Donor Darah di Bulan Ramadan Penuh Berkah

Jurnalis : Christine Yuliana (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Christine Yuliana (Tzu Chi Palembang)


Donor darah yang berlangsung dari pukul 08.00 pagi – 12.00 siang ini diikuti oleh 132 peserta, dan yang lolos mendonorkan darahnya sebanyak 111 orang.

Relawan Tzu Chi Palembang di Xie Li Tamken kembali mengadakan donor darah di Sekolah Kusuma Bangsa Kota Palembang yang bekerja sama dengan PMI Kota Palembang, Minggu, 9 April 2023. Donor darah kali ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Meski begitu, donor darah dapat berjalan dengan sangat baik dan banyak calon peserta yang mendaftar.

Koordinator kegiatan donor darah, Junaidi Winarta tidak menyangka antusias masyarakat masih sangat tinggi walaupun sebagian dari peserta sedang berpuasa. Donor darah yang berlangsung dari pukul 08.00 pagi – 12.00 siang ini diikuti oleh 132 peserta, dan yang lolos mendonorkan darahnya sebanyak 111 orang.

Karena saat ini sudah tidak lagi di masa PSBB dan sudah bebas masker, maka protokol kesehatan yang diterapkan tidak seketat sebelumnya. Calon peserta yang hadir diberikan nomor antrian, kemudian diarahkan melakukan registrasi. Selanjutnya dicek kadar HB-nya (Hemoglobin) dan apabila HB nya sesuai standar, maka dapat langsung mendonorkan darahnya.



Seorang peserta tampak tetap bersemangat saat menyumbangkan darahnya.




Foto bersama para relawan setelah selesai kegiatan donor darah.

Muhammad Rizal, salah satu peserta yang sedang menjalankan ibadah puasa namun masih ingin mendonorkan darahnya.  Ia merupakan donor aktif yang telah beberapa kali mengikuti kegiatan donor darah rutin di Sekolah Kusuma Bangsa. “Donor darah ini sangat bagus ya, karena ini kan untuk kemanusiaan. Kedepannya semoga dapat berjalan terus kegiatan tersebut, jangan sampai putus. Karena di antara kita masih ada yang butuh dengan donor darah ini. Disamping itu juga kita yang sehat jangan lupa dengan mereka yang sakit,” ujar Muhammad Rizal.

Bagi para donor juga disediakan booth untuk pengecekan gula darah, kolesterol, dan asam urat gratis yang dibantu oleh relawan TIMA. Pengecekan darah gratis ini pun dipenuhi oleh peserta yang ingin mengetahui kesehatan tubuhnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Mendonorkan Darah untuk Membantu Sesama

Mendonorkan Darah untuk Membantu Sesama

25 Agustus 2020

Pada 15 Agustus 2020 Tzu Chi Bandung mengadakan bakti sosial donor darah bersama Palang Merah Indonesia (PMI) yang berlangsung di Jing Si Tzu Chi Bandung, Jl. Jend. Sudirman no 628.

Bakti Sosial Donor Darah Perdana di Kota Dumai

Bakti Sosial Donor Darah Perdana di Kota Dumai

03 Juni 2022

Untuk pertama kalinya, Tzu Chi Pekanbaru menggelar kegiatan bakti sosial donor darah di Kota Dumai, Riau. Dalam kegiatan ini berhasil terkumpul 66 kantong darah.

Donor Darah untuk Sesama

Donor Darah untuk Sesama

06 Juli 2011 Kesibukan untuk mempersiapkan kegiatan ini sudah tampak sejak satu hari sebelumnya, dimana koordinator kegiatan dan segenap ketua seksi sudah sibuk mempersiapkan sarana pendukung untuk acara donor darah keesokan harinya.
Hakikat terpenting dari pendidikan adalah mewariskan cinta kasih dan hati yang penuh rasa syukur dari satu generasi ke generasi berikutnya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -