Diskusi Bersama Menteri Kesehatan RI di Tzu Chi Hospital

Jurnalis : Arimami Suryo A, Fotografer : Arimami Suryo A

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengunjungi Tzu Chi Hospital, PIK, Jakarta Utara. Dalam kegiatan ini, Menkes RI juga berdiskusi dan memberikan arahan tentang pelayanan kesehatan di Tzu Chi Hospital.

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin kembali berkunjung ke Tzu Chi Hospital, PIK, Jakarta Utara pada Jumat, 3 Maret 2023. Dalam kunjungan kehormatan ini, Menkes Budi Gunadi Sadikin juga berdiskusi dengan jajaran Tzu Chi Hospital terkait layanan kesehatan unggulan yang ada di rumah sakit ini.

Diskusi yang berlangsung di Ballroom Tzu Chi Hospital ini dihadiri Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Medika Sugianto Kusuma, Ketua Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei, Direktur Senior Tzu Chi Hospital Prof. Dr. Satyanegara, Direktur Utama Tzu Chi Hospital dr. Gunawan Susanto, Sp. BS, jajaran direksi dan manajemen Tzu Chi Hospital, dan relawan Tzu Chi Indonesia.

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin membahas tentang minimnya sarana kesehatan terkait penyakit dalam kategori berat dan solusi untuk penanganannya.

Diskusi ini juga berlangsung hangat, tampak Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Medika Sugianto Kusuma, dan Direktur Senior Tzu Chi Hospital Prof. Dr. Satyanegara saling tersenyum saat mendengarkan pemaparan.

Kegiatan pertama diadakan pemaparan tentang beberapa pelayanan unggulan di Tzu Chi Hospital Direktur Utama Tzu Chi Hospital dr. Gunawan Susanto, Sp. BS. Dilanjutkan arahan dari Menkes Budi Gunadi Sadikin tentang pelayanan kesehatan di Tzu Chi Hospital dan membahas juga tentang minimnya beberapa fasilitas kesehatan terkait penyakit-penyakit dengan kategori berat di Indonesia dan beberapa solusi yang dapat ditempuh untuk mengatasinya.

Menkes Budi Gunadi Sadikin juga mendukung layanan-layanan kesehatan di Tzu Chi Hospital khususnya layanan unggulan. Diantaranya adalah Pusat transplantasi sumsum tulang di Tzu Chi Hospital (pertama di Indonesia), Pusat pengobatan tradisional (eastern medicine) di Tzu Chi Hospital, Pusat pelayanan rawat inap paliatif, dan Pusat kanker (Kedokteran Nuklir di Tzu Chi Hospital).

Direktur Utama Tzu Chi Hospital dr. Gunawan Susanto, Sp. BS. Mendengarkan arahan dari Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin terkait pelayanan kesehatan di Tzu Chi Hospital.

Suasana di di Ballroom Tzu Chi Hospital saat berlangsung diskusi dalam kunjungan kehormatan Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin.

“Saya terima kasih sekali Tzu Chi ini mau membangun fasilitas kesehatan salah satunya Bone Marrow Transplant (transplantasi sumsum tulang). Karena itu sangat penting untuk mengobatai pasien-pasien yang terkena kanker darah dan itu ada banyak di Indonesia,” ungkap Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Pihak Tzu Chi Hospital juga menyambut baik arahan Menkes RI terkait pelayanan kesehatan yang ada di Tzu Chi Hospital. Direktur Utama Tzu Chi Hospital dr. Gunawan Susanto, Sp. BS sempat melontarkan pertanyaan terkait layanan kesehatan kepada Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Direktur Umum Tzu Chi Hospital, Suriadi juga memperkenalkan jajaran dan dokter Tzu Chi Hospital kepada Menteri Kesehatan RI.

“Kami sangat senang berdiskusi dengan Menkes RI tentang arahan untuk pelayanan dan operasional di Tzu Chi Hospital. Beliau juga mendukung dengan pelayanan yang ada di sini dan salah satunya adalah transplantasi sumsum tulang untuk kanker darah. Pasien-pasien di Indonesia itu banyak yang berobat ke luar negeri dan itu biayanya sangat tinggi sekali, kalau ada di sini kan bisa lebih ringan,” ungkap dr. Gunawan Susanto, Sp. BS.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Kunjungi Tzu Chi Hospital, KH Said Aqil Sampaikan Pesan Kemanusiaan

Kunjungi Tzu Chi Hospital, KH Said Aqil Sampaikan Pesan Kemanusiaan

17 April 2018
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj memenuhi undangan untuk menghadiri acara di Taiwan. Di sana, Said Aqil sempat melakukan kunjungan ke Tzu Chi Hospital di Taipei, Taiwan.
Peresmian Ruang Paliatif Tzu Chi Hospital

Peresmian Ruang Paliatif Tzu Chi Hospital

18 Oktober 2022

Tzu Chi Hospital terus mengembangkan layanan kesehatan untuk masyarakat dengan membuka Layanan Perawatan Paliatif. Salah satu layanan unggulan Tzu Chi Hospital ini bertujuan agar pasien dan keluarganya mendapatkan kualitas hidup yang prima dan kenyamanan hidup yang optimal.

Menjaga Diri Sekaligus Cakap Melayani Pasien

Menjaga Diri Sekaligus Cakap Melayani Pasien

22 September 2021

Sebanyak 35 relawan mengikuti pelatihan relawan pemerhati Tzu Chi Hospital yang diadakan pada Minggu, 19 September 2021.

Apa yang kita lakukan hari ini adalah sejarah untuk hari esok.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -