Donor Darah, Ladang Berkah untuk Membantu Sesama

Jurnalis : Lina N A (He Qi Pusat), Fotografer : Lina N A (He Qi Pusat)

Vera (baju merah) yang mengajak Nurbaety menerima tanda kasih dan buletin Tzu Chi usai donor darah.

Donor darah menjadi salah satu kegiatan yang dijalankan relawan komunitas Tzu Chi Xie Li Bogor. Bekerja sama dengan pihak Mall BTM Bogor yang memfasilitasi ruangan dan pihak PMI UDD Kota Bogor, relawan pun menggenggam ladang berkah untuk menggelar donor darah sejak April 2023.

Kegiatan tiga bulanan ini terbuka untuk umum. Di Kota Bogor sendiri kegiatan donor darah telah banyak dilakukan berbagai komunitas dan instansi. Tzu Chi Xie Li Bogor dalam hal ini membantu menambah tempat dan mempermudah lebih banyak orang ikut serta dalam kebaikan melalui donor darah. Dalam kurun waktu lima kali kegiatan, beberapa pendonor berpartispasi kembali setelah mendapat informasi kegiatan donor darah pada Sabtu, 20 April 2024. Salah satunya adalah Jeffri Ericson yang ikut donor untuk ketiga kalinya. Bukan hanya Jeffri, para peserta lain juga mengajak teman dan anggota keluarga. Seperti Rohman warga Ciampea yang kembali ikut donor darah mengajak anaknya. Mereka sering donor dan hari ini sesuai waktunya bisa datang ke acara.

Bersama-sama melakukan kebaikan, Riandi yang sebelumnya hanya menemani Amelia, kali ini ikut sebagai pendonor.

Beberapa relawan secara rutin berpartispasi sebagai pendonor sejak dimulainya kegiatan donor darah tahun 2023.

Vera Asih Haryani warga Layung Sari kembali ikut donor dan mengajak Nurbaety tetangga di lingkungannya. “Sering donor di tempat lain, entah mitos atau apa tapi habis donor merasa badan lebih enak. Bisa bermanfaat buat orang lain,” ungkap Nurbaety saat ditanya apa yang dirasakan setelah sering donor darah.

Ingin membantu orang lain menjadi pendorong Riandi untuk donor. Sebelumnya ia hanya datang mendampingi saja. “Kembali lagi ke tujuan donor darah. Niat baik bantu orang yang butuh darah dan cuci darah. Niat baik pasti mendapat yang baik juga. Jadi dengan tujuan itu timbul keinginan donor,” ujar Riandi.

Beberapa pengunjung, pemilik toko dan pekerja di area mall ikut berpartisipasi. “Baru tadi dengar info dari mall ada donor darah, jadi ikut. Sudah pernah donor tapi tidak rutin,” ujar Nicho Edistra yang membuka toko di area mall. Pernah menjalin jodoh dengan Tzu Chi dan mendengar info kegiatan, Albert Vincentus yang sedang bertugas di acara pameran menyempatkan diri datang ke lokasi. Setelah bertemu dan berbincang dengan relawan ia pun ikut donor.

Salah satu calon donor melakukan tes pengecekan kadar hemoglobin oleh tim medis.

Menjalin jodoh baik dengan Tzu Chi, Jeffri ikut donor untuk ketiga kalinya.

Memiliki berkah kesehatan dan bisa melakukan kebaikan salah satunya dengan menyumbangkan darah tidak hanya bermanfaat bagi orang lain tapi juga untuk diri sendiri. Beberapa manfaat donor darah bagi pendonor yakni menyehatkan badan, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah. Selain manfaat kesehatan fisik juga kesehatan psikologis, kebahagiaan bisa berbagi dan membantu sesama.

Donor darah berlangsung dari pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Petugas PMI yang hadir ada 4 orang, dari 44 peserta yang mendaftar sebanyak 32 orang lolos sebagai pendonor.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Berbagi Kasih Dengan Donor Darah

Berbagi Kasih Dengan Donor Darah

06 Mei 2019

Banyak calon donor berasal dari lingkungan sekitar dan ada juga yang baru pertama kali datang yang membuat mereka bertanya lebih banyak tentang kegiatan apa saja yang dilakukan relawan di Depo Pelestarian Lingkungan Titikuning, serta bagaimana kegiatan pemilahan barang daur ulang dilakukan sehingga dapat menjaga lingkungan.

Donor Darah, Dapat Berkah

Donor Darah, Dapat Berkah

08 Oktober 2019

Dion Afriyand (20), seorang donor yang bahagia karena bisa mendonorkan darahnya. “Ini ibaratnya sama halnya seperti menolong orang tua. Saya merasa acara ini sangat bagus karena bisa mengajak orang lain untuk membantu orang yang sedang membutuhkan darah atau orang yang kesusahan,” ungkapnya.

Setetes Darah Anda Bermanfaat Bagi Orang Lain

Setetes Darah Anda Bermanfaat Bagi Orang Lain

03 Mei 2018
Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Setetes darah dapat menjadi sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. Karena itu Tzu Chi Tanjung Balai Karimun kembali mengadakan donor darah, Minggu 29 April 2018. Donor darah sebelumnya digelar pada Januari 2018.
Menggunakan kekerasan hanya akan membesarkan masalah. Hati yang tenang dan sikap yang ramah baru benar-benar dapat menyelesaikan masalah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -