Indahnya Kasih Natal Tercermin di Tzu Chi Biak

Jurnalis : Marcopolo (Tzu Chi Biak), Fotografer : Marcopolo (Tzu Chi Biak)

doc tzu chi indonesia

Ketua panitia Michael J. Kespo mendampingi Pangkosek Hanudnas IV Marsma TNI H. Dumex Dharma, S.AP., M.Si dalam penyalaan lilin Natal pada Perayaan Natal bersama Tzu Chi dan warga Desa Dofyo Wafor, Desa Binaan Tzu Chi Biak.

Rintik hujan turun terdengar dari dalam Kantor Tzu Chi Biak, awan hitam masih terlihat sejauh mata memandang di atas kota ditambah dengan udara dingin di Sabtu, 16 Desember 2017. Akan menyenangkan apabila cuaca itu dimanfaatkan untuk beristirahat dan bersantai bersama keluarga. Namun alih-alih bersantai, relawan Tzu Chi Biak yang telah mengagendakan Perayaan Natal Bersama telah berkumpul dengan saudara-saudara mereka di Desa Dofyo Wafor, Desa Binaan Tzu Chi Biak.

Sepanjang perjalanan ke sana, relawan melihat banyaknya genangan air di beberapa tempat. Syukurlah setibanya di Dofyo Wafor, hujan telah usai sehingga memudahkan relawan untuk mempersiapkan perayaan Natal sore itu.

doc tzu chi indonesia

Sanggar Tari Manyouri Biak membawakan fragmen Natal yang sangat indah untuk menyambut khotbah Natal pada Perayaan Natal bersama 16 Desember 2017.

doc tzu chi indonesia

Warga Desa Dofyo Wafor mengikuti ibadah Natal dengan serius.

Sebelum ibadah Natal dimulai, relawan dari Sanggar Tari Manyouri Biak membawakan fragmen Natal yang sangat indah, mengantarkan para hadirin untuk lebih berkonsentrasi dan khidmat dalam menjalankan ibadah Natal ini. Dalam khotbah Natal, Pastor John Bonai Pr menyampaikan 3 hal agar damai ada di hati manusia, yaitu: sabar, mengampuni, dan kasih. Ia juga menyampaikan adanya Tzu Chi Indonesia di desa binaan, adalah wujud berbagi kasih dalam setiap ajaran agama yang telah dijalankan dan dipraktikkan secara nyata.

Ketua Penyelenggara Perayaan Natal Bersama Tzu Chi Biak Michael J. Kespo mengatakan perayaan ini adalah wujud perhatian, cinta, dan kasih sayang yang diberikan oleh Tzu Chi bagi para warga yang tinggal di pedalaman Biak. Hal yang senada juga terungkap dari Ketua Tzu Chi Biak Susanto Pirono. Ia menambahkan bahwa kiranya warga Desa Dofyo Wafor dapat memaknai peristiwa yang agung ini dengan penuh rasa syukur dan kegembiraan.

doc tzu chi indonesia

Perayaan Natal Bersama ini juga tidak hanya melibatkan relawan beragama Kristen, tetapi juga relawan yang beragama lainnya dan bersama menyanyikan lagu Satu Keluarga. Semua bergotong royong membantu kelancaran Perayaan Natal Bersama.

doc tzu chi indonesia

Perayaan Natal Bersama sore itu dilengkapi dengan pembagian paket sembako dari Tzu Chi dan Yayasan Buddha Dharma Biak.

Perayaan Natal Bersama ini juga tidak hanya melibatkan relawan beragama Kristen, tetapi juga relawan yang beragama lainnya. Semua bergotong royong membantu kelancaran Perayaan Natal Bersama. Gotong royong dan tenggang rasa merupakan warisan lehuhur yang patut dijaga serta dilestarikan sehingga Indonesia penuh kedamaian, dan tenang serta aman. Seperti apa yang relawan Tzu Chi lakukan dengan penuh kasih tanpa mengkotak-kotakan manusia berdasarkan status sosial, jabatan, suku, agama, maupun ras.

Perayaan Natal Bersama sore itu dilengkapi dengan pembagian paket sembako dari Tzu Chi dan Yayasan Buddha Dharma Biak. Paket sembako itu meliputi 20 kg beras untuk 110 keluarga dan 130 paket berbeda untuk anak-anak. Para warga desa menerimanya dengan penuh sukacita dan rasa terima kasih yang mendalam. Seperti yang dikatakan oleh Ketua Jemaat GPAB Efata Dofyo Wafor, Yakob Makuker, “Saya sangat berterima kasih karena Tzu Chi bersedia datang dan berbagi kasih Natal dengan kami.”

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Menyambut Natal Bersama Oma Opa

Menyambut Natal Bersama Oma Opa

17 Desember 2018
Pada Kamis, 13 Desember 2018, Tzu Chi Bandung mengunjungi panti Wreda Senjarawi di Jl. Jeruk No 7 Bandung. Sebanyak 8 relawan menghibur serta melayani oma dan opa dengan penuh kasih sayang layaknya orang tua sendiri. 
Natal Bersama Keluarga Tzu Chi

Natal Bersama Keluarga Tzu Chi

27 Desember 2017
Di Panti Wreda Karitas relawan biasa memberikan pijatan, mencukur rambut, dan membagikan makanan kepada para penghuninya. Namun sedikit berbeda dari biasanya, pada kunjungan yang dilakukan 21 Desember 2017 itu relawan Tzu Chi Bandung menambahkan atribut khusus untuk menyambut Natal dalam list perlengkapan.
Menyambut Natal Bersama Anak Panti Asuhan

Menyambut Natal Bersama Anak Panti Asuhan

05 Januari 2016 Natal telah tiba. Untuk menyambut Natal, Tzu Ching (relawan muda-mudi Tzu Chi) Medan mengadakan kunjungan ke Panti Asuhan Terima Kasih Abadi pada 27 Desember 2015.
Beramal bukanlah hak khusus orang kaya, melainkan wujud kasih sayang semua orang yang penuh ketulusan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -