Cinta Kasih Untuk Masyarakat Desa Kwala Gebang

Jurnalis : Hidayat Sikumbang (DAAI TV Medan) , Fotografer : M. Rinaldi Pulungan (Tzu Chi Medan)

Relawan Tzu Chi di Kecamatan Tanjung Pura, Langkat, meringankan kesulitan warga dengan membagikan paket sembako berisi beras dan minyak goreng.

Para relawan Tzu Chi di Kecamatan Tanjung Pura, Langkat, Sumatera Utara mengadakan Bakti Sosial (Baksos) Pembagian Sembako untuk masyarakat kurang mampu, Minggu 4 Desember 2022.  Kegiatan ini mengundang antusiasme warga yang telah berkumpul di lokasi pembagian sembako. Para relawan dengan penuh semangat membagikan sembako untuk warga Desa Kwala Gebang, yang membutuhkan waktu sekitar 90 menit menuju ke lokasi.

Mayoritas warga Desa Kwala Gebang yang tinggal di bibir pantai timur Sumatera ini kebanyakan bermatapencaharian sebagai seorang nelayan. Ada sebanyak 360 paket sembako yang dibagikan dengan total 360 bungkus minyak goreng dan beras sebanyak 3,6 ton.

Pembagian paket sembako ini diterima warga dengan rasa syukur.

Relawan Tzu Chi dengan bersungguh hati menyerahkan bantuan. Sejak bulan November lalu, relawan telah mendata masyarakat yang benar-benar membutuhkan uluran tangan. Hasilnya, tercatat hampir 80 persen yang berstatus masyarakat pra-sejahtera di Desa Kwala Gebang ini.

“Perjalanan ke sini agak sulit, kalau hujan jalan agak sulit sementara kami tahu warga kurang mampu di sini banyak. Jadi akhirnya kami bisa datang ke sini, kami sangat bahagia bisa meringankan penderitaan mereka sedikit walaupun beras bisa habis,” ungkap Noni.

Dalam kesempatan ini warga tak lupa bersumbangsih melalui celengan bambu.

Dengan pembagian sembako ini, masyarakat pun merasakan syukur atas kehadiran Insan Tzu Chi di desanya. Nurmala, salah satunya. Sehari-harinya, Nurmala merupakan seorang ibu rumah tangga yang hanya mengharapkan hasil dari laut. Di samping itu, di Bulan Desember ini sangat sulit untuk suaminya pergi melaut karena cuaca masih tidak menentu. Ia pun bersyukur, terpilih menjadi penerima bantuan Tzu Chi.

“Kami merasa bersyukur atas bantun dari Yayasan Buddha Tzu Chi. Bantuan beras ini bisa membantu dapur kami. Ibu-ibu dan bapak-bapak di sini sangat bersyukur karena Yayasan Buddha Tzu Chi ikhlas membantu kami,” ungkapnya.

Pembagian sembako berjalan lancar dan tertib.

Ketulusan hati dan semangat untuk terus membantu tanpa pamrih, terpancar dalam aksi nyata yang diwujudkan oleh relawan Tzu Chi di Tanjung Pura. Semoga semangat ini dapat terus dipertahankan oleh para relawan Tzu Chi di mana pun berada.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Pembagian 5.000 Paket Sembako di Bandung

Pembagian 5.000 Paket Sembako di Bandung

06 Juli 2022

Relawan Tzu Chi Bandung bekerja sama dengan Asosiasi Pertextilan Indonesia (API) membagikan 5.000 paket sembako warga di 6 kelurahan di Kota Bandung, Pondok Pesantren Darul Maarif di Kab. Bandung, Pesantren Hidayatul Faizien di Kab. Garut, serta tujuh wihara di Kota Bandung.

Seribu Paket Sembako untuk Masyarakat di Wilayah Kodam XVII/Cendrawasih

Seribu Paket Sembako untuk Masyarakat di Wilayah Kodam XVII/Cendrawasih

27 Mei 2022

Tzu Chi Jayapura memberikan bantuan 1.000 paket sembako untuk masyarakat di wilayah Kodam XVII/Cendrawasih, pada Rabu 18 Mei 2022, guna mewujudkan masyarakat Papua yang aman, damai, dan sejahtera.

Paket Beras di Krendang

Paket Beras di Krendang

07 Oktober 2015 Kegiatan baksos ini dilaksanakan di kantor Kelurahan Krendang, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Sebelum pukul 07.00 WIB, relawan Tzu Chi sudah mendatangi lokasi baksos dan rata-rata baru meninggalkan lokasi setelah pukul 14.00 WIB.
Orang yang memahami cinta kasih dan rasa syukur akan memiliki hubungan terbaik dengan sesamanya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -