Setetes Darah Menyambung Kehidupan

Jurnalis : Marcopolo (Tzu Chi Biak), Fotografer : Marcopolo (Tzu Chi Biak)

Setetes Darah Menyambung Kehidupan

Yayasan Buddha Tzu Chi Biak kembali menggelar  kegiatan donor darah untuk menambah stok darah di PMI yang masih kurang karena banyaknya permintaan masyarakat.

Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Cabang Biak Numfor, Yayasan Buddha Tzu Chi Biak mengadakan kegiatan donor darah pada Sabtu 23 Oktober 2016. Bertempat di Kantor Tzu Chi Biak, kegiatan ini digelar untuk menambah stok darah di PMI yang masih kurang karena banyaknya permintaan masyarakat.

Dalam sambutannya, Ketua PMI Biak Numfor Feri Moningka mengatakan, stok darah di PMI berkurang karena tingginya permintaan terutama dari pasien yang mengalami kecelakaan, cuci darah dan operasi. “Kebutuhan kantong darah tahun ini sudah melebihi permintaan tahun lalu. Oleh karenanya PMI Biak sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi KP Biak yang mau mengkoordinir masyarakat agar berdonor,” kata Ketua PMI Cab. Biak Numfor Feri Moningka.

Setetes Darah Menyambung Kehidupan

Anggota TNI juga turut berdonor. 

Relawan menampilkan lagu isyarat tangan berjudul Satu Keluarga.

Di setiap kegiatan, Tzu Chi Biak selalu memperkenalkan isyarat tangan berjudul Satu Keluarga. Dengan lagu itu, Tzu Biak ingin menunjukkan bahwa  relawan Tzu Chi tidak membeda-bedakan status sosial dalam memberikan bantuan. Seperti kata perenungan Master Cheng Yen bahwa setiap kebajikan yang ditanam di masa ini akan menjadi buah kebaikan yang kita petik di hari esok.  

Sebanyak 60 kantong darah akhirnya terkumpul. Jumlah ini sebenarnya lebih sedikit dibandingkan pada kegiatan yang pernah digelar sebelumnya. Ini disebabkan relawan yang ingin berdonor, banyak yang tekanan darahnya sedang tinggi dan sebagian lagi rendah. Setelah berdonor para relawan dan warga dijamu dengan makan siang vegetarian. Tepat pukul 14.00, kegiatan ini usai. Para relawan Tzu Biak bersyukur, hujan deras baru turun saat kegiatan selesai digelar. Para relawan juga berharap, kegiatan ini memberikan banyak manfaat, terutama bagi warga yang membutuhkan darah.   


Artikel Terkait

Setiap Tetes Darah Merupakan Wujud Cinta Kasih

Setiap Tetes Darah Merupakan Wujud Cinta Kasih

26 April 2021

Kelangkaan darah sering terjadi di Bulan Suci Ramadan. Untuk mendukung pasokan darah di Kota Batam, Tzu Chi mengadakan Donor Darah yang ke-2 di tahun 2021 pada 18 April 2021 di Aula Jing Si Batam.

Berdana Melalui Donor Darah

Berdana Melalui Donor Darah

14 September 2011
Suwandy bersyukur bahwa masih banyak orang yang peduli dan berkeinginan menyumbangkan darahnya. “Dengan kerelaan kita mengikuti kegiatan ini dan menjadi donor. Kita memiliki kesempatan untuk membantu orang-orang yang mungkin saat ini sangat memerlukan darah kita untuk bertahan hidup," ucapnya.
Donor untuk Keselamatan Jiwa

Donor untuk Keselamatan Jiwa

31 Mei 2017

Dalam memeperingati Hari Waisak, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Sedunia, relawan Tzu Chi Aceh  mengadakan kegiatan donor darah yang berlokasi di Vihara Dewi Samudera Banda Aceh pada tanggal 14 Mei 2017. Sebanyak 64 kantong darah berhasil dikumpulkan.

Orang bijak dapat menempatkan dirinya sesuai dengan kondisi yang diperlukan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -