Donor Darah di Poins Mall Lebak Bulus yang Selalu Berkesan

Jurnalis : Ruth, Dezka (He Qi Pusat) , Fotografer : Dezka (He Qi Pusat)

Suasana donor darah keempat di Poins Mall yang dilaksanakan Tzu Chi dan PMI Jakarta Selatan.

Relawan Tzu Chi di komunitas Xie Li Selatan kembali gelar donor darah di Poins Mall, Lebak Bulus, Jakarta Selatan (26/11/2023). Donor darah yang menggandeng PMI Jakarta Selatan dan Management Poins Mall ini merupakan yang keempat kalinya digelar Xie Li Selatan tahun ini.

Donor darah yang digelar mulai pukul 10.00 WIB dan berakhir pukul 13.00 WIB ini disambut antusias pengunjung mall. Tampak juga beberapa peserta donor adalah peserta yang sebelumnya sudah mengikuti donor darah Xie Li Selatan. Salah satunya Alviano yang sudah tujuh kali donor darah, dan empat kalinya ia donorkan di donor darah Xie Li Selatan. ”Kali ini saya datang ajak dua orang teman saya, dan tahun depan saya akan ikut lagi.” kata Alviano.  

Pengecekan hemoglobin (HB), tekanan darah, dan kesehatan oleh petugas dari PMI Jakarta Selatan.

Didik yang sedang mengikuti salah satu acara musik di Poins Mall turut mendonorkan darahnya.

Beberapa karyawan Poins Mall pun tampak kembali mendonorkan darahnya. Vita misalnya, walau sedang dalam masa recovery pascaoperasi penyumbatan darah yang sudah dideritanya selama 2 tahun ini, tak menghalangi semangatnya mendonorkan darah.

Didik beserta tiga temannya yang kebetulan mengikuti salah satu event musik di Poins Mall begitu senang dapat berpartisipasi meskipun tidak terencana karena baru mengetahui saat membaca brosur yang dipasang di dalam lift ”Saya senang sekali dapat ikut donor darah. Senang karena dapat bersedekah melalui donor darah dan berharap bisa dihubungi kembali apabila ada kegiatan donor darah lagi,” ungkap Didik.

Relawan Tzu Chi memberikan makanan kepada para donor usai mendonorkan darahnya.

Akhirnya kegiatan donor darah ini ditutup dengan terpenuhi sebanyak 124 kantong darah. Donor darah ini nantinya akan kembali dilaksanakan di tahun 2024 setiap 3 bulan sekali. Kegiatan ini memberikan kesan yang mendalam bagi para relawan Tzu Chi di Xie Li Selatan.

“Orang yang bersumbangsih dengan penuh cinta kasih tentu akan berbahagia selamanya dan menjalani kehidupan dengan penuh makna”
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Setetes Darah Selamatkan Sesama

Setetes Darah Selamatkan Sesama

30 Juni 2014 Walaupun terkadang kita tidak bisa memberi berupa uang atau materi, tetapi setidaknya kita mampu bersumbangsih yang lebih mulia lagi melaui donor darah.
Kita Sehat, Mereka Selamat

Kita Sehat, Mereka Selamat

28 April 2015
Alasannya, Susanto mengaku dengan berdonor dapat membantu kelancaran sirkulasi darah sehingga membuat tubuh donor lebih sehat. Pengakuan Susanto ini selaras dengan slogan dari PMI sendiri yaitu “Kita Sehat, Mereka Selamat”. “Ada kepuasan pribadi karena ada kesempatan membantu sesama. Sehingga kita mengulangi perbuatan baik ini dan mengajak orang lain untuk ikut serta,” tambah Susanto.
Donor Darah di RPTRA Alur Dahlia

Donor Darah di RPTRA Alur Dahlia

25 Maret 2019

Relawan He Qi Barat 1 kembali mengadakan kegiatan donor darah. Kegiatan itu dilakukan pada Sabtu 16 Maret 2019. Kegiatan ini diharapkan dapat menjangkau masyarakat yang membutuhkan dan mempermudah masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya.

Kita hendaknya bisa menyadari, menghargai, dan terus menanam berkah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -