Catering Cinta Kasih Tzu Chi Medan

Jurnalis : Nuraina Ponidjan (Tzu Chi Medan), Fotografer : Amir Tan (Tzu Chi Medan)

Relawan Tzu Chi Medan mengemas makanan vegetaris dalam kegiatan Catering Cinta Kasih yang berlangsung selama 9 hari.

Relawan Tzu Chi giat mengajak orang untuk berpola hidup bervegetaris, karena bervegetaris adalah salah satu cara hidup sehat di masa pandemi Covid-19. Maka dari itu, relawan Tzu Chi Medan komunitas He Qi Medan Jati mengadakan kegiatan Catering Cinta Kasih selama 9 hari (6-14 Oktober 2021) yang diadakan di Kantor Tzu Chi Medan, Komplek Cemara Asri, Kota Medan. Karena pandemi Covid-19 belum berakhir, maka catering ini diadakan dengan cara membuka pesanan terlebih dahulu (Pre Order).

“Karena Medan masih dalam kondisi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) maka awalnya kita hanya membuka kuota 100 paket karena jumlah relawan yang membantu memasak dan mengemas, kita batasi yaitu sekitar 16 orang. Namun ketika kita buka pendaftaran untuk 9 hari, belum 1 hari paket sudah habis dan masih banyak yang mau memesan catering vegetaris kita. Melihat antusias dari pembeli maka kita menambah jumlah makanan catering menjadi 150 paket dan akhirnya pendaftaran kita tutup di angka 151 paket,” ungkap Lina Chandrina selaku koordinator kegiatan.
 

Salah satu menu makanan vegetaris dalam Catering Cinta Kasih hari pertama yaitu Nasi Hainam.

Rusi (kedua dari kanan) dan Yulfitri (paling kanan) sedang membagikan rute jalan bagi para ojek online untuk mengantarkan pesanan Catering Cinta Kasih.

Agar bisa mengajak lebih banyak orang lagi untuk berpola hidup vegetaris, maka Tim Masak Relawan Tzu Chi Medan komunitas He Qi Medan Jati sebanyak 8 orang tiba di Kantor Tzu Chi Medan sekitar pukul 06.30 WIB setiap harinya selama 9 hari. Masing-masing relawan sudah tahu tugasnya sehingga kegiatan memasak berjalan dengan lancar dan makanan sudah siap sebelum pukul 10.00 WIB supaya bisa segera di kemas dan diantar para Ojol (ojek online) ke pembeli.

Paket catering yang selesai dikemas, akan diberi nama dan disusun sesuai dengan jalur pengantaran. “Kita tetap menggunakan ojek online, kecuali untuk pembeli di sekitar Kantor Tzu Chi Medan akan diantar relawan dan kali ini kita menggunakan 6 ojek online yang sudah menjalani test swab antigen supaya lebih aman, baik terhadap para relawan maupun untuk pembeli,” kata Rusi selaku koordinator bagian pengantaran catering.
 

Among, salah seorang pembeli Catering Cinta Kasih sangat mengapresiasi para relawan yang begitu sepenuh hati mempersiapkan makanan vegetaris.


“Pengaturan rute cateringnya sangat bagus sehingga kami mudah menemukan rumah pembeli dan paket makanan bisa sampai tepat waktu. Selain itu, kami para ojek online merasa sangat terbantu karena dalam 9 hari ini kita diberi rezeki tambahan, apalagi di hari terakhir kami dibagi beras masing-masing 5 kg oleh Tzu Chi,” pungkas Jenny Br Silaban, salah seorang ojek online. Setelah semua paket dikemas dan dikirim, Tim Masak Relawan Tzu Chi Medan komunitas He Qi Medan Jati kembali mempersiapkan menu untuk keesokan harinya. Semua kegiatan dalam Catering Cinta Kasih ini juga tetap mengikuti protokol kesehatan terkait Covid-19.

Among, salah seorang pembeli yang sering ikut membeli makanan vegetarian dari Tzu Chi mengatakan “Saya suka makanan yang disediakan relawan Tzu Chi karena masakan mereka sangat bersih, higienis, dan citra rasanya enak. Saya sangat mengapresiasi relawan Tzu Chi karena semua sayuran mereka masak sendiri dan sepenuh hati, jadi setiap ada menu makanan vegetarian Tzu Chi, saya selalu ikut memesan paketnya.”

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Catering Cinta Kasih Tzu Chi Medan

Catering Cinta Kasih Tzu Chi Medan

18 Oktober 2021

Relawan Tzu Chi Medan komunitas He Qi Medan Jati mengadakan catering cinta kasih selama 9 hari yang diadakan di Kantor Tzu Chi Medan, Komplek Cemara Asri, Kota Medan.

Mendedikasikan jiwa, waktu, tenaga, dan kebijaksanaan semuanya disebut berdana.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -