Bertoleransi dan Menjalin Cinta Kasih dengan Membagikan Takjil

Jurnalis : Susilawati (He Qi Pusat), Fotografer : Tjiong Meily, Eliyana, Susilawati (He Qi Pusat)

Para relawan Tzu Chi saat sedang menuju lokasi pembagian Takjil.

Para relawan Tzu Chi di komunitas Xie Li PGC yang merupakan bagian dari He Qi Pusat bekerja sama dengan aparat Kelurahan Cipinang Besar Utara membagikan Takjil (makanan pembuka puasa) untuk warga di sekitar Cipinang Besar Utara. Tujuannya untuk berbagi kebahagiaan kepada warga jelang berbuka puasa.

Kegiatan ini berlangsung sejak 11-19 April 2022. Dengan semangat, relawan Xie Li PGC memulai kegiatan ini dengan membagi pemesanan Takjil ke masing-masing warga di tiap RT dan membagi tugas kepada 11 relawan untuk bergantian membagikan tiap harinya. Kegiatan berlangsung dari pukul 4 hingga 6 Sore dikoordinir oleh Eliyana sebagai koordinator.

Setiap harinya relawan membagikan Takjil kurang lebih 100-150 bungkus. Berikut tambahan kue dari relawan yang menyumbang dan roti sumbangan dari Holland Bakery melalui relawan PGC, Sempurnawati.

Rosaline mempersilahkan warga dan anak-anak untuk mengambil Takjil.

Raut wajah bahagia anak-anak ketika mendapatkan Takjil.

Pada hari pertama dan kedua, relawan memesan Takjil yang akan dibagikan kepada warga RT 04. Tempat pembagiannya di Kantor Kelurahan Cipinang Besar Utara.

Hari ketiga dan keempat, lokasi pembagiannya di pemukiman warga RT 07 yang terkena penggusuran jalan tol. Dalam pembagian ini ikut serta Evi Evirawati, Lurah Cipinang Besar Utar) dan Ibu Ocoy, kader PKK dari kelurahan.

Hari kelima hingga kedelapan, Lokasi pembagian di kantor kelurahan dan lingkungan sekitar Cipinang didampingi ketua RW setempat.

Evirawati selaku Lurah Cipinang Besar Utara senang dan berterima kasih kepada relawan Yayasan Buddha Tzu Chi yang sudah sangat memperhatikan warga dan membagikan Takjil gratis ini.

“Semoga Yayasan Buddha Tzu Chi dapat terus memberikan bantuan tidak hanya dalam bulan Ramadan saja. Dan semoga juga Yayasan Buddha Tzu Chi terus maju dan lebih berkembang lagi,” ujarnya.

Takjil yang dibagikan umumnya berupa kolak dan kue sebanyak 100-150 bungkus yang dipesan ke warga yang sangat terdampak Covid-19.

Foto bersama Lurah Evi Evirawati, Ketua RW 04 Pak Sadikin, kader PKK, Bu Ocoy serta para relawan Tzu Chi.

Harapan yang sama diungkapkan Ibu Ocoy, kader Kelurahan. ”Senang dan bangga kepada Relawan Yayasan Buddha Tzu Chi berbagi kebahagian dengan bertoleransi kepada umat Islam yang menjalankan puasa. Harapannya semoga akan terus berlanjut di tahun depan dan bantuannya lebih banyak lagi,” ujarnya.

Tentu kegiatan ini merupakan wujud toleransi dalam menyebarkan cinta kasih universal dan semakin kuat jalinan silahturahmi antar relawan komunitas Xie Li PGC dengan warga Cipinang Besar Utara.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Pembagian Takjil Bersama Tzu Ching Medan

Pembagian Takjil Bersama Tzu Ching Medan

28 April 2022

Relawan Tzu Ching Medan mengadakan kegiatan Pembagian Takjil di Kantor Tzu Chi Cabang Medan yang diikuti oleh 21 orang relawan dan calon relawan Tzu Ching.

Menebar Cinta Kasih dengan Membagikan 622 Takjil

Menebar Cinta Kasih dengan Membagikan 622 Takjil

27 April 2023

Tzu Chi Bandung bersama PT. Panghegar Mitra Abadi membagikan 622 takjil dan 1.000 roti bagi pengendara yang mengisi bahan bakar di SPBU Panghegar pada 7 April 2023.

Wujud Cinta Kasih, Muda-mudi Tzu Chi Pekanbaru Berbagi Takjil

Wujud Cinta Kasih, Muda-mudi Tzu Chi Pekanbaru Berbagi Takjil

02 April 2024

Muda-Mudi Tzu Chi Pekanbaru membagikan takjil sebagai bentuk cinta kasih mereka kepada saudara-saudari muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Orang yang selalu bersumbangsih akan senantiasa diliputi sukacita. Orang yang selalu bersyukur akan senantiasa dilimpahi berkah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -