Gubernur Sumut Sukses Ikuti Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh

Jurnalis : Grace Kolin (Tzu Chi Medan), Fotografer : Lukman (Tzu Chi Medan)

Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi menjalani pengukuran tekanan darah oleh tim TIMA. Pemeriksaan meliputi tekanan darah, berat dan tinggi badan, serta pengambilan sampel darah oleh tim medis Laboratorium RS. Bunda Thamrin Medan.

Pada hari ini tanggal 12 Desember 2021, Gubernur sumatra Utara, Edy Rahmayadi berhasil mengikuti putaran ketiga Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh (Wholefood Vegan Diet) yang digelar oleh relawan Tzu Chi Medan. Program ini berjalan selama 21 hari, mulai dari 21 November 2021 hingga 12 Desember 2021 yang diikuti oleh 96 peserta.

Selain Edy Rahmayadi, dan sang istri, Nawal Edy Rahmayadi juga sukses menjalankan program 21 Hari Diet Nabati Utuh. Selama mengikuti program ini, Edy Rahmayadi dan istri menjalankan pola makanan sehat, lezat dengan gizi seimbang.

Program 21 Hari Diet Nabati dengan syarat, yakni vegan, wholefood, tanpa gorengan, tanpa processed food, tanpa bumbu penyedap tambahan, tanpa gula, sedikit garam dan minim minyak. Selain itu, kondisi kesehatan Edy Rahmayadi dan istri dan peserta juga diawasi oleh tim Tzu Chi International Medical Association (TIMA) sebagai pemerhati program.

Seusai berakhirnya program 21 Hari Diet Nabati Utuh, Edy Rahmayadi dan istri menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim TIMA di Rumah Dinas Gubernur pada 12 Desember 2021. Pemeriksaan itu meliputi tekanan darah, berat dan tinggi badan, serta pengambilan sampel darah oleh tim medis Laboratorium Klinik RS. Bunda Thamrin Medan.

Kepada relawan Tzu Chi Medan, Edy Rahmayadi menuturkan manfaat positif yang dia peroleh usai menjalankan Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh. “Saya makin sehat, karena makan terjaga, makan teratur, tidak mengonsumsi minyak-minyak, tidak mengonsumsi gula, sehingga vegan oke, 21 hari terasa badan menjadi makin lebih nyaman.”

Relawan Tzu Chi Medan dam tim TIMA bersyukur dan bangga atas partisipasi dan komitmen Edy Rahmayadi dan Ibu Nawal Edy Rahmayadi dalam mempertahankan diet vegan utuh dan mengikuti program sampai selesai di tengah padatnya aktivitas.

Pemeriksaan kesehatan ini juga meliputi pemeriksaan darah lengkap, fungsi hati (SGOT, SGPT), fungsi ginjal (ureum, kreatinina), asam urat, profil lipid (kolesterol total, HDL, LDL, Trigliserida) dan gula darah puasa.

Selain itu, dilakukan pengambilan foto postur peserta (hadap depan dan hadap samping). Dari hasil pengecekan kesehatan, Ita, apoteker dari TIMA mengungkapkan kondisi Gubernur Sumut beserta istri yang mengalami perubahan positif dari sisi kesehatan.

“Khususnya Ibu itu bahagia banget, wajahnya jadi lebih bersih, badannya tidak pegal-pegal lagi, semuanya enak. Dari Ibu, lingkar pinggang agak mencolok dan tensinya juga menurun” ujar Ita.

Kedepannya, Gubernur Sumut dan istri tertarik untuk mengikuti putaran keempat Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh (Wholefood Vegan Diet) yang akan kembali digelar oleh relawan Tzu Chi Medan pada bulan Januari 2022 mendatang.

“Kalau itu menjadikan baik dan menjadi sehat, dan tidak mengganggu aktivitas kegiatan, why not?” tegas Edy Rahmayadi.

Edy berpesan kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Sumatra Utara untuk senantiasa menjaga pola makan, mengendalikan nafsu makan serta giat berolahraga.  

Tim Medis dari RS. Bunda Thamrin dan TIMA Medan sedang mengambil sampel darah Ibu Nawal Edy Rahmayadi. Kedepannya, Gubernur Sumut dan istri tertarik untuk mengikuti putaran keempat Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh (Wholefood Vegan Diet) yang akan kembali digelar oleh relawan Tzu Chi Medan pada awal bulan Januari 2022 mendatang.


Sylvia Chuwardi, kordinator kegiatan merasa senang dan bersyukur atas partisipasi dan keberhasilan Gubernur sumatra Utara dan istri dalam mengikuti Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh ini dengan sempurna. Sylvia sangat bangga dengan komitmen Gubernur sumatra Utara dan istri dalam mempertahankan diet vegan utuh dan mengikuti program sampai selesai di tengah padatnya aktivitas.

Becermin dari kisah sukses tokoh masyarakat seperti Gubernur sumatra Utara dan istri dalam mengikuti tantangan pola makan vegetaris, Sylvia berharap masyarakat akan makin peduli dengan kesehatan.

“Kesehatan itu adalah berkah. Jadi, seperti yang selalu dikatakan oleh Master Cheng Yen, jangan kita sendiri saja yang mendapatkan manfaat yang baik tetapi, setelah kita mendapatkan manfaat yang baik, kita harus memberikan manfaat kepada orang lain.

Jadi kita harus sosialisasi lebih banyak orang untuk hidup dengan dengan pola makan yang sehat, diet vegan utuh ini” tutur Sylvia. Batch 4 Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh akan kembali dibuka pada periode 2 Januari hingga 22 Januari 2022, bagi yang berminat dapat menghubungi relawan komunitas masing-masing.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh: You Are What You Eat, Bukanlah Istilah Belaka

Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh: You Are What You Eat, Bukanlah Istilah Belaka

07 Desember 2021

Pernah dengar istilah you are what you eat? Kata-kata itu bukan sekadar istilah loh, tapi memang makanan lah yang menentukan apa yang terjadi dalam tubuh Anda selanjutnya.

Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh: “Inilah Aku yang Baru”

Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh: “Inilah Aku yang Baru”

02 Desember 2021

Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh yang diadakan Tzu Chi Indonesia sejak 6-26 November 2021 memberikan hasil signifikan pada kondisi kesehatan 114 pesertanya.

Gubernur Sumut Sukses Ikuti Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh

Gubernur Sumut Sukses Ikuti Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh

13 Desember 2021

Gubernur sumatra Utara, Edy Rahmayadi berhasil mengikuti putaran ketiga Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh yang digelar oleh relawan Tzu Chi Medan.

Kita hendaknya bisa menyadari, menghargai, dan terus menanam berkah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -