Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh: Tim Dapur Tzu Chi Center yang Luar Biasa

Jurnalis : Khusnul Khotimah, Fotografer : Anand Yahya, Khusnul Khotimah

Dr. Susianto, MKM. Mendampingi Tim Konsumsi menyiapkan makanan dalam program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh.

Jam dinding baru menunjukkan pukul 4 pagi. Namun satu persatu Tim Konsumsi sudah tiba di dapur Tzu Chi Center PIK. Mereka segera menyiapkan lima menu untuk makan siang dan makan malam, serta satu dessert bagi 114 peserta. Begitulah suasana dapur Tzu Chi Center selama program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh yang digelar Tzu Chi Indonesia pada 6 – 26 November 2021 lalu.

Kesuksesan program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh memang tak lepas dari peran Tim Konsumsi yang digawangi Apit Utomo. Dengan kesungguhan mereka, para peserta bisa menyantap sajian vegan kaya nutrisi sehingga memberikan hasil yang baik sebagaimana hasil medical check up yang sudah mereka terima.

Bagi Betsy, TIM QC mesti fokus pada kualitas serta gizi seimbang yang terkandung dalam makanan.

Semua makanan yang disajikan sudah melalui konsultasi dengan pakar gizi Dr. Susianto, MKM. Makanan tersebut diolah dengan sangat mengurangi minyak, garam, dan gula. Tentu tidak mudah, hebatnya masakan tetap terasa enak bahkan bagi peserta yang belum biasa dengan makanan vegetarian sekalipun.

“Terima kasih kepada Doktor Susianto yang sudah membimbing kami sehingga kami bisa memasak begitu penuh gizi dan bervariasi,” tutur Apit Utomo.

Untuk dessert, Tim konsumsi juga dituntut untuk kreatif membuat dessert yang enak dan sehat. Sekali lagi tanpa gula maupun tepung. Semua itu dimasak sendiri di dapur Kantin Tzu Chi Center.

Tim Quality Control
Selain tentang gizi, Hartini juga jadi lebih kreatif lagi dalam hal bentuk penampilan makanan yang memang penting.

Di dalam Tim Konsumsi, terdapat juga tim QC (Quality Control) yang memastikan kualitas, kuantitas, serta tampilan makanan yang disajikan dalam kotak makan. Ketika peserta membuka kotak makan mereka, selera makan mereka pun tergugah.

“Saya tentu senang dan bahagia mempunyai kesempatan terjun ke dalam satu teamwork yang solid yang bisa membagi sesuatu yang berguna untuk orang lain. Kalau saya tidak terjun di sini belum tentu bisa lebih mengerti. Pengalaman kami jadi lebih luas lagi, oh ini yang disebut makanan sehat, ini yang boleh, ini yang tidak boleh, penuh syukur bisa dapat berkah untuk menjalaninya,” katanya.

Salah satu dessert dalam program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh.

Begitu juga dengan Hartini, tim QC lainnya. Mendapat tugas sebagi Tim QC menambah wawasannya tentang makanan sehat.

“Di sini saya bisa melihat, mempelajari, apalagi dengan arahan seorang doktor gizi. Saya jadi tahu bagaimana mengkombinasikan makanan sehat itu ada biji-bjian, kacang-kacangan, tahu dan tempe yang juga sehat. Dan dengan makan yang sesuai porsinya juga kenyang, tidak lapar seperti diet pada umumnya,” kata Hartini.

Betsy dan juga Hartini merasa sangat senang, para peserta mendapatkan hasil medical check up yang rata-rata sangat bagus. Kesibukan dan totalitas dalam menjalankan tugas sebagi tim QC seperti terbayarkan lunas. Mereka berharap para peserta dapat membagikan pengalaman mereka selama menjalani program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh kepada orang-orang di sekitar mereka.

“Ternyata ini berhasil dan sangat berguna bagi seseorang yang mau menjalani pola sehat. Secara tidak langsung selain untuk membentuk kesehatan yang bagus, kita juga memelihara kesehatan bumi. Jadi penuh syukur berkah kami mendapat kesempatan ini,” pungkas Betsy.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Selesainya Putaran Ke-8 Tantangan 21 Hari Diet Vegan Nabati Tzu Chi Medan

Selesainya Putaran Ke-8 Tantangan 21 Hari Diet Vegan Nabati Tzu Chi Medan

14 Juli 2022

Program Tantangan 21 Hari Diet Vegan Nabati Tzu Chi Medan putaran ke-8 (12 Juni-2 Juli 2022) telah selesai dan diikuti oleh 14 peserta.

Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh: Tim Dapur Tzu Chi Center yang Luar Biasa

Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh: Tim Dapur Tzu Chi Center yang Luar Biasa

07 Desember 2021

Kesuksesan program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh memang tak lepas dari peran Tim Konsumsi yang digawangi Apit Utomo.

Gubernur Sumut Sukses Ikuti Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh

Gubernur Sumut Sukses Ikuti Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh

13 Desember 2021

Gubernur sumatra Utara, Edy Rahmayadi berhasil mengikuti putaran ketiga Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh yang digelar oleh relawan Tzu Chi Medan.

Jika selalu mempunyai keinginan untuk belajar, maka setiap waktu dan tempat adalah kesempatan untuk mendapatkan pendidikan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -