Bertambahnya Barisan Relawan Tzu Chi di Surabaya

Jurnalis : Diyang Yoga W (Tzu Chi Surabaya), Fotografer : Diyang Yoga W, Sheila, Santoso, Sophie, Hendra (Tzu Chi Surabaya)

Becky Ciang menyampaikan materi berjudul “Aktif dalam Tzu Chi, Mengubah Hidup Saya”.

Tzu Chi Surabaya mengadakan pelatihan relawan Abu Putih ke-3 di tahun 2023 yang bertempat di Kantor Tzu Chi Surabaya, Minggu, 28 Mei 2023. Pelatihan dengan pemateri Becky Ciang dan Satria Budiardy ini diikuti oleh 53 relawan. Kegiatan diawali dengan penghormatan kepada Buddha dan Master Cheng Yen, dilanjutkan dengan bersama-sama menyanyikan lagu Mars Tzu Chi dan melafalkan 10 Sila Tzu Chi.

Becky Ciang membawakan materi berjudul “Aktif dalam Tzu Chi, Mengubah Hidup Saya”. Ia bercerita tentang jalinan jodohnya dengan Tzu Chi. Diawali dari seringnya ia mendengar ayahnya bercerita tentang Master Cheng Yen. Becky juga bercerita tentang kesan pertama saat menjadi relawan Tzu Chi. Ia juga menampilkan jejak cinta kasih yang ia jalin saat menjadi relawan lewat rekam jejak dari dokumentasi Zhen Shan Mei Surabaya.

Satria memberikan materi tentang Zhen Shan Mei.

Materi selanjutnya dibawakan oleh Satria berjudul “Setiap Orang adalah Pencatat Sejarah”. Satria bercerita bahwa setiap insan Tzu Chi adalah pencatat sejarah. Begitulah yang diajarkan oleh Master Cheng Yen agar setiap jejak cinta kasih relawan dapat menjadi sejarah hidup berbagi cinta kasih.

Pada kesempatan ini juga ada talkshow dengan relawan yang terjun di Misi Amal Tzu Chi, yaitu Edy, Sophie dan Ming Fong yang dipandu oleh Ida Sabrina. Relawan komite hingga Abu Putih mendapat kesempatan untuk berbagi pengalaman selama berkegiatan Tzu Chi. Edy bercerita tentang apa yang paling berkesan yang didapatnya saat kegiatan Tzu Chi.

Relawan Tzu Chi menampilkan isyarat tangan lagu Tzu Chi dengan sangat kompak dan indah.

"Yang paling berkesan adalah pengalaman pertama, saat berkunjung ke rumah Gan En Hu, door to door dan menanyakan keadaan mereka, bagaimana kesehatannya. Meskipun panas saat menuju ke rumah Gan En Hu dan juga membawa air galon, beras, minyak dan lain lain, tetapi saat sampai ke rumah Gan En Hu membuat saya merasa saya kurang bersyukur. Akhirnya sekarang saya lebih bisa menghargai apa yang saya terima. Kita harus berterima kasih kepada Gan En Hu karena sudah mau menerima bantuan dari kita," Ujar Edy dengan antusias.

Para peserta juga mendengar cerita menarik dari Sophie, mulai dari pertama kali mengunjungi rumah Gan En Hu Sophie. “Meskipun mereka dilanda kesusahan saat kita kunjungi masih bisa tersenyum dan itu yang membuat saya bersyukur atas apa yang Tuhan beri.” Ujar Sophie.

Pemberian suvenir kepada para peserta Pelatihan Abu Putih.

Ketua Tzu Chi Surabaya, Vivian juga memberikan sambutan. Ia merasa penuh syukur dengan bertambahnya barisan panjang relawan Tzu Chi Surabaya. Vivian juga memberikan beberapa kuis untuk relawan yang bergabung seputar misi utamaTzu Chi. Acara kemudian ditutup dengan foto bersama.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Ada Tekad Tentu ada Tenaga

Ada Tekad Tentu ada Tenaga

21 Juni 2019

Tujuh puluh tiga relawan Calon Komite Tzu Chi mendalami Dharma dengan mengikuti pelatihan pada Minggu, 16 Juni 2019. “Tujuannya agar lebih mengerti Dharma, serta memahami tugas dan tanggung jawab sebagai murid Master Cheng Yen,” kata Desnita, koordinator kegiatan ini.

Melestarikan Lingkungan dan Batin

Melestarikan Lingkungan dan Batin

29 Juli 2022

Sebanyak 118 relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang mengadakan Pelatihan Abu Putih ketiga di Tzu Chi Center PIK, Minggu, 24 Juli 2022.

Kesempatan Bersumbangsih Adalah Berkah

Kesempatan Bersumbangsih Adalah Berkah

27 Maret 2015 "Setelah mengikuti kegiatan hari ini, saya semakin mantap dan tahu tentang Tzu Chi itu apa sih. Semuanya dan termasuk ajarannya itu bagus sekali ya. Senanglah senang banget saya mengikuti kegiatan ini. Kesan hari ini yaitu melatih diri, saya sangat setuju dengan shijie tadi yaitu kita datang ke Tzu Chi untuk melatih diri,” pungkas Ahok.
Semua manusia berkeinginan untuk "memiliki", padahal "memiliki" adalah sumber dari kerisauan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -