Galang Dana untuk 3.000 Rumah di Palu dan Lombok

Jurnalis : Rosalina Rita (He Qi Pusat), Fotografer : Oei Lee Biek (He Qi Pusat)


Anak-anak pun turut berpartisipasi dalam penggalangan dana untuk membangun 3000 rumah di Palu dan Lombok.

Relawan Tzu Chi di Pademangan, Jakarta Utara pada Sabtu dan Minggu, 03 & 04 November 2018, mengadakan penggalangan Dana Cinta Kasih untuk 3.000 rumah di Palu dan Lombok. Galang dana ini dilakukan di wilayah Pademangan yang meliputi RW 07, RW 12, RW 11, sebagian RW 05 dan RW 10 serta di sekitar Pasar Nalo wilayah Pademangan Barat. Pademangan sendiri merupakan wilayah binaan Tzu Chi, di mana wilayah ini merupakan wilayah terbesar yang pernah di bedah rumahnya.

Tepat pukul 10.00 WIB, seluruh relawan berkumpul di Kantor Kecamatan Pademangan di jalan Budi Mulia Raya. Mereka membagi kelompok menjadi dua, di mana setiap kelompok dibagi lagi masing-masing 2 dua orang. Relawan menggalang dana di toko-toko sepanjang jalan Budi Mulia Raya di sisi kiri dan kanan. Kondisi jalanan kala itu cukup padat dan galang dana pun berakhir pada pukul 14.00 WIB.


Masyarakat di sekitar Pademangan pun turut berpartisipasi memberikan donasi cinta kasih untuk pembangunan 3.000 rumah di Palu dan Lombok.


Penggalangan dana dilakukan di Pasar Nalo, pasar yang berada di wilayah Pademangan.

Dalam penggalangan dana di wilayah Pademangan ini toko-toko yang dikunjungi meliputi warung makan, toko tambal ban, toko alat-alat tulis, salon, restoran, pedagang jus, pedagang cilok, toko furniture, dan banyak lagi lainnya.

Dalam penggalangan dana ini, relawan juga memperkenalkan tentang misi Tzu Chi untuk menggalang dana membangun 3. 000 rumah untuk Palu dan Lombok. Dalam penggalangan dana ini tidak hanya orang dewasa, anak anak juga ikut berpartisipasi memberikan donasi dengan inisiatif mereka sendiri agar dapat membantu warga Palu dan Lombok. Ada juga anak-anak yang meminta uang kepada orang tua dan mendonasikan ke kotak kotak yang dibawa oleh para relawan.


Relawan juga menggalang dana ke tempat pencucian baju atau laundry.


Relawan berfoto bersama sebelum memulai berkeliling untuk menggalang dana di sekitar wilayah Pademangan.

Relawan sendiri sangat bahagia dapat bersumbangsih membantu penggalangan dana bagi pembangunan 3. 000 rumah di Palu dan Lombok. Ada 15 relawan yang berpartisipasi kali ini.

Editor: Khusnul Khotimah


Artikel Terkait

Membangun Harapan Melalui Celengan Cinta Kasih

Membangun Harapan Melalui Celengan Cinta Kasih

22 November 2018

Pembangunan 3.000 rumah bagi warga korban gempa bumi di Palu dan Lombok memerlukan dana yang sangat banyak. Hal ini membangkitkan semangat relawan Tzu Chi di Tanjung Balai Karimun untuk mengumpulkan dana dari berbagai tempat dengan sangat antusias. Dana yang dikumpulkan pun dapat berupa pengumpulan celengan cinta kasih.

Turut Memulihkan Kembali Kehidupan Korban Bencana

Turut Memulihkan Kembali Kehidupan Korban Bencana

26 Oktober 2018

Sejak MoU tentang pembangunan 3.000 unit rumah bagi korban gempa Lombok dan Palu ditandatangani, insan Tzu Chi bergerak mengajak masyarakat umum turut berdonasi. Di komunitas relawan Tzu Chi di He Qi Pusat, selama dua hari, 20-21 Oktober 2018, mereka menggalang dana di pusat perbelanjaan yang ramai dengan pengunjung.

Gempa Palu: Warga Palu Tak Sendirian

Gempa Palu: Warga Palu Tak Sendirian

11 Oktober 2018

Melalui penggalangan dana untuk yang kesekian kali bagi warga korban gempa dan tsunami Palu, murid serta guru Sekolah Tzu Chi Indonesia ingin menyampaikan bahwa warga Palu tidak sendirian. Hari ini (11/10) giliran murid-murid dari unit secondary mulai dari kelas 7 hingga 12 dan sekitar 70 guru menghimpun dana untuk membantu para korban.

Orang yang berjiwa besar akan merasakan luasnya dunia dan ia dapat diterima oleh siapa saja!
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -