Donor Darah Membantu Sesama

Jurnalis : Tcering Zoma Chen (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Tcering Zoma, Vincent, Abdul Rahim (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Memulai kegiatan donor darah para relawan dan staf PMI yang bertugas berdoa bersama agar kegiatan donor darah ini berjalan dengan baik. Kegiatan donor darah ini akan rutin diadakan tiga bulan sekali yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) sesuai situasi dan kondisi di masa pandemic Covid 19.

Di masa pandemi Covid 19, segala aktivitas relawan Tzu Chi Tj. Balai Karimun yang dilakukan dalam ruangan harus dibatasi dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat, seperti kegiatan donor darah yang dilakukan di dalam ruangan. Kegiatan donor darah ini sudah 8 bulan tidak adakan akibat pandemi Covid-19 di Indonesia yang belum stabil.

Di bulan Agustus2021, wabah Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan jumlah kasus sehingga, Tzu Chi Tj. Balai Karimun mulai melakukan kegiatan dalam ruangan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang dibuat Pemerintah. 

Pada Minggu, 21 November 2021, relawan Tzu Chi Tj. Balai Karimun mulai kembali mengadakan donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) tiap tiga bulan sekali. Para relawan Tzu Chi dan staf dari PMI mulai melayani para calon donor darah di mulai pada pukul 09.00 WIB.

Martini relawan yang bertugas mengukur suhu tubuh sedang melakukan pengeceken suhu tubuh terhadap calon pendonor. Sebelum memasuki kantor Tzu Chi, para calon pendonor harus menjalankan protocol kesehatan yang ketat.

Memasuki kantor Tzu Chi, para pendonor akan menjalani protocol kesehatan yang sangat ketat seperti memakai masker, pengukuran suhu tubuh, mencuci tangan, menjaga jarak fisik, menggunakan hand sanitizer, dan menunggu sesuai yang diarahkan oleh relawan Tzu Chi sebelum memasuki ruangan pengambilan darah.

Para calon donor sebelumnya harus menjalani pemeriksaan berat badan, tes hemoglobin (HB), tekanan darah, dan riwayat kesehatan dalam seminggu terakhir. Para pendonor harus melewati semua tes ini untuk mendonorkan darahnya.

Salah satunya peserta donor Yanti (54) merasa senang karena kondisi kesehatannya cukup baik dan dapat bersumbangsih mendonorkan darahnya. “Saya merasa sangat senang karena dapat membantu orang lain dengan berdonor darah. Kali ini saya lolos tes kesehatan, dan bisa mendonorkan darah saya, karena beberapa kali saya tidak bisa donor, dan sejak pandemi saya tidak mendonorkan darah saya," ungkap Yanti.

Yanti (54) salah satu pendonor merasa sangat bahagia karena bisa mendonorkan darahnya setelah selama setahun lebih tidak bisa mendonorkan darahnya. Yanti sangat bersyukur dari donor darah ini bisa menyelamatkan nyawa manusia.

Semasa pandemic Covid 19 banyak kegiatan kerelawanan Tzu Chi tidak berjalan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kerumunan serta mencegah penyebaran virus Covid 19 di masyarakat.

Di masa pandemi, stok darah di PMI semakin menipis, kegiatan donor darah kali ini sebagai wujud kepedulian Tzu Chi untuk membantu PMI dalam mencukupi kebutuhan darah ditengah pandemi.

Susi (39) berharap kegiatan donor darah ini bisa terus diadakan agar bisa membantu lebih banyak orang yang sangat membutuhkan darah.

Susi (39) relawan yang bertugas ini berharap kegiatan donor darah ini bisa rutin dilakukan agar bisa membantu lebih banyak orang yang membutuhkan. “Di masa pandemi, PMI kekurangan pasokan darah dan tetap ada yang membutuhkan darah. Saya berharap donor darah ini bisa tetap diadakan agar dapat membantu lebih banyak orang," harap Susi.

Seperti yang tertulis pada Kata Perenungan Master Cheng Yen ”Tetesan air dapat membentuk sungai, kumpulan butiran beras bisa memenuhi lumbung, jangan meremehkan hati nurani sendiri, lakukanlah perbuatan baik meskipun kecil.”

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Menggenggam Kesempatan Bersumbangsih

Menggenggam Kesempatan Bersumbangsih

17 Maret 2015

Bersumbangsih dapat dilakukan siapa saja yang mempunyai kemauan dan niat untuk membantu sesama yang membutuhkan. Niat untuk bersumbangsih saja belum cukup, tetapi harus dibarengi dengan sikap nyata untuk mewujudkan niat tersebut. 

“Ayo Donor Darah”

“Ayo Donor Darah”

17 September 2010 Sabtu, 4 September 2010 lalu, bertempat di Jing Si Books and Café Pluit, Jakarta Utara, Tzu Chi mengadakan kegiatan donor darah. Karim Baharuddin, relawan He Qi Utara yang menjadi koordinator kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini rutin diadakan setiap 3 bulan sekali.
Niat Membantu Sesama

Niat Membantu Sesama

19 Desember 2019

Sabtu, 14 Desember 2019,  relawan komunitas He Qi Barat 1 kembali mengadakan kegiatan donor darah di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Alur Dahlia, Tegal Alur, Jakarta Barat.

Tak perlu khawatir bila kita belum memperoleh kemajuan, yang perlu dikhawatirkan adalah bila kita tidak pernah melangkah untuk meraihnya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -