Harmonis Mendukung Program Vaksinasi Pemerintah

Jurnalis : Nuraina Ponidjan (Tzu Chi Medan), Fotografer : Amir Tan (Tzu Chi Medan)

Kolonel CKM Dokter Suvi MARS Kakomed dari RS Putri Hijau (berdiri kiri) dan Mujianto (berdiri kanan) sedang meninjau berlangsungnya kegiatan vaksinasi.

“Bersumbangsih dengan penuh suka cita, berpartisipasi dengan rasa syukur, rasa lelah tidak akan terasa.”
Kata Perenungan Master Cheng Yen

Mendukung program vaksinasi pemerintah, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Kantor Cabang Medan bekerja sama dengan Kodam I BB mengadakan vaksinasi sejak 25 Oktober 2021 hingga 27 Oktober 2021. Vaksinasi ini merupakan vaksinasi tahap ketiga – dosis kedua yang diadakan di Sekolah Chandra Kumala dan diikuti 5.792 peserta.

Vaksinasi tahap ketiga – dosis kedua ini berjalan dengan lancar tanpa adanya kerumunan masyarakat dan semua peserta tetap wajib mengikuti protokol Kesehatan. Bagi peserta yang menggunakan masker kain, mendapatkan masker medis agar lebih terjaga. Sebelum memasuki aula sekolah, para peserta diukur suhu tubuhnya dan tangannya disemprot hand sanitizer.

Peserta vaksin berbaris memasuki ruangan tunggu menuju screening dan vaksinasi.

Nakes Kodam I BB terdiri dari team Kesdam I Bukit Barisan, RS Tentara Binjai dan Faskes Kodim 0201/ Bs.

“Kami sudah mengadakan vaksinasi sebanyak 3 tahap yaitu tahap pertama di bulan Agustus, tahap kedua di bulan September dan ini tahap ketiga di bulan Oktober. Dari pagi hingga selesai vaksinasi, alur peserta mulai dari pendataan, screening kesehatan, sampai ke vaksinator semuanya berjalan sangat lancar. Semua ini berkat kerja sama yang sangat harmonis dan saling mendukung antara para relawan Tzu Chi dengan para TNI maupun tenaga Kesehatan dari Kodam I Bukit Barisan,” ucap Mujianto, Ketua Tzu Chi Sumatera Utara.

“Semua panitia yang kami bentuk dari vaksinasi pertama hingga vaksinasi ketiga ini tidak berubah sehingga relawan sudah tahu tugas dan tanggung jawabnya, inilah yang membuat kegiatan vaksinasi ini berjalan lancar dan sangat rapi tanpa adanya antrian panjang,” tambah Timmy Jawira, koordinator vaksinasi.

Tim Tzu Chi International Medical Association (TIMA) Medan membantu Nakes di ruang vaksinator.

Kolonel CKM Dokter Suvi MARS Kakomed dari RS Putri Hijau sangat mengapresiasi terhadap kegiatan vaksinasi ini. “Kegiatan vaksinasi Sinovac dosis kedua ini berjalan dengan lancar dan aman, antusias masyarakat untuk divaksin masih tinggi. Untuk mencapai herd imunity dan Indonesia sehat, terutama untuk anak usia sekolah, dengan semakin banyak yang sudah divaksin maka kita harapkan sesegera mungkin pembelajaran dengan tatap muka segera bisa dijalankan di sekolah,” ujar dr. Suvi.

Melihat relawan Tzu Chi yang begitu semangat, beberapa perusahaan juga mengirimkan beberapa stafnya untuk membantu di bagian pendataan, di antaranya dari PT. Indako Trading Coy dan Permata Hijau Group (PHG).

“Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada PHG sehingga bisa berkontribusi menjadi relawan dalam acara vaksinasi yang diselenggarakan oleh Tzu Chi. Semoga bisa membawa manfaat dan kebaikan bagi semua masyarakat. Salam sehat buat kita semua dan semoga selalu semangat bersumbangsih di dalam masyarakat,” kata Timbul Malau, HRD Pemata Hijau Group.

Kerja sama yang harmonis antara relawan Tzu Chi dengan para tentara Kodam I Bukit Barisan.

Tim Tzu Chi International Medical Association (TIMA) Medan juga membantu tim Nakes dari Kodam I Bukit Barisan di ruangan vaksinator. Selain mengatur alur peserta vaksin, TIMA juga memperhatikan kondisi peserta setelah vaksin.

Demikianlah Kerja sama yang harmonis antara relawan Tzu Chi dengan para tentara Kodam I Bukit Barisan serta para tenaga Kesehatan dari Kesdam I BB, RS Tentara Binjai dan Faskes Kodim 0201/Bs sehingga kegiatan vaksinasi bisa berjalan dengan lancar.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Memperluas Jangkauan Vaksinasi Hingga ke Kepulauan

Memperluas Jangkauan Vaksinasi Hingga ke Kepulauan

19 November 2021

TNI Angkatan Laut bersama Tzu Chi Biak melakukan kegiatan vaksinasi di Pulau Wundi, Distrik Padaido, Biak Papua, Selasa 16 November 2021.

Mendukung Percepatan Vaksinasi Covid-19 untuk Pelajar

Mendukung Percepatan Vaksinasi Covid-19 untuk Pelajar

23 Agustus 2021

Tzu Chi Singkawang bekerjasama dengan Polres Singkawang menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 untuk siswa-siswi SMA Ignasius, Singkawang pada 14-15 Agustus 2021.

Vaksinasi Negeri Bersama Tzu Chi

Vaksinasi Negeri Bersama Tzu Chi

10 Agustus 2021

Yayasan Buddha Tzu Chi Medan bersama Kodam I/BB menyelenggarakan vaksinasi bagi seluruh warga di Kota Medan, 3-5 Agustus 2021 dengan jumlah total 5.000 pendaftar. Vaksinasi ini dilaksanakan di Sekolah Chandra Kumala, Komplek Cemara Asri, Medan.

Kita harus bisa bersikap rendah hati, namun jangan sampai meremehkan diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -