Donor Darah Adalah Cara Untuk Tetap Sehat

Jurnalis : Muhammad Fajar Siddik (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Darmawan Handoko, Muhammad Fajar Siddik (Tzu Chi Palembang)

Relawan Tzu Chi Palembang tengah mendampingi pendonor darah dalam proses pengambilan darah.Kegiatan donor darah ini berlangsung di POMDAM II/SWJ Jl. Merdeka No.15 C, 22 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang Sumatera Selatan.

Relawan Tzu Chi Palembang pada 7 Juni 2023 mengadakan donor darah yang bekerja sama dengan POMDAM II/SWJ dan PMI Kota Palembang. Donor darah berlangsung pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB. Cuaca cerah memberikan tambahan semangat bagi relawan Tzu Chi dan anggota TNI POMDAM II/SWJ beserta petugas PMI Kota Palembang. Mereka bergotong royong menyusun semua kebutuhan kegiatan donor darah dan melayani peserta donor.

Peserta donor diarahkan ke meja registrasi untuk mengisi formulir data diri. Pendonor akan didampingi relawan untuk pengecekan kadar HB (Hemoglobin), tekanan darah, dan berat badan untuk memastikan benar-benar dalam kondisi sehat. Bila hasil kadar HB sesuai dengan standar maka pendonor dapat mendonorkan darahnya.

Kegiatan donor darah ini terbuka untuk umum dan berhasil mengumpulkan 220 kantong darah dari 330 orang yang mendaftar. Sebelum pengambilan darah calon donor darah menjalani pemeriksaan medis tekanan darah, berat badan dan tinggi badan, serta pemeriksaan Hemoglobin (HB).

Relawan Tzu Chi Palembang sedang membantu calon donor darah mengisi formulir data pendonor dan riwayat pendonor sebelum menjalani pemeriksaan.

Pada kegiatan donor darah ini Tzu Chi Palembang bersama POMDAM II/SWJ berhasil mengumpulkan 220 kantong darah dari 330 orang yang mendaftar. Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) kota Palembang turut hadir dalam kegiatan donor darah ini.

Maspril Aries salah satu pendonor yang sudah 50 kali donor mengungkapkan bahwa seluruh anggota keluarganya rutin berdonor. Mulai dari istri dan anak rutin berdonor untuk menyelamatkan jiwa yang membutuhkan darah.   

“Hari ini Alhamdulillah sudah donor darah yang ke-50, ternyata selama donor darah manfaat bagi tubuh cukup terasa ya, dan kami satu keluarga adalah pendonor dari istri sama anak saya sudah membiasakan diri untuk donor darah, kemudian kegiatan seperti ini cukup positif  terutama kebutuhan darah hampir di seluruh indonesia di kota-kota besar kadang-kadang tidak mencukupi. Mari berbagi, mari peduli dengan setetes darah anda bisa menyelamatkan jiwa sesama. “Ujar Maspril Aries salah satu donor.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda turut hadir dalam kegiatan donor darah yang dilaksanakan Tzu Chi Palembang yang bekerjasama dengan POMDAM II/SWJ.

Kurniasih salahsatu pendonor merasa nyaman ketika melakukan donor darah karena di dampingi para relawan Tzu Chi dan anggota TNI yang ramah mendampingi.

Lain perasaan yang dialami Kurniasih yang merasa nyaman ketika melakukan donor darah karena didampingi para relawan Tzu Chi dan anggota TNI yang ramah. “Kebetulan saya sering donor darah ya. Saya lihat, di sini pelayanannya bagus, tempatnya banyak, orangnya ramah-ramah. Semenjak donor darah saya jadi lebih sehat, “ungkap Kurniasih yang terkesima dengan pelayanan relawan Tzu Chi.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Sumbangsih dengan Donor Darah

Sumbangsih dengan Donor Darah

10 September 2014 Relawan Tzu Chi Batam bekerja sama dengan PMI Batam dan PT OSI Electronics mengadakan bakti sosial donor darah untuk yang pertama kalinya pada Sabtu, 30 Agustus 2014.
Manfaat Donor Darah

Manfaat Donor Darah

15 September 2011 Hari itu yang mendaftar untuk mendonorkan darahnya ada 86 donor, namun hanya 73 yang berhasil diambil darahnya. Waktu menunjukkan pukul 12.00 WIB. Dengan wajah sukacita relawan dan petugas PMI bahu-membahu menaikan barang-barang ke dalam mobil Menurut .
Berdana Melalui Donor Darah

Berdana Melalui Donor Darah

14 September 2011
Suwandy bersyukur bahwa masih banyak orang yang peduli dan berkeinginan menyumbangkan darahnya. “Dengan kerelaan kita mengikuti kegiatan ini dan menjadi donor. Kita memiliki kesempatan untuk membantu orang-orang yang mungkin saat ini sangat memerlukan darah kita untuk bertahan hidup," ucapnya.
Umur kita akan terus berkurang, sedangkan jiwa kebijaksanaan kita justru akan terus bertambah seiring perjalanan waktu.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -