Gubernur Kalimantan Timur Apresiasi Kerja Kemanusiaan Tzu Chi Sinar Mas

Jurnalis : Tirza Ulina Jahrent (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Dokumentasi Xie Li Kaltim 1

John Oberlin Damanik menjelaskan program sosial yang dijalankan relawan Tzu Chi Sinar Mas untuk masyarakat sekitar operasional.


Apa yang kita lakukan hari ini adalah sejarah untuk hari esok”.
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor melakukan kunjungan kerja ke Kantor Manajamen Sinar Mas PT Tapian Nadenggan dan PT Kresna Duta Agroindo  di Desa Jak luay, Kecamatan Muara Wahau, Kutai Timur,  Kalimantan Timur pada Rabu (23/8/23). Kunjungan ini sebagai cara untuk menjaga silaturahmi antara pemerintah daerah dengan Manajemen Sinar Mas. Dalam kunjungan ini Gubernur didampingi Bupati Kutai Timur (Ardiansyah Sulaiman), Wakil Bupati (Kasmidi Bulang), Sekretaris Daerah Kalimantan Timur (Sri Wahyuni) dan beserta sejumlah OPD Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Gubernur Isran Noor mencicipi olahan toga yang sudah disiapkan relawan Dharma Wanita.

Sarah Fonna, relawan Dharma Wanita menyerahkan buah tangan hasil kreasi relawan.

Kegiatan ini pun disambut antusias oleh seluruh relawan yang ada di Xie Li Kalimantan Timur 1 maupun Xie Li Kalimantan Timur 2 selaku tuan rumah. John O. Damanik,  selaku Region Controller (RC) dan Ketua Xie Li Kalimantan Timur 1 memberikan pemaparan tentang implementasi CSR melalui kegiatan sosial yang telah dilaksanakan oleh Tzu Chi Cabang Sinar Mas, yang meliputi bidang amal, kesehatan, pendidikan, dan lainnya. Gubernur sangat mengapresiasi kerja sosial yang telah dilakukan relawan. “Bagus, Excellent, Lanjutkan,” ucapnya usai menyaksikan pemaparan dari Manajemen Sinar Mas.

Relawan Dharma Wanita (Dhawa) Xie Li Kalimantan Timur 1 dan 2 juga turut menyambut kedatangan gubernur dan rombongan. Para relawan menyiapkan hasil olahan toga yang telah dibuat dari unit masing-masing, demi memperkenalkan kepada pemerintah daerah tentang betapa berfungsinya penanaman dan pelestarian toga. Sehingga kelak ketika tanaman panen akan menghasilkan suatu olahan toga yang bermanfaat pula.

Ragam hasil olahan relawan Dharma Wanita.

Penyerahan bingkisan untuk siswa berprestasi akademik dan non-akademik.

Adapun hasil olahan toga yang dibuat secara home made oleh para relawan Dhawa seperti peyek daun kencur, dodol Jahe, gula semut jahe, sambal goreng kacang vegetarian, saraba bubuk, jus kemangi, jus belimbing wuluh, sirup belimbing wuluh, timung Mandi, lulur mandi kembang desa, dan  berbagai hasil kreasi rumah pintar.

Di akhir kunjungan, Gubernur Isran Noor berpesan agar komitmen CSR ini harus terus dilanjutkan, sehingga perusahaan tidak hanya beroperasi untuk mengejar keuntungan korporasi, tetapi juga bertanggung jawab untuk meninggalkan misi sosial perusahaan kepada lingkungan sekitarnya.  Agar setiap masyarakat yang ada di sekitar lingkungan dapat terus merasakan uluran tangan dari pihak manajemen Sinar Mas. Tidak lupa, gubernur juga menyerahkan bantuan berupa bingkisan kepada para siswa berprestasi, baik dalam bidang akademik maupun non akademik dari SMP Eka Tjipta Jak Luay.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Kunjungan Tzu Chi Malaysia: Menggali Lebih Dalam

Kunjungan Tzu Chi Malaysia: Menggali Lebih Dalam

18 Maret 2016

Selama tiga hari, 14-16 Maret 2016, Tzu Chi Indonesia kedatangan 31 tamu dari Tzu Chi Malaysia yang terdiri dari 28 orang yang tergabung dalam tim pendidikan dan 3 dokter. Latar belakangnya, Tzu Chi Malaysia sedang merencanakan pembangunan sekolah internasional untuk tingkat sekolah dasar dan menengah yang rencananya akan dimulai dua tahun mendatang.

Menghimpun Keceriaan di Jagabita

Menghimpun Keceriaan di Jagabita

10 Agustus 2017

Rabu, 9 Agustus 2017, 47 anggota Tzu Ching dari Taiwan, Malaysia, dan Indonesia mengunjungi para penerima bantuan bedah rumah Tzu Chi di Desa Jagabita, Parung Panjang, Bogor. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan berinteraksi langsung dengan para penerima bantuan.

Mantap Menjadi Relawan TIMA Bandung

Mantap Menjadi Relawan TIMA Bandung

25 Juli 2022

TIMA Bandung mengajak 30 calon anggota barunya berkunjung ke Aula Jing Si, di Tzu Chi Center PIK, Jakarta. Di sini mereka diperkenalkan tentang Tzu Chi melalui tur Aula Jing Si dan Tzu Chi Hospital.

Kehidupan masa lampau seseorang tidak perlu dipermasalahkan, yang terpenting adalah bagaimana ia menjalankan kehidupannya saat ini.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -