Cegah Stunting dengan Pemberian Makanan Tambahan

Jurnalis : Abednego Takel (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Abednego Takel (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas  Kutai Barat menyerahkan susu khusus untuk hamil guna untuk membantu gizi yang baik di masa kehamilan. Pemberian susu khusus Ibu hamil dan makanan tambahan ini di berikan di empat desa yaitu Desa Besiq, Desa Nilik, Desa Mantar, dan Desa Begai, Kecamatan Damai, Kutai Barat, Kalimantan Timur.  

“Seberapa banyak cinta kasih yang Anda sumbangkan, sebanyak itu pula cinta kasih yang akan Anda dapatkan”
(Kata Renungan Master Cheng Yen)

Stunting merupakan penyakit pada anak yang kondisi tubuh pertumbuhan anak terhambat yang disebabkan oleh kekurangan gizi kronis. Ciri-cirinya seperti tinggi badan yang tidak sesuai dengan usia pertumbuhan.

Kondisi ini yang membuat relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Kutai Barat terus membantu pemerintah untuk menurunkan angka risiko anak stunting. Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Kutai Barat memberikan makanan tambahan yang kegiatannya berlangsung pada Senin, 15 Mei 2023.

Pemberian makanan tambahan ini ditujukan untuk 19 Ibu-Ibu hamil atau Ibu yang mempunyai anak dengan berisiko stunting yang berada di Desa Besiq, Desa Nilik, Desa Mantar, dan Desa Begai, Kecamatan Damai, Kutai Barat, Kalimantan Timur. 

Para relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas menyalurkan bantuan makanan bergizi dan susu khusus ibu hamil ke rumah-rumah warga sambil melihat langsung situasi dan kondisi keluarga peneima bantuan.

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas secara simbolis menyerahkan makanan tambahan untuk 19 orang Ibu hamil berupa susu khusus Ibu hamil, makanan bergizi. Bantuan ini bertujuan mencegah terjadinya gizi buruk pada anak.

Lynda Budiyah relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas mengatakan betapa pentingnya pencegahan stunting sejak bayi masih di dalam kandungan. “Bagi Ibu hamil, gizi dan nutrisinya harus benar-benar diperhatikan ya ibu-ibu. Karena sejak dalam kandungan bayi itu bisa berisiko memiliki kendala tumbuh kembang. Jadi, kecukupan gizinya harus betul-betul dijaga. Karena kalau sudah lahir, sebetulnya sudah agak terlambat,” seru Lynda dihadapan ibu-ibu yang akan menerima makanan tambahan yang bergizi.

Lynda menambahkan pentingnya pemahaman tentang 1,000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) sejak janin ada. HPK adalah fase kehidupan yang dimulai sejak terbentuknya janin pada saat kehamilan (270 hari) sampai dengan anak berusia 2 tahun (730 hari). Pada periode inilah organ-organ vital seperti otak, hati, jantung, ginjal, tulang, tangan atau lengan, kaki, dan organ tubuh lainnya mulai terbentuk dan terus berkembang.

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas secara simbolis menyerahkan bantuan makanan tambahan kepada Ibu-Ibu. Acara penyerahan ini berlangsung di kantor Desa Besiq Kecamatan Damai, Kutai Barat, Kalimantan Timur.   

Relawan tzu Chi Cabang Sinar Mas berfoto bersama dengan beberapa ibu-ibu warga Kecamatan Damai. Ibu-Ibu relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Kutai Timur berharap bantuan ini bisa memenuhi gizi bagi anak-anak yang beresiko stunting.

Pemberian makanan tambahan untuk Ibu-Ibu hamil ini berupa susu khusus Ibu hamil. Kegiatan penyaluran makanan tambahan ini dihadiri oleh perangkat desa setempat. Paeng ketua adat Desa Besiq sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas.

“Terima kasih atas perhatian semua Ibu-Ibu dari Sinar Mas untuk Ibu-Ibu warga kami. Ini sangat berarti bagi kami untuk mencegah dan menurunkan stunting di wilayah kami. Semoga perhatian ini tidak hanya berhenti sampai disini,”Harap Paeng.

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas selanjutnya menyalurkan bantuan susu untuk Ibu hamil ini ke rumah-rumah warga. Bantuan makanan tambahan ini direncanakan akan dijalankan relawan Tzu Chi cabang Sinar Mas tiap tiga bulan sekali. Harapannya bantuan ini bisa membantu target pemerintah untuk mencapai zero stunting pada 2024.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

"Waspada Stunting"

26 Oktober 2022

Stunting menjadi perhatian relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas. Seperti yang dilakukan relawan Xie Li Kaltim 1. Bekerja sama dengan pihak kecamatan, relawan mengadakan penyuluhan kesehatan bertema “Waspada Stunting”.

Pengenalan Gizi Seimbang untuk Para Ibu di Kutai Barat

Pengenalan Gizi Seimbang untuk Para Ibu di Kutai Barat

27 September 2023

Relawan Tzu Chi di Kutai Barat mengenalkan tentang gizi seimbang kepada 70 peserta yang kebanyakan adalah para ibu. Edukasi ini merupakan salah satu cara untuk mencegah stunting pada balita.

Cegah Stunting di Pondok 3 Sungai Basung

Cegah Stunting di Pondok 3 Sungai Basung

11 Desember 2023

Senin sore yang cerah menyemangati langkah kaki relawan Tzu Chi di Kutai Barat, Kalimantan Timur menyampaikan sosialisasi tentang pencegahan stunting. 

Beriman hendaknya disertai kebijaksanaan, jangan hanya mengikuti apa yang dilakukan orang lain hingga membutakan mata hati.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -