Hari Bahagia bagi Warga Sentani

Jurnalis : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak), Fotografer : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak)

Suasana peresmian Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Sentani. Tampak Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw S.E, M.Si. menandatangani berita acara disaksikan oleh relawan Tzu Chi komunitas Hu Ai Papua dan Papua Barat, perwakilan dari BNPB, dan tamu undangan.

Hari Kamis, 9 September 2021 menjadi hari yang terindah bagi Mama Since Monim (37), salah satu korban banjir bandang Sentani pada 16 Maret 2019 yang lalu. Pada saat kejadian, rumahnya hanyut tersapu oleh air yang meluap dari Kali Kemiri. Setelah diverifikasi oleh tim BNPB Kabupaten Jayapura dan Pemkab Jayapura, Mama Since Monim pun menjadi salah satu penerima hunian tetap di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Sentani.

“Terima kasih kepada BNPB RI, Pemkab Jayapura, Indofood, Eka Tjipta Foundation, dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang telah memperhatikan saya sehingga bisa memiliki rumah kembali untuk bernaung tanpa dipungut biaya sedikitpun,” kata Mama Since Monim dengan penuh sukacita.

Mama Since Monim (37) berdiri di depan rumahnya di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Sentani. Kini mimpinya pun terwujud dengan mendapatkan hunian tetap dari Tzu Chi.

Susanto Pirono, Ketua Tzu Chi komunitas Hu Ai Papua dan Papua Barat menerima ucapan terima kasih dari Pemkab Jayapura karena telah membantu korban banjir bandang dengan mendirikan hunian tetap.

Ungkapan terima kasih juga dilontarkan Lister Suebu (ketua RT setempat) yang juga menjadi salah satu korban banjir bandang. “Mewakili warga, saya mengucapkan terima kasih karena bisa mendapatkan rumah secara gratis dan cuma-Cuma. Tuhan balas berkat atas dukungan bagi kami yang menjadi jawaban dan pergumulan doa kami semua,” ungkapnya.

Acara peresmian Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Sentani ini ditandai dengan pengguntingan pita, penandatanganan prasasti, penandatanganan berita acara, serah terima perumahan kepada pihak Pemda Jayapura, serta serah terima langsung kepada masyarakat secara simbolis. "Saya menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia sehingga perumahan untuk korban bencana yang sudah direncanakan bersama dapat berjalan dengan baik dan hari ini dapat diresmikan penggunaannya," ungkap Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw S.E, M.Si.

Selain meresmikan perumahan, Tzu Chi juga membagikan 320 paket sembako kepada warga Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Sentani dan warga sekitar serta 200 paket bingkisan untuk anak.

Pengerjaan proyek 300 unit rumah di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Sentani ini dimulai pada 29 september 2019 dan diresmikan penggunaannya pada 9 September 2021 sekaligus diserahkan kepada warga korban bencana banjir bandang di Sentani. “Terima kasih atas kecepatan tanggap darurat Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dalam merespon setiap bencana, itu yang diperlukan," kata H. Ali Bernadus S.Km, M.A, Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik BNPB yang juga hadir dalam kegiatan.

Dalam kegiatan ini, Susanto Pirono, Ketua Tzu Chi Hu Ai Papua dan Papua Barat juga bersyukur karena dapat membantu para korban banjir bandang di Sentani, Jayapura. “Pembangunan Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Sentani ini sebagai wujud solidaritas dan kepedulian Tzu Chi pascaterjadinya banjir bandang pada 16 Maret 2019 silam,” jelasnya disela-sela acara peresmian.

Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Sentani (tampak atas) yang dibangun Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia untuk para korban banjir bandang di Sentani, Jayapura.

Dikesempatan yang sama, Yayasan Buddha Tzu Chi juga membagikan 320 paket sembako yang terdiri dari beras,minyak goreng, kopi, gula dan susu kepada warga Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Sentani dan warga sekitar serta 200 paket bingkisan untuk anak.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Banjir Sentani: Merajut Berkah di Danau Sentani

Banjir Sentani: Merajut Berkah di Danau Sentani

02 April 2019
Setelah cuaca bersahabat, dengan  menggunakan speed boat relawan Tzu Chi menuju daerah Putali (27/03/19). Di desa di pinggiran Danau Sentani ini relawan memberikan bantuan bagi 30 warga.
Rumah Baru Menjadi Berkat Natal Bagi Warga Sentani

Rumah Baru Menjadi Berkat Natal Bagi Warga Sentani

07 Desember 2020

Sabtu 5 Desember 2020 jam 09.00 wit bertempat di perumahan cinta kaasih tzu chi sentani, diadakan kegiatan verifikasi bagi warga penerima bantuan rumah cinta kasih sentani, Jayapura Papua.

Banjir Sentani: Setiap Saat Berbuat Kebajikan

Banjir Sentani: Setiap Saat Berbuat Kebajikan

29 Maret 2019

Relawan Tzu Chi Biak dan Jayapura mengunjungi posko-posko pengungsian para korban banjir di tepian Danau Sentani, Selasa, 27 Maret 2019.

Genggamlah kesempatan untuk berbuat kebajikan. Jangan menunggu sehingga terlambat untuk melakukannya!
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -