Gathering Relawan Misi Amal, Bukan Gathering Biasa

Jurnalis : Khusnul Khotimah , Fotografer : Khusnul Khotimah


Kristin dan Rina dari Badan Misi Bakti Amal membacakan puisi berjudul Sukacita dalam Melayani.

Para relawan yang tiada kenal lelah
Para relawan yang tiada berhenti melangkah
Para relawan yang tidak kenal panas dan hujan
Para relawan yang tiada henti bersumbangsih
 
Para relawan yang meneteskan air mata melihat penderitaan
Para relawan yang khawatir terhadap mereka yang bukan sedarah
Para relawan tersenyum lebar melihat mereka mandiri dan sukses
Para relawan yang selalu ada untuk mereka
 
Gan En adanya Shigu yang terus mendampingi
Gan En adanya Shibo yang terus mendukung
Gan En adanya Shijie yang terus memperhatikan
Gan En adanya Shixiong yang terus melangkah bersama
Gan En adanya Anda sekalian
 
Mari kita bersatu hati menuju Misi dan Visi Tzu Chi
Mari kita terus bergandengan tangan dalam menjalankan Misi Amal
Mari kita terus berkarya dalam membantu lebih banyak orang yang membutuhkan
Mari kita terus membawa berkah untuk diri kita dan sekitar karena kita satu keluarga
 
Puisi berjudul Sukacita dalam Melayani ditulis oleh Rina, staf badan misi Bakti Amal. Ia membacakan puisi itu bersama Kristin yang juga staf Bakti Amal dengan penuh penghayatan pada Gathering Relawan Misi Amal, Sabtu 18 November 2023. Sebuah puisi untuk mengapreasiasi totalitas dan ketulusan para relawan Misi Amal dalam membantu dan mendampingi masyarakat yang tengah dalam kesulitan.



Para relawan tampak happy mengikuti gathering Misi Amal yang berdurasi empat jam tersebut.

Sukacita dalam Melayani juga menjadi tema gathering ini, dihadiri 134 peserta dari perwakilan tujuh komunitas He Qi di Jakarta. Gathering yang dihelat Bakti Amal ini semacam penyegaran bagi relawan yang fokus di Misi Amal Tzu Chi. Acara dikemas sangat fun, namun kental dengan pelajaran hidup.

“Dari games Angin Berhembus ini juga melatih ketahanan kita karena begitu mau ganti kelompok kita kan harus langsung cari, harus sigap mencari kelompok kita. Jadi kita tidak pasif, duduk, atau berdiri menunggu orang cari kita. Jadi bagaimana kita bisa membantu orang kalau kita hanya pasif. Kita harus selalu menjemput bola istilahnya,” tutur Eli Widjaja, relawan Misi Amal di He Qi Barat 2 dengan raut wajahnya yang selalu bersemangat.

Di Games Angin Berhembus yang dibawakan Michelle dari Bakti Amal, para relawan ditantang untuk dengan cepat berkumpul dengan para relawan lain yang memiliki kesamaan. Misalnya yang ukuran bajunya sama, atau yang shio-nya sama, atau juga yang sama-sama memakai kacamata.

Tema Sukacita dalam Melayani, sangatlah pas di hati Elly. “Sangat kena di hati kami karena memang kalau kita bisa melayani dengan sukacita tidak akan ada kesusahan ataupun tidak capek. Memang capek iya kita kalau di Tzu Chi mengerjakan semua kegiatan, tapi karena ada sukacita di sana kita bisa dengan happy, pulang ke rumah dengan happy,” tambahnya.

Elly sendiri bergabung menjadi relawan Tzu Chi pada November 2008 dan sudah 15 tahun berkecimpung di misi amal. Sekian lama menjalankan misi amal, tak terbersit sedikitpun niat untuk berhenti. Tak lain karena ia selalu menjalaninya dengan sukacita.

Banyak edukasi yang didapat Elly Widjaja (dua dari kiri) dari gathering yang diadakan Bakti Amal ini.

Veriyanto (paling kanan) saat Games Angin Berhembus.

Tak hanya Games yang bikin para relawan bergembira, drama yang ditampilkan tim Bakti Amal juga mengocok perut. Namun tentu banyak sisi edukasinya. Terutama bagi para relawan yang masih  baru, jadi makin paham mekanisme pengajuan bantuan. Drama ini juga sekali lagi menunjukkan pada relawan bahwa sumbangsih mereka telah berdampak besar bagi orang lain.

“Drama yang dibawakan hidup sekali, dengan drama relawan dapat ilmu, juga terhibur, karena ada canda tawa, jadi lihatnya enggak tegang. Kadang-kadang drama itu sedih bagaimana, seolah-seolah kita sangat sedih dan sebagainya, kalau ini kan ada tawa candanya. Jadi sangat bervariasi sehingga kita nonton dramanya itu tidak ngantuk,” kata Veriyanto Ketua Xie Li Cikarang yang merupakan bagian dari He Qi Pusat.

Veriyanto datang bersama empat rekannya di Xie Li Cikarang. Pagi- pagi sekali mereka berangkat ke Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk dan tiba pada pukul 7.30 WIB. Tak rugi, Veriyanto dan para relawan mendapat banyak edukasi. Semangatnya untuk menjalankan Misi Amal pun bertambah. Semangat ini juga yang akan ia tularkan ke relawan lainnya di Cikarang.

“Dengan gathering misi amal ini juga memupuk persaudaraan yang mana kami berkumpul semua relawan yang fokus pada misi amal. Mendengarkan juga materi Shixiong Wie siong tentang mekanisme misi amal,” tambahnya.  

Sekilas cerita tentang Veriyanto, ia bergabung menjadi relawan Tzu Chi pada tahun 2012. Enam bulan kemudian ia bergabung di tim Misi Amal. Pada tahun 2017, Tzu Chi Indonesia dan TIMA Indonesia menggelar baksos kesehatan berskala besar di Rumah Sakit Sentra Medika Cikarang. Rupanya melalui baksos ini banyak yang tertarik untuk bergabung menjadi relawan Tzu Chi karena melihat apa yang dilakukan Tzu Chi menyentuh hati mereka. Sebanyak 30 orang pun bergabung menjadi relawan dan mengikuti training Abu Putih. Pada tahun 2017 itulah terbentuk komunitas Xie Li Cikarang.

Tahun bertambah tahun tim misi amal Xie Li Cikarang yang tadinya hanya dua orang, dengan terbentuknya Xie Li kemudian berkembang menjadi 4 tim yang satu timnya terdiri dari 3-4 relawan. Di 2023 ini, tim Misi Amal Xie li Cikarang terus berkembang menjadi 7 tim.



Wie Sioeng mengingatkan kembali empat prinsip dalam menjalankan Misi Amal, yakni benar, tulus, yakin, dan jujur.

Pada paparannya, Wie Siong, Fungsionaris Misi Amal Tzu Chi Indonesia mengingatkan kembali empat prinsip dalam bersumbangsih atau menjalankan Misi Amal, yakni benar, tulus, yakin, dan jujur.

“Dengan itu kita akan enjoy, kita tidak akan ada masalah dan kita tahu bahwa dalam proses sumbangsih kita atau berkegiatan di misi amal Tzu Chi, kita itu membantu orang, sekaligus belajar tentang kesabaran. Otomatis jam terbang kita makin tinggi, wawasan kita makin luas, dan yang terpenting lagi makin banyak orang yang bisa kita bantu, sesuai kebutuhan.” terangnya.

Wie Sioeng juga mengingatkan bahwa relawan adalah bagian dari kepanjangan cinta kasih dan welas asih Master Cheng Yen yang menyebarkan bibit-bibit kebaikan, bibit-bibit ketulusan dalam pelayanan dan pemberian bantuan kepada mereka yang menderita.



Drama ditampilkan tim Bakti Amal, bercerita tentang kehidupan sebuah keluarga yang kualitas hidupnya menjadi semakin baik setelah dibantu dan didampingi oleh para relawan Tzu Chi di misi amal.


Tim Bakti Amal sekarang ini diisi oleh banyak anak muda yang penuh inovasi, kreatif, dan juga cekatan. Realisasi bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan pun juga makin cepat.

Berhasil mempersembahkan gathering yang fresh dan diterima dengan sangat baik oleh para relawan misi Amal, membuat Yully Kusnadi, Kepala Departemen Bakti Amal bersyukur. Acara ini ia siapkan bersama timnya secara intens sejak dua bulan yang lalu, termasuk berlatih drama.

“Drama ini ingin mengingatkan bahwa iniloh alasan kenapa kita melayani di Tzu Chi. Bahwa ada orang-orang yang tersentuh kehidupannya oleh kegiatan kita, oleh cinta kasih kita, dan mereka terubah. Di drama itu Ibu Saminah anaknya yang tadi tidak sekolah jadi sekolah. Lalu kami juga buat kompilasi video para penerima bantuan, seperti William yang tadinya tak bisa jalan sekarang sudah bisa jalan. Ibu Siti yang merindukan jalan dapat bantuan kaki palsu. Ada yang tak bisa dengar dibantu implant koklea jadi bisa dengar,” terang Yully.

Kesuksesan gathering ini rupanya didukung oleh berbagai pihak, misalnya Hery dari divisi finance yang menjadi operator, ada juga dari DAAI TV yang mendukung dari segi makanan.

“Kalau gathering itu lebih ke arah setiap orang itu butuh refreshing. Tapi refreshing yang warnanya Tzu Chi, makanya tadi ada sharing folosofi Tzu Chi, ceramah Master Cheng Yen, diingatkan kembali kenapa kita itu melayani di Tzu Chi. Motivasi yang mula-mula pertama kali gabung itu yang mau kita suntikkan kembali kepada relawan senior, dan yang baru gabung jadi mengerti,” pungkas Yuli.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Gathering Relawan Misi Amal, Bukan Gathering Biasa

Gathering Relawan Misi Amal, Bukan Gathering Biasa

22 November 2023

Puisi berjudul Sukacita dalam Melayani dibacakan Rina dan Kristin dari staf Bakti Amal dengan penuh penghayatan pada Gathering Relawan Misi Amal, Sabtu 18 November 2023. Sebuah puisi untuk mengapreasiasi totalitas dan ketulusan para relawan Misi Amal dalam membantu dan mendampingi masyarakat yang tengah dalam kesulitan.

Hanya dengan mengenal puas dan tahu bersyukur, kehidupan manusia akan bisa berbahagia.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -