Bulan Tujuh Penuh Berkah di Palembang Trade Center (PTC) Mall

Jurnalis : Muhammad Fajar Siddik (Tzu Chi Palembang) , Fotografer : Dokumentasi Tzu Chi Palembang

Seorang pengunjung tertarik untuk mendapatkan celengan bambu dari Tzu Chi.

Palembang Trade Center (PTC) Mall terasa lebih semarak pada 25-27 Agustus 2023 dengan acara yang digelar oleh Tzu Chi Palembang. Ada beragam talkshow menarik, pemutaran berbagai tayangan video tentang Tzu Chi, juga penampilan isyarat tangan. Acara ini untuk menyemarakkan Bulan Tujuh Penuh Berkah yang mengambil tema “Menghimpun berkah, Melindungi bumi, dan Berbakti kepada Orang Tua.

“Dalam rangka menyambut Bulan Tujuh Penuh Berkah, Yayasan Buddha Tzu Chi Palembang ingin memperkenalkan kepada masyarakat tentang bervegetarian. Dalam kegiatan ini kita juga menawarkan program tulus bervegetaris,” ujar Subianto, koordinator kegiatan.

Di hari pertama ada talkshow tentang gizi seimbang yang dibawakan oleh Dr. Ni Made dari Prodia bersama Dr. Sefy yang merupakan relawan Tzu Chi. Aho, relawan Tzu Chi membawakan materi “Mengenal Tentang Tzu Chi.” Ia menjelaskan apa itu Tzu Chi dan delapan misi utama Tzu Chi yaitu misi amal, misi kesehatan, misi pendidikan, misi budaya humanis, bantuan bencana internasional, donor sumsum tulang, pelestarian lingkungan, dan relawan komunitas.

Para relawan dari Xie Li Kemuning menampilkan isyarat tangan lagu ‘’Satu keluarga’’ dan ‘’Xing Fu De Lian’’ dengan sangat apik.

Aho (kiri) memperkenalkan kepada pengunjung tentang Tzu Chi, juga visi, serta misi-misi Tzu Chi.

Di hari kedua ada sosialisasi tentang Eco Enzyme yang dibawakan oleh Hellen. Juga sosialisasi tentang Indonesian Vegetarian Society (IVS). “Kita harus menghargai bumi kita dan melindungi bumi, itulah tujuan dari bervegan,” ujar Jhonson Susanto dalam seminarnya.

Tak ketinggalan penampilan isyarat tangan yang kali ini ditampilkan oleh para relawan dari Xie Li Radial dengan lagu “Ren Zhen Ni Zhen Hao” dan juga lagu “Satu Keluarga” yang dibawakan oleh para relawan dari Xie Li Kemuning.

Di hari terakhir, setelah pemutaran video Kilas Balik Baksos 4 Poli, video tentang Tzu Chi Palembang, dan video tentang Jejak Tzu Chi Indonesia, digelar juga talkshow berjudul “Vegetarian untuk hidup yang sehat” yang disampaikan oleh Jhonson Susanto dan Santi.

Ada juga setelah itu, sosialisasi “Sehat dengan Giat Bervegetarian” oleh Yenita. “Kandungan zat gizi dalam bervegetarian itu terpenuhi dan mencukupi kebutuhan seseorang vegan,” jelasnya.

Acara pun ditutup isyarat tangan yang dibawakan para relawan dari Xie Li Tamken dengan judul “Ciak Cai” dan “Satu Keluarga’’

Dalam rangka Bulan Tujuh Penuh Berkah, Tzu Chi Palembang memperkenalkan masyarakat tentang bervegetarian.

Bisa turut berpartisipasi menyukseskan acara ini membuat Sukanto yang bertugas di bidang logistic merasa sangat lega dan bahagia. “Dari jam 10 malam sampai jam 2 malam bareng relawan-relawan lainnya mempersiapkan untuk acara besok, sampai hari ini lancar semua tak ada kendala sama sekali, saya sangat senang,” kesannya.

Begitu juga dengan Hevi Triana yang mengkoordinir konsumsi selama tiga hari kegiatan ini. “Dalam persiapan, kami meeting bersama anggota relawan konsumsi. Saya merasakan senang bisa mengeluarkan ide-ide memasak untuk kegiatan ini,” tuturnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Tidak Menyakiti Makhluk Hidup

Tidak Menyakiti Makhluk Hidup

18 Agustus 2014

Untuk mengubah padangan yang keliru tersebut, Yayasan Buddha Tzu Chi terus memberikan pemahaman kepada semua orang untuk memiliki pandangan benar mengenai arti bulan tujuh ini. Salah satunya pada acara Bulan Tujuh Penuh Berkah yang diadakan pada hari Minggu, 17 Agustus 2014. Pada acara ini relawan Tzu Chi mensosialisasikan bahwa persembahan terbaik bukanlah dengan persembahan makanan dari hewan dan membakar uang kertas, namun dengan bervegetarian setulus hati. 

Tekad Bervegetaris di Bulan Penuh Berkah

Tekad Bervegetaris di Bulan Penuh Berkah

02 September 2019

Tzu Chi Surabaya kembali mengadakan acara Bulan Tujuh Penuh Berkah pada Minggu, 24/08/2019 di Kantor Tzu Chi Surabaya. Dalam acara yang rutin diadakan setiap tahun ini relawan mengajak semua yang hadir untuk berikrar bervegetaris, menuliskannya, dan menggantungnya di pohon ikrar.

Niat Luhur Bodhisatwa Kecil

Niat Luhur Bodhisatwa Kecil

26 Agustus 2015 Minggu, 23 Agustus 2015 Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mengadakan “Bulan Tujuh Penuh Berkah” yang rutin diadakan setahun sekali. Relawan yang hadir dalam acara ini sebanyak 129 orang, dimana juga termasuk tamu undangan dari Kantor Penghubung Tanjung Balai Karimun, Kep Riau.
Cemberut dan tersenyum, keduanya adalah ekspresi. Mengapa tidak memilih tersenyum saja?
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -