Mewariskan Cinta Kasih dengan Donor Darah

Jurnalis : Rosy Velly Salim (He Qi Pusat), Fotografer : Rosy Velly Salim (He Qi Pusat)


Pada Hari Minggu, 20 April 2014, bertepatan juga dengan hari Paskah bagi umat kristiani, relawan Tzu Chi dari He Qi Pusat mengadakan kegiatan donor darah.

Cinta kasih tidak akan berkurang karena dibagikan, sebaliknya akan terus berkembang karena diteruskan kepada orang lain.” (Master Cheng Yen)

 Pada Hari Minggu, 20 April 2014, bertepatan juga dengan hari Paskah bagi umat kristiani ditemani cuaca yang cerah, udara segar di pagi hari merupakan salah satu hari kebahagiaan bagi insan Tzu Chi He Qi Pusat, Xie Li Sunter. Sejak Pukul tujuh pagi, barisan Bodhisatwa  Komite, Biru Putih, Abu Putih, Relawan kembang berkumpul bersama di RS. Royal Progress, Jakarta Utara. Untuk mengemban misi amal Tzu Chi dengan pengadaan Donor Darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Rumah Sakit Royal Progress.

Pukul 08:30, terlihat 7 orang petugas PMI telah memasuki RS. Royal Progress dan mengeluarkan peralatan medisnya bersiap memulai tugasnya masing-masing begitu pula Insan Tzu Chi dengan sigap dan lembut menyambut para pendonor yang datang dan mengarahkan ke meja pendaftaran.

Tercatat sebanyak 27 orang relawan Tzu Chi yang bahu membahu mendukung kelancaran kegiatan donor darah ini. Ada yang bertugas meng-input data, menyambut pendonor yang datang, memberikan form pengisian donor darah, melayani di bagian pendaftaran, dan mengarahkan dan mendampingi pendonor ke ranjang donor, serta berbincang dengan para pendonor. Membuat terharu atas keharmonisan yang dipancarkan Insan Tzu Chi Xie Li Sunter pada kegiatan donor darah ini.


Dalam kegiatan ini, tercatat 60 Orang berhasil didonorkan darahnya untuk disalurkan ke orang yang mebutuhkan lewat PMI.


Kegiatan donor darah yang berlangsung di RS. Royal Progress pada kali ini membawakan banyak kesan positif bagi para relawan maupun petugas PMI yang bekerjasama. Rona kebahagiaan tercermin dari wajah para relawan dan petugas PMI.

Mengingat sebuah kata perenungan Master Cheng Yen, “Kekuatan akan menjadi besar bila kebajikan dilakukan bersama-sama, berkah yang diperoleh akan menjadi besar pula.” Tercermin dari kegiatan donor darah He Qi Pusat, Xie Li Sunter. Dimana dengan keharmonisan dilandasi hati kekeluargaan dari masing-masing Insan Tzu Chi ini untuk menyukseskan donor darah ini, telah berhasil mendapatkan calon pendonor sebanyak 70 orang, yang tidak termasuk relawan. Tercatat 60 Orang berhasil di donorkan darahnya untuk disalurkan ke orang yang mebutuhkan lewat PMI. Kegiatan donor darah pada hari berbahagia di hari Minggu ini berhasil menyumbangkan banyak stok darah untuk PMI, dikarenakan selain banyak calon pendonor yang diterima, pengambilan darah per satu pendonor diambil darah 350 cc.

Suatu berkah pada hari Minggu,20 April 2014 ini. Cinta Kasih menyebar lebih luas dari Insan Tzu chi bersama PMI ke para pendonor dan yang membutuhkan donor darah nantinya. Insan Tzu Chi melalui kegiatan donor darah ini, ingin menyebarkan cinta kasih juga menjalin jodoh baik ke semua orang. “Saya Senang dapat bersumbangsih demi sesama lewat kegiatan donor darah ini, sengaja menyempatkan waktu dan diri hadir ke Royal Progress pagi hari dikarenakan siangnya jam 9 mau ikut kebaktian di Vihara, demi menyumbangkan cinta kasih untuk orang yang membutuhkan darah,” ujar Lo Hui Lu (37), salah satu pendonor.

Menjelang Pukul 10.00, para pendonor berdatangan ke RS. Royal Progress. Salah satunya adalah Evelyn (17), yang datang bersama saudara perempuannya, Hellen (18) dan mamanya, Sandra Gunawan, (41). Menuturkan bahwa ini adalah petama kalinya ia mendonorkan darah, dan mengetahui adanya kegiatan donor darah ini dari mamanya. “Pertama-tama sih tegang, tapi setelah itu lega dan senang karena darah yang didonor bisa untuk orang lain yang membutuhkan selain itu juga bagus untuk kesehatan tubuh,” ujar Evelyn.

Pada waktu menunjukan pukul 11.00 dan semua pendonor telah selesai mendonorkan darahnya. Maka, tiba giliran insan Tzu Chi yang antri untuk mendonorkan cinta kasih mereka lewat donor darah.  Kegiatan donor darah yang berlangsung di RS. Royal Progress pada kali ini membawakan banyak kesan positif bagi para relawan maupun petugas PMI yang bekerjasama. Rona kebahagiaan tercermin dari wajah para relawan dan petugas PMI. “Setetes darah, nyawa bagi sesama,” itulah moto dari PMI. Semoga dengan tersumbangnya banyak darah ini, menolong nyawa orang yang membutuhkan. Akhir kegiatan ditutup dengan foto dan makan bersama para relawan He Qi Pusat, Xie Li Sunter.


Artikel Terkait

Mengalahkan Rasa Takut Berdonor Darah

Mengalahkan Rasa Takut Berdonor Darah

21 Juni 2016

Tzu Chi He Qi Pusat, Xie Li Sunter menggelar kegiatan donor darah. Para relawan punya cara jitu menghadapi calon pendonor yang masih takut dengan jarum suntik ataupun darah.

Relawan Pekanbaru Menebar Cinta Kasih Melalui Donor Darah

Relawan Pekanbaru Menebar Cinta Kasih Melalui Donor Darah

09 Maret 2021

Di kantor Perwakilan Tzu Chi Pekanbaru relawan Tzu Chi melaksanakan donor darah yang pertama dimasa pandemi Covid 19.

Niat yang Tak Lekang Oleh Hujan

Niat yang Tak Lekang Oleh Hujan

07 Mei 2019

Minggu, 5 Mei 2019, Tzu Chi Palembang mengadakan kegiatan donor darah di Kantor Tzu Chi Palembang, Jalan Radial Ilir Barat No. D1 / 19-20, Palembang. Sebanyak 27 relawan dan 3 dokter dari Tzu Chi International Medical Association (TIMA) hadir dalam kegiatan ini.

Mendedikasikan jiwa, waktu, tenaga, dan kebijaksanaan semuanya disebut berdana.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -