Sedikit Darah Anda, Memberikan Kehidupan untuk Sesama

Jurnalis : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat) , Fotografer : Susilawati, Beh Guat Ngo (He Qi Pusat)

Suasana donor darah di Sekolah Silaparamita Sabtu, 27 April 2024.

Komunitas Hu Ai Pusat Sehati Xie Li Cipinang, kembali mengadakan kegiatan donor darah pada Sabtu, 27 April 2024, di Sekolah Silaparamita Jl. Cipinang Jaya Raya No.1 Jakarta Timur. Tjiong Meily mengkoordinir 20 relawan yang berkumpul sejak pukul 08.00 WIB untuk mempersiapkan segala kebutuhan, mulai dari persiapan tempat, kursi, meja, dan perlengkapan lainnya sambil menunggu kehadiran PMI dari RS Fatmawati.

Sukesi dari PMI melakukan tensi kepada peserta yang hendak donor.

"Walaupun capek dan lelah tapi hari ini senang banget, semoga banyak yang hadir dan bisa bersumbangsih. Semoga saya pun bisa bersumbangsih donor hari ini," ujar Tjiong Meily bahagia.

Donor darah hari itu menggunakan enam ranjang dan dibantu tujuh petugas di bawah arahan Sukesi. "Permintaan darah setiap saat ada saja. Kemarin saya di RS, untuk pasien operasi saja mereka sudah mendaftar (total perkiraan kantong darah) untuk beberapa bulan ke depan," ujarnya menjelaskan mengapa kita sebisa mungkin melakukan donor darah secara rutin.

Tjiong Meily mendampingi salah seorang peserta yang mengalami pusing dan takut karena baru pertama kali mendonor darahnya.

Para donor yang hadir setelah melakukan pendaftaran, diarahkan untuk penimbangan berat badan, tensi dan pengecekan Hemoglobin (HB) untuk memastikan apakah bisa atau tidak untuk mendonorkan darahnya, karena jika kadar hemoglobin rendah maka tidak memenuhi syarat kesehatan untuk mengikuti donor darah dan tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan bersumbangsih melalui donor darah. Para relawan juga sigap membantu jika ada pendonor yang membutuhkan minuman sebelum melakukan donor darah.

"Donor darah tuh selain membantu orang jika untuk saya pribadi juga untuk membantu saya mengetahui kesehatan saya masih terjaga tidaknya, seperti tensi saya gitu. Saya lihat spanduk di depan jadi tahu ada donor darah di sini," ujar Ahmad Zaini (47) pedagang sembako yang tinggal di Pinang Besar Utara. Ini ketiga kalinya Ahmad Zaini melakukan donor di Sekolah Silaparamita, total Ahmad Zaini sudah menjadi pendonor sebanyak 26 kali.

Ahmad Zaini (47) sedang mendonorkan darahnya, ia bahagia bisa donor darah untuk ke-26 kalinya.

Sekitar pukul 12.30 WIB donor darah selesai dilaksanakan, dari 75 peserta yang mendaftar diperoleh 68 kantong darah. Sukacita yang dirasakan relawan hari ini selaras dengan kata perenungan Master Cheng Yen, “Orang yang selalu bersumbangsih akan senantiasa diliputi pikiran bahagia (sukacita), orang yang selalu bersyukur akan selalu senantiasa dilimpahi berkah.”

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Dari Saat Ini Hingga Nanti

Dari Saat Ini Hingga Nanti

09 April 2018
Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 2 mengadakan kegiatan donor darah di RPTRA Kembangan Utara, Jakarta pada tanggal 7 April 2018 untuk menyelamatkan jiwa sesama yang membutuhkan darah.
Menyehatkan Tubuh dan Menolong Sesama

Menyehatkan Tubuh dan Menolong Sesama

12 Juni 2023

Donor darah yang digelar Tzu Chi Lampung pada Sabtu 3 Juni 2023 berhasil menghimpun 76 kantong darah.  Alesius Bunawan, koordinator kegiatan mengatakan ada peningkatan.

Donor Darah Tzu Chi di Depok Town Square

Donor Darah Tzu Chi di Depok Town Square

15 Mei 2024

Sebanyak 89 kantong darah berhasil dikumpulkan pada donor darah yang digelar oleh komunitas relawan Tzu Chi, Xie Li Selatan di Depok Town Square (Detos).

Melatih diri adalah membina karakter serta memperbaiki perilaku.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -