Donor Darah dengan Penuh Cinta Kasih

Jurnalis : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang) , Fotografer : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang)
Para calon donor melakukan registrasi dengan mengisi formulir donor darah.

Komunitas Xie Li Tamken kembali mengadakan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Palembang, Minggu, 15 Januari 2023. Donor darah terus berlanjut karena masih dibutuhkannya pasokan darah. Donor darah ini diadakan di Sekolah Kusuma Bangsa, Jl. Residen Abdul Rozak, 8 Ilir Timur II, Palembang, berlangsung pukul 08.00 pagi hingga 12.00 siang.

Calon donor dicek kadar HB (Hemoglobin).

Para donor saat proses mendonorkan darahnya.

Saat kegiatan donor darah parah, para calon donor diwajibkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan mencuci tangan, mengecek suhu, dan memakai masker. Setelah itu, mereka melakukan registrasi untuk mengisi absensi formulir donor darah. Selanjutnya mereka dicek  kadar HB (Hemoglobin) supaya dapat memastikan apakah bisa mendonorkan setetes darah. Bila kadar HB sesuai dengan standar maka calon donor dapat mendonorkan darahnya.

Di sini juga ada pengecekan gula darah, kolesterol, dan asam urat gratis bagi para calon donor supaya dapat mengetahui kondisi tubuh dan tetap menjaga kesehatan. Jumlah pendaftar pada kegiatan kali ini sebanyak 144 orang dan yang berhasil lolos donor terdapat 110 orang.

Dokter dari tim medis Tzu Chi atau TIMA, Muchtar Leonardi sedang melakukan pengecekan kepada donor berupa: asam urat, gula darah, dan kolesterol.

Foto bersama para relawan setelah selesai kegiatan donor darah.

Arif Hendra Budiman merupakan salah satu donor yang rutin. Ia merasa senang dapat mendonorkan darah agar dapat membantu banyak orang.

“Bagi teman-teman yang takut untuk donor darah tidak perlu takut karena sangat banyak manfaatnya misalnya memiliki koresterol tinggi justru dengan donor darah seperti ini darah dapat diperbarui dengan sirkulasi yang baik,” ajaknya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Donor Darah dan Menggalang Hati

Donor Darah dan Menggalang Hati

26 Mei 2015
“Dengan donor darah yang kita lakukan dapat menyelamatkan nyawa seorang ibu, berarti kita telah menyelamatkan sebuah keluarga, dan berharap ke depannya Yayasan Buddha Tzu Chi Jambi juga dapat melakukan donor darah ini secara berkala dan akan sangat kami dukung.”
Tzu Chi Biak Kembali Mengadakan Donor Darah

Tzu Chi Biak Kembali Mengadakan Donor Darah

11 Mei 2022

Tzu Chi Biak bekerja sama dengan Bank Mandiri KC Biak, Permabudhi Papua, KBI Biak, dan PMI Biak mengadakan kegiatan donor darah pada Sabtu, 7 Mei 2022

Bersumbangsih Melalui Donor Darah

Bersumbangsih Melalui Donor Darah

22 Juni 2023

Kegiatan donor darah kembali dilaksanakan oleh relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Medan, Hu Ai Petisah di Vihara Pak Ti Hut Co. Sebanyak 70 kantung darah terkumpul melalui kegiatan ini.

Beramal bukanlah hak khusus orang kaya, melainkan wujud kasih sayang semua orang yang penuh ketulusan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -