Donor Darah, Menyelamatkan Nyawa Sesama

Jurnalis : Muhammad Fajar Siddik (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Muhammad Fajar Siddik (Tzu Chi Palembang)

Seorang relawan Tzu Chi sedang menjalani proses donor darah yang dilaksanakan oleh relawan Tzu Chi KP. Palembang dari komunitas Kemuning. Pelaksanaan donor darah ini melibatkan 27 relawan.

Relawan Tzu Chi Palembang di Xie Li Kemuning pada Minggu 11 Juni 2023 mengadakan kembali donor darah bekerja sama dengan PMI Kota Palembang. Donor darah ini digelar di Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech. Jl. Jend. Basuki Rachmat No.5, 20 Ilir D II, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Donor darah ini dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Relawan Tzu Chi bersama petugas PMI Kota Palembang mempersiapkan dan menata meja, kursi, dan velbet untuk para pendonor.

Seorang calon donor sedang menjalani pemeriksaan golongan darah dan pemeriksaan Hemoglobin (HB). Pengecekan kesehatan sebelum donor darah menjadi syarat yang utama agar kualitas darah yang disumbangkan baik.

Bambang Tri Harmono sedang melakukan donor darah dengan suka cita dan sangat mengapresiasi kegiatan sosial yang dilakukan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi KP. Palembang.

Calon donor pada tahap awal menjalani proses registrasi dan mengisi formulir peserta donor darah. Lalu dilakukan pemeriksaan fisik mulai dari tinggi badan,  berat badan, dan pemeriksaan hemoglobin (HB) dan golongan darah. Para relawan berbagi tugas mendampingi para donor menjalani pemeriksan kesehatan agar tetap tertib dan teratur.

Ada 112 donor yang bisa mendonorkan darahnya dari 118 orang yang mendaftar. ''Saat ini saya sudah donor yang ke-157 dan pertama kali donor darah itu pada tahun 1973, saya sangat apresiasi sekali kepada Yayasan Buddha Tzu Chi atas kegiatan ini karena sifatnya sosial dan saya yakin dibutuhkan banyak orang,” ungkap Bambang Tri Harmono.

Relawan Tzu Chi Palembang dari komunitas Kemuning berfoto bersama setelah kegiatan donor darah selesai. Donor darah ini berhasil mengumpulkan 112 kantung darah.  

Hadikin mengetahui kegiatan donor darah yang diadakan oleh Tzu Chi dari kerabat melalui pesan ajakan untuk berdonor. “Saya sudah ke-50 kali donor darah. Saya merasa tubuh saya lebih sehat. Saya lihat antusias relawan begitu kuat mengajak kita untuk donor biarpun tidak kenal kita. Kami merasa masuk rumah sendiri jadi apa yang kami butuhkan langsung di siapkan,” kata Hadikin.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Bersumbangsih Melalui Donor Darah

Bersumbangsih Melalui Donor Darah

22 Juni 2023

Kegiatan donor darah kembali dilaksanakan oleh relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Medan, Hu Ai Petisah di Vihara Pak Ti Hut Co. Sebanyak 70 kantung darah terkumpul melalui kegiatan ini.

Tzu Chi Gelar Kegiatan Donor Darah di Tanjung Batu

Tzu Chi Gelar Kegiatan Donor Darah di Tanjung Batu

05 April 2023

Tzu Chi anjung Batu bekerja sama dengan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Kundur mengadakan donor darah.

Dapat Mendonorkan Darah adalah Sebuah Berkah

Dapat Mendonorkan Darah adalah Sebuah Berkah

02 Maret 2023

Komunitas relawan Tzu Chi di Xie Li Radial kembali mengadakan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Palembang. Kegiatan donor darah rutin ini terus berlanjut karena masih dibutuhkannya pasokan darah di PMI.

Jika selalu mempunyai keinginan untuk belajar, maka setiap waktu dan tempat adalah kesempatan untuk mendapatkan pendidikan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -