Tekad Membantu Lewat Setetes Darah

Jurnalis : Cinderella, Khema (He Qi Pusat), Fotografer : Cinderella, Cristine Ristanto, Khema (He Qi Pusat)

Banyak warga dan relawan yang berpartisipasi dalam kegiatan donor darah yang diadakan di Wihara Karuna Murti Duri Utara, Tambora, Jakarta Barat ini.

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat Hu Ai Jembatan Lima merangkul Palang Merah Indonesia (PMI) dari Jakarta Barat dalam kegiatan donor darah pada Sabtu, 17 Desember 2022. Banyak warga dan relawan yang berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan di Wihara Karuna Murti Duri Utara, Tambora, Jakarta Barat ini. Mereka pun sangat bersemangat untuk mendonorkan darah mereka. Kegiatan donor darah ini mengikutsertakan 31 warga dan 21 relawan Tzu Chi yang sepenuh hati bergerak dalam misi kesehatan ini. Dengan total 52 pendaftar dan yang berhasil mendonorkan darah sejumlah 37 orang.

Salah satu warga bernama Sriwati berkata bahwa donor darah sangat bagus untuk tubuh dan juga dapat menolong orang lain. Walaupun Awalnya Sriwati takut dengan jarum, namun dengan tekad yang kuat, ia berhasil menghilangkan rasa takut tersebut.

Rohman yang sedang mendonorkan darahnya berharap donor darah ini dapat membantu sesama.

Rohman salah seorang warga yang ikut berkata, “Salah satu hal yang dapat saya bagikan dan bisa membantu orang adalah mendonorkan darah saya.” Rohman juga mengharapkan ke depannya lebih banyak yang mendonorkan darah mereka untuk menolong sesama.

Lim Tet Kong (55), salah seorang relawan juga berpartisipasi dalam donor darah hari ini menceritakan bahwa dirinya sudah 11 kali mengikuti kegiatan donor darah. Ia menuturkan ingin mendonorkan darah karena merupakan hal yang baik dan membuat tubuhnya sehat. Walaupun terkadang saat mendaftar donor darah tidak bisa diterima, Lim Tet Kong dengan tekun selalu mengikuti kegiatan donor darah.

Lim Tet Kong mengisi formulir pendaftaran dan pada kesempatan itu ia berhasil mendonorkan darahnya.

Sejak tahun 2006, Tet Kong sudah bervegetaris dan ia tetap mengikuti donor darah dengan rutin. "Vegetaris tidak menghalangi saya, karena bervegetaris juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh, dan membuat darah kita lebih sehat. Semoga berikutnya lebih banyak pendonor yang bersedia mendonorkan darahnya,” ucapnya.

Bahagia, rasa bersyukur dan keinginan untuk bantu lebih bayak orang lagi dapat dirasakan oleh para warga dan relawan setelah mendonorkan darah mereka. Semoga banyak orang orang dapat tertolong oleh kantong-kantong darah yang telah didonasikan dan dan semoga kantong kantong darah yang telah didonorkan hari ini cukup buat orang orang yang membutuhkannya.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Menanam Benih Kasih dari Donor Darah

Menanam Benih Kasih dari Donor Darah

24 April 2018
Sabtu, 21 April 2018, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 2, Hu Ai Tangerang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) mengadakan kegiatan donor darah. Kegiatan ini adalah satu hal sederhana yang bisa dilakukan diri sendiri namun bisa memberikan kontribusi yang besar bagi kehidupan orang lain.
Menumbuhkan Cinta Kasih Lewat Donor Darah

Menumbuhkan Cinta Kasih Lewat Donor Darah

16 April 2019

Pada 14 April 2019, Tzu Chi Medan mengadakan donor darah di Gedung PG-TK Sutomo I Yayasan Perg. Sutomo, Medan. Kegiatan yang bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Pirngadi Medan (UTD RSPM) ini berhasil mengumpulkan 192 kantong darah.

Sebersit Niat untuk Bersumbangsih Melalui Donor Darah

Sebersit Niat untuk Bersumbangsih Melalui Donor Darah

08 Oktober 2019

Untuk memberikan kesempatam bagi masyarakat luas di sekitar Kota Binjai untuk bersumbangsih, sekaligus memperkenalkan visi dan misi Tzu Chi, serta membantu penggalangan kantong darah yang dibutuhkan oleh rumah sakit melalui PMI Kota Binjai, Tzu Chi Medan kembali mengadakan kegiatan donor darah.

Saat membantu orang lain, yang paling banyak memperoleh keuntungan abadi adalah diri kita sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -