Donor Darah, Bentuk Kasih Sayang dan Kepedulian

Jurnalis : Sutini (He Qi Pusat), Fotografer : Sutini (He Qi Pusat)

Hartono Huang, Direktur PT. Internusa Jaya Semesta-Swiss Belhotel Mangga Besar turut berpartisipasi mendonorkan darahnya.

Komunitas relawan Tzu Chi di Xie Li JP 1 mengadakan donor darah di Swiss-Belhotel Mangga Besar, Jakarta Barat, Sabtu 17 Juni 2023. Merupakan jalinan jodoh yang baik, Tzu Chi dengan manajemen Swiss-Belhotel Mangga Besar bersama mewujudkan tujuan mulia, yaitu  menyelamatkan nyawa melalui donor darah.

“Saya sangat bahagia bisa mendonorkan darah. Keberadaan Tzu Chi hadir di Swis- Belhotel sangat luar biasa, sangat membantu  sekali. Kami manajemen Swiss-Belhotel Mangga Besar, mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi banyak membantu dalam acara donor darah ini,” ujar Didi, Human Resource Swiss- Belhotel yang juga sudah sering mendonorkan darahnya.

Pada donor darah kali ini, para relawan juga mendonorkan darahnya. Salah satunya Shella, (18). Pengambilan darahnya berhasil, namun Shella merasa sedikit pusing. Petugas PMI pun menyarankannya mengangkat kaki dan tidur sebentar. Sementara relawan dengan sigap memberi makan dan minum untuk memulihkan tenaganya.

Relawan membantu para donor mengisi form pendaftaran.

Dokter Elly dari PMI mengecek tekanan darah para calon donor.

“Saya ajak teman-teman  untuk mau mendonorkan darah. Ini bagus untuk kesehatan. Menolong orang lain yang membutuhkan, untuk operasi, transfusi darah, itu perbuatan baik yang sangat melimpah bisa menolong orang  yang kita sendiri tidak tahu  siapa,” ujar Shella ketika sudah fit kembali.
Tercatat ada 55 pendaftar pada donor darah kali ini. Ada yang lolos saat pemeriksaan dan ada juga yang tidak lolos.  Sebanyak 39 kantong darah terkumpul.

Dokter Elly dari PMI berbagi wawasan tentang donor darah. “Darah bisa diambil, sebaiknya  tekanan darah minimal 100/70, maksimal 160/100.  Secara umum bagi para donor harus benar-benar menyiapkan kesehatan fisik yang prima dengan tidur yang cukup, sudah makan sebelum mendonorkan darah dan memperbanyak minum air putih dari biasanya,”ucapnya.

Donor darah seringkali diikuti Didi (baju putih).

Shella (rompi) bersama relawan lainnya membagikan Buletin Tzu Chi dan suvenir kepada para donor

Amal yang dilakukan secara berkesinambungan meski sedikit maka akan terus mendapatkan berkah yang terus mengalir. Donor darah yang dimulai sejak pukul 09.00  ini pun berakhir pada pukul 12.00 WIB.

Para relawan Tzu Chi yang bertugas kali ini ada 19 orang. Morni, koordinator donor darah  berterima kasih kepada manajemen Swiss-beltHotel Mangga Besar, karena sudah memfasilitasi ruangan, kue bagi para donor dan panitia, dan staf  hotel yang siap membantu.

“Ini sangat berarti bagi Yayasan Buddha Tzu Chi untuk terus berkembang. Darah para donor  yang telah didonorkan bakal menyelamatkan jiwa banyak orang,” tutur Morni.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Menyelamatkan Kehidupan dengan Donor Darah

Menyelamatkan Kehidupan dengan Donor Darah

25 Februari 2015 Pada tanggal 2 Februari 2015, Tzu Chi Batam kembali melakukan kegiatan donor darah di Habourbay Mall (OG Home), Batam. Kegiatan yang memang rutin digelar ini ditujukan untuk menjaring para pendonor yang mau bersumbangsih menyumbangkan darahnya.
Setetes Darah, Ungkapan Cinta Kasih

Setetes Darah, Ungkapan Cinta Kasih

24 Agustus 2022

Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Downstream (DS) Lampung bersatu padu dengan Relawan Dharma Wanitanya menggelar donor darah. Kegiatan ini untuk memeriahkan peringatan 100 tahun semangat #pantangmenyerah pendiri Sinar Mas Grup, Bapak Eka Tjipta Widjaja.

Setetes Darah untuk Membantu Banyak Orang

Setetes Darah untuk Membantu Banyak Orang

17 Mei 2023

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat (Xie Li Jembatan Lima) bekerja sama dengan RSUP Fatmawati kembali mengadakan bakti sosial donor darah di Trade Mall Seasons City pada 7 Mei 2023. 

Menggunakan kekerasan hanya akan membesarkan masalah. Hati yang tenang dan sikap yang ramah baru benar-benar dapat menyelesaikan masalah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -