Donor darah ini berlangsung di  Kantor Tzu Chi Biak.

Yenny Afrida relawan Tzu Chi yang bertugas di bagian konsumsi berkesempatan untuk mendonorkan darahnya.

Dalam kegiatan donor darah ini PMI Biak berhasil mengumpulkan 60 kantong darah. Raut wajah puas dan senang relawan dan pendonor terpancar setelah diumumkan bahwa kegiatan donor darah telah selesai.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Bersumbangsih Membuat Hidup Berarti

Bersumbangsih Membuat Hidup Berarti

07 Agustus 2015 “Darah, bagian dari tubuh manusia yang tidak terkira nilainya dapat kita sumbangkan kepada resipien (penerima donor -red) yang membutuhkan, sehingga hidup lebih berarti dengan berbagi.” Ujar Deddy. Lebih lanjut, Deddy mengutarakan keinginannya menjadi donor rutin ke depannya.
Indahnya Berbagi Melalui Donor Darah

Indahnya Berbagi Melalui Donor Darah

07 Desember 2015
Minggu,  15 November 2015,  Tzu Chi Medan mengadakan kegiatan donor darah di Pusat Perbelanjaan Suzuya Marelan Plaza Lt. 3, Medan Marelan. Sebanyak  54 orang relawan bekerjasama dalam menyukseskan acara ini. Dan berhasil mengumpulkan 147 kantong darah. Diharapkan setiap kantong darah yang berhasil terkumpul dapat menolong atau menyelamatkan sesama yang membutuhkan.
Tzu Chi Medan Gelar Donor Darah di Dua Lokasi

Tzu Chi Medan Gelar Donor Darah di Dua Lokasi

06 Juli 2022

Tzu Chi Medan bekerja sama dengan PMI Deli Serdang dan PMI Medan menggelar bakti sosial donor darah di dua lokasi yaitu di Mal Suzuya, Tanjung Morawa, Deli Serdang dan di Sekolah TK Sutomo 1 Medan, Sumatera Utara.

Kendala dalam mengatasi suatu permasalahan biasanya terletak pada "manusianya", bukan pada "masalahnya".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -