Cinta Kasih Untuk Para Pasien Di Maruyung

Jurnalis : Dayar (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Dayar (Tzu Chi Bandung)


Relawan Tzu Chi mendampingi tiap pasien saat proses terapi berjalan sehingga perkembagan pasien dapat terus terpantau.

Tzu Chi Bandung kembali melakukan kunjungan kasih rutin ke Yayasan Aziziyah yang berada di Desa Maruyung, 20 Mei 2018. Kali ini relawan memberikan alat bantu baru bagi tujuh anak penderita disabilitas. Sebanyak empat anak lainnya mendapat perbaikan pada alat bantunya, dan 18 anak menjalani proses terapi. Fungsi dari alat-alat tersebut adalah untuk membantu memperbaiki postur tubuh anak agar lebih baik, seperti alat bantu berjalan, penopang punggung, penopang tulang punggung, penopang lengan, sepatu koreksi dan lain-lain.


Relawan Tzu Chi, Ganda Suhanda (kanan) dan Dermawan Kurniawan (tengah) menyempatkan diri untuk saling bersenda gurau bersama para pasien .


Dermawan Kurniawan menyerahkan Susu untuk membantu memperbaiki gizi buruk yang dialami pasien.

Satu per satu anak mendapatkan alat bantu, yang penggunaannya dibantu oleh para terapis. Para orang tua diberikan pelatihan bagaimana cara menggunakan alat-alat tersebut agar tidak salah penggunaanya. Dengan alat bantu ini diharapkan proses terapi pasien semakin baik sehingga dapat beraktifitas secara normal. Selain itu, dengan pemberian alat bantu ini dapat meringankan beban para keluarga anak-anak penderita disabilitas yang kurang mampu untuk membeli alat bantu tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh Reni ibunda dari Ahmad yang telah mengalami banyak perubahan.


Para pasien yang mendapatkan bantuan alat bantu dari Tzu Chi Bandung.


Para terapis tengah memberikan terapi pada para pasien.

“Dulu buat berdiri saja susah, lalu diajak ke sini Alhamdulilah kakinya sedikit-sedikit bisa berdiri, sudah mulai kuat dan bisa berdiri sendiri. Terimakasih Tzu Chi yang sudah membantu kami di sini,” ungkapnya.

Relawan berharap dengan bantuan ini para orang tua pasien tidak patah semangat dan dapat melakukan terapi secara mandiri di rumah, sehingga proses penyembuhan pasien akan lebih baik. Yayasan Buddha Tzu Chi Bandung berupaya untuk selalu memahami serta dapat membantu kesulitan keluarga dari para pasien, menghapus kesedihan dan penderitaan para pasien di Desa Maruyung.


Alat bantu yang diberikan kepada para pasien di Yayasan Aziziyah.

Para terapis tengah memberikan terapi pada para pasien.


Artikel Terkait

Mengantar Berita yang Dinanti Keluarga Wati

Mengantar Berita yang Dinanti Keluarga Wati

13 Desember 2022

Relawan Tzu Chi di Xie Li Indragiri kembali mengunjungi keluarga Esnawati yang biasa disapa Wati di Desa Rukun Damai, Bagan Jaya, Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. 

Perjuangan Suratmi Merawat Irwansyah yang Cerebral Palsy

Perjuangan Suratmi Merawat Irwansyah yang Cerebral Palsy

22 November 2023

Sejak usia dua tahun Muhammad Irwansyah (15) menderita cerebral palsy. Irwansyah yang terbaring lemas dirawat dengan penuh kasih sayang dan kesabaran oleh ibunya, Suratmi (56).

Kunjungan Kasih untuk Muhamad Sani

Kunjungan Kasih untuk Muhamad Sani

04 November 2015 Dengan usia yang tak lagi muda ditambah kondisi kesehatan yang mulai menurun, ia semakin sulit bergerak leluasa. Untuk melakukan kegiatan sehari-hari saja, Sani harus meniti tali yang diikatkan di tiang-tiang rumahnya sebagai pertanda.
Setiap manusia pada dasarnya berhati Bodhisatwa, juga memiliki semangat dan kekuatan yang sama dengan Bodhisatwa.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -