Emas Merah Penyelamat Kehidupan

Jurnalis : Robin Santoso (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Robin Santoso (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Antusiasme karyawan saat mendaftarkan diri untuk berdonor darah.

“Lakukan perbuatan baik yang pantas dilakukan dengan sepenuh hati, tidak perlu menghitung berapa banyak perbuatan yang telah dilakukan"
     - Master Cheng Yen -

Penghujung tahun 2023 diisi Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 1 dengan melaksanakan donor darah pada Senin (11/12/23). Bekerja sama dengan PMI Kotawaringin Barat, donor darah ini rutin digelar relawan untuk membantu kesediaan stok darah. Selain karyawan Sinar Mas, masyarakat sekitar kebun juga ikut mendonorkan darahnya di Gedung Serba Guna Tasik Mas Estate. Dari 95 peserta yang mendaftarkan diri, 72 orang dinyatakan lolos untuk diambil darahnya.

Ns Hartati Ambarwati S.Kep, Petugas PMI Kotawaringin Barat mengapresiasi donor darah di Tasik Mas Estate ini. Menurutnya donor darah dengan sistem jemput bola seperti ini bisa menjadi terobosan. Sehingga siapa saja yang ingin mendonorkan darahnya tidak perlu mendatangi kantor PMI. "Saya senang mendapatkan partner seperti Yayasan Tzu Chi ini yang selalu aktif menghubungi kami untuk bersama-sama menyelamatkan orang melalui darah. Sangat jarang di Kalimantan ini kesadaran orang untuk menyumbang seperti ini. Saya justru sedih jika melihat ada orang yang tidak lulus screening, sementara sangat berniat mendonorkan darahnya,” ujarnya.

Aurora Goesman, Duta Dharma Wanita Wilayah Kalimantan-Papua sedang mengecek tensi sebagai persyaratan berdonor darah.

Proses pengecekan kesehatan sebelum melakukan donor darah.

Karyawan dan warga yang dinyatakan lulus screening diliputi kebahagiaan. Mereka segera mengambil tempat untuk antre menunggu giliran. Tapi tak sedikit yang kecewa karena belum lulus screening awal.  "Suami saya sudah persiapan dengan tidak makan yang aneh-aneh, tidak minum obat supaya kami berdua bisa sama-sama mendonorkan darahnya, tapi HB suami saya malah sedang naik sehingga tidak bisa donor. Semoga di kesempatan selanjutnya kami bisa donor berdua walaupun kali ini hanya saya yang bisa donor ya,” ucap Marsini Susilowati.

Kebahagiaan berdonor dirasakan Yudhi Wicaksono. Ia yang sebentar lagi akan mutasi ke Riau bersyukur bisa berkesempatan mendonorkan darahnya. "Ini adalah donor darah terakhir saya di Xie Li Kalteng 1 karena saya akan segera mutasi ke Riau. Mudah-mudahan di sana Xie Li-nya seperti di sini yang aktif berbagai macam kegiatan dan yang paling utama saya bisa mendonorkan darah seperti di sini," ujar Yudhi Wicaksono dengan penuh harapan.

Kebahagiaan tampak dirasakan relawan saat berdonor darah.

Pada saat evaluasi, Ridwan Ashari, Ketua Xie Li Kalteng 1 menyampaikan bahwa donor darah ini harus tetap berkelanjutan bahkan lebih baik bila perlu target kantong yang disumbangkan lebih banyak dan terus meningkat. “Darah ini ibarat emas merah yang dapat menyelamatkan kehidupan jangan lelah teruslah menebar kebaikan dan cinta kasih,” pungkasnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Setetes Darah untuk Sejuta Harapan

Setetes Darah untuk Sejuta Harapan

31 Mei 2023

Mendukung ketersediaan stok darah di PMI, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas yang ada di Xie Li Downstream Marunda menggelar donor darah pada (17/5/2023). 

Berbuat Kebajikan Melalui Donor Darah

Berbuat Kebajikan Melalui Donor Darah

25 Mei 2018

Pada Minggu, 20 Mei 2018, Tzu Chi Pekanbaru kembali menggelar kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Pekanbaru. Kegiatan ini pun berhasil mengumpulkan 87 kantong darah.


Berbagi Melalui Donor Darah

Berbagi Melalui Donor Darah

09 Mei 2012 Kegiatan donor darah yang dilakukan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi kantor perwakilan Medan, bertempat di Kantor Sekretariat Tzu Chi Medan Cemara Asri, pada tanggal 22 April 2012.
Tiga faktor utama untuk menyehatkan batin adalah: bersikap optimis, penuh pengertian, dan memiliki cinta kasih.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -