Buka Puasa Bersama Anak-anak Panti Asuhan

Jurnalis : Sutriani Nasiruddin (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Lenny Pupella (Tzu Chi Makassar)

Tzu Chi Makassar mengadakan buka puasa bersama dan memberikan santuan kepada 200 anak yatim pada Minggu, 12 Juni 2016 di Kantor Tzu Chi Makassar, Jalan Jend. Ahmad Yani, Blok A No. 19-20, Makassar.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Tzu Chi Makassar mengadakan kegiatan buka puasa bersama yang dikemas dengan kesederhanaan. Kegiatan yang diadakan pada Minggu, 12 Juni 2016 ini dihadiri segenap keluarga besar Tzu Chi Makassar termasuk para muda mudi Tzu Chi (Tzu Ching), penerima beasiswa yang berperan sebagai panitia, dan juga 200 anak yatim.

Pelaksanaan kegiatan yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan berbagi rezeki bersama anak-anak ini langsung mengundang empat panti asuhan yakni, Panti Asuhan Mawaddah, Panti Asuhan Fatahillah, Panti Asuhan Cendekia, dan Panti Asuhan Setia Karya.

Sebelum buka puasa bersama, anak panti asuhan yang memenuhi ruangan melaksanakan salat Ashar berjamaah, kemudian mengikuti sejumlah rangkaian acara yang sudah disiapkan oleh panitia pelaksana kegiatan. Adapun rangkaian acara yakni sambutan dari Koordinator Buka Puasa Bersama Ronny Japasal. Kemudian pemutaran video sejarah Tzu Chi, penampilan isyarat tangan “Satu Keluarga” oleh Tzu Ching, dan games.

Games yang membuat anak panti asuhan bermain sambil belajar serta mendapat hadiah juga membuat mereka semakin antusias dan penuh keceriaan. Kemudian anak panti asuhan disuguhi dengan sharing yang disampaikan oleh Tzu Ching, Surahmat. Dalam sharingnya, ia menyampaikan kebaikan di bulan Ramadhan yang juga disertai senda gurau bersama anak-anak yatim sehingga menambah suasana keakraban. Setelah itu, acara buka puasa bersama pun berlangsung dengan hikmat dan tak lupa salat Magrib berjamaah.

Pelaksanaan kegiatan yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan berbagi rezeki bersama anak-anak ini langsung mengundang empat panti asuhan yakni, Panti Asuhan Mawaddah, Panti Asuhan Fatahillah, Panti Asuhan Cendekia, dan Panti Asuhan Setia Karya.

Games yang membuat anak panti asuhan bermain sambil belajar serta mendapat hadiah juga membuat mereka semakin antusias dan penuh keceriaan.

“Pada Ramadhan kita seharusnya terus meningkatkan ibadah dan berlomba-lomba meraih kebaikan,” kata Koordinator Acara Buka Puasa Bersama, Ronny Japasal. Menurutnya, kegiatan seperti ini harus terus ditingkatkan setiap tahunnya. Setiap prestasi apapun itu merupakan kesejahteraan dan kebaikan. Semua harus berlomba-lomba meraih kebaikan dan kembali ke fitrah.

“Ramadhan ini adalah momentum untuk meningkatkan ibadah serta berlimpah berkah,” lanjutnya. Ia mengatakan, dirinya selalu mengajarkan kepada Tzu Ching untuk selalu berbuat kebajikan, sekecil apapun itu. “Kita harus bekerja dengan baik, jangan karena ingin dilihat orang, tapi kita harus melakukannya dengan sepenuh hati,” tutur Ronny. Dalam acara ini juga dilakukan pembagian angpau, serta bingkisan, dan lain sebagainya.

Sementara itu, Pengasuh dari Panti Asuhan Mawaddah, Suriyani mengungkapkan, rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya karena Tzu Chi sudah berkenan mengundang panti asuhannya untuk menghadiri acara buka puasa bersama. “Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi kami, semoga dengan acara yang diselenggarakan, Tzu Chi mendapat berkah yang berlimpah,” tuturnya.


Artikel Terkait

Buka Puasa Bersama, Buka Hati Bersama

Buka Puasa Bersama, Buka Hati Bersama

10 Agustus 2012 Bunyi beduk dan Adzan dari Masjid yang bersebelahan dengan kantor kelurahan menandakan berbuka puasa dimulai. Dengan dibimbing dan dilayani para relawan, para warga mengambil minuman berbuka dengan antri tertib dan teratur. Setelah menjalankan puasa hari ini, mereka menjalani shalat maghrib dan setelahnya dilanjutkan dengan berbuka puasa dengan menu vegetarian.
Menjalin Silahturahmi Dengan Buka Bersama

Menjalin Silahturahmi Dengan Buka Bersama

24 Juli 2014

di Tzu Chi terdapat keberagamanan agama tapi sikap saling menghargai tetap tumbuh agar membentuk insan yang harmonis. Memasuki 22 hari puasa, insan Tzu Chi dan warga perumahan cinta kasih akan mengadakan acara buka puasa bersama.

Buka Puasa Bersama Relawan Komunitas He Qi Barat 1

Buka Puasa Bersama Relawan Komunitas He Qi Barat 1

06 Juni 2019
Relawan komunitas He Qi Barat 1 mengadakan kegiatan buka puasa bersama pada Jumat, 24 Mei 2019 di Aula Lt. 2 Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi. Kegiatan ini diikuti oleh 332 orang peserta.
Ada tiga "tiada" di dunia ini, tiada orang yang tidak saya cintai, tiada orang yang tidak saya percayai, tiada orang yang tidak saya maafkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -