Natal Bersama Keluarga Tzu Chi

Jurnalis : Galvan (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Galvan (Tzu Chi Bandung)

doc tzu chi indonesia

Pepeng Kuswati, relawan Tzu Chi Bandung mengajak penghuni Panti Wreda Karitas bernyanyi bersama sehingga keceriaan dan kehangatan dirasakan oleh mereka.

Jejak langkah relawan Tzu Chi yang disertai cinta kasih serta ketulusan dalam memberi selalu terwujud dalam setiap aksinya. Seperti yang dilakukan oleh Tzu Chi Bandung yang secara rutin melakukan kunjungan kasih ke Panti Wreda Karitas. Melayani dan menghibur para lansia di sana adalah tujuan dari kunjungan kasih tersebut.

Panti wreda yang dihuni oleh 31 lansia itu selalu terbuka lebar dengan kunjungan dari relawan Tzu Chi. Di tempat itu relawan biasa memberikan pijatan, mencukur rambut, membagikan makanan, dan membagikan informasi mengenai kegiatan Tzu Chi melalui Buletin bulanan Tzu Chi. Namun sedikit berbeda dari biasanya, pada kunjungan yang dilakukan 21 Desember 2017 itu relawan menambahkan atribut khusus untuk menyambut Natal dalam list perlengkapan. Di Panti Wreda Karitas, mereka akan menyambut Natal bersama.

“Setiap satu tahun sekali kami pakai topi Santa Claus, agar Natal semakin meriah sehingga suasana menjelang Natal yang dianggap sakral dan suci, bisa membawa kebahagiaan bagi semua,” kata Pepeng Kuswati, relawan Tzu Chi Bandung.

doc tzu chi indonesia

Di Panti wreda itu relawan biasa memberikan pijatan, mencukur rambut, membagikan makanan, dan membagikan informasi mengenai kegiatan Tzu Chi melalui Buletin bulanan Tzu Chi.

doc tzu chi indonesia

Masing-masing relawan menggunakan topi Santa Claus untuk memeriahkan suasana Natal.

Memanfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

Pepeng mengaku selalu ikut berbahagia ketika melihat para lansia bisa tertawa dengan kehadiran mereka. Walaupun merasa susah untuk mengatur waktu agar bisa ikut dalam kunjungan kasih, ia tetap berusaha untuk bisa hadir untuk menghibur para penghuni panti jompo tersebut. Menjalani profesi sebagai seorang pengusaha sekaligus ibu rumah tangga memang membuatnya sedikit kesulitan dalam berbagi waktu. Ia pun sebisa mungkin mengatur jadwal di mana semua bisa berjalan seiring dan harmonis.

Sejak bergabung dengan Tzu Chi, Pepeng telah banyak sekali ikut dalam kegiatan kemanusiaan Tzu Chi seperti, baksos kesehatan, menjadi relawan di bidang pendidikan, membimbing pasien Tzu Chi, dan kunjungan kasih ke panti, serta menjadi relawan di misi amal untuk membantu para pasien yang sedang dalam penanganan pihak medis. Hal tersebut dijalaninya dengan penuh syukur untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin serta membawa ketulusan dalam menyebarkan cinta kasih Tzu Chi.

doc tzu chi indonesia

Relawan Tzu Chi penuh cinta kasih dan ketulusan menolong Oma Maria yang sulit berjalan.

Waktu singkat dalam menyambut Natal pun ia manfaatkan untuk berbagi kasih bersama para lansia di Panti Wreda Karitas. Semangat cinta kasih serta ketulusan dalam memberi ia tujukan kepada para penghuni panti. Pepeng pun kerap memberikan motivasi kepada mereka yang sakit atau rindu terhadap sanak saudaranya.

Mengobati Kerinduan

Bukan hanya di Panti Wreda Karitas, kunjungan kasih menyambut Natal juga dilakukan di Rumah Pemulihan Permata, Cimahi. Panti yang dihuni sebanyak 24 lansia ini tak luput dari kasih sayang dan cinta kasih dari para relawan Tzu Chi. Kegiatan pun sama dengan apa yang ditujukan di panti Wreda Karitas.

Kebahagaian yang dirasakan oleh Oma dan Opa merupakan kebahagiaan relawan Tzu Chi juga. Relawan berharap cinta kasih yang dipersembahkan oleh para relawan Tzu Chi dapat mengobati kerinduan mereka terhadap keluarganya.

Editor: Metta Wulandari
Pepeng Kuswati, relawan Tzu Chi Bandung mengajak penghuni Panti Wreda Karitas bernyanyi bersama sehingga keceriaan dan kehangatan dirasakan oleh mereka.

Artikel Terkait

Kunjungan Kasih Untuk Opa dan Oma

Kunjungan Kasih Untuk Opa dan Oma

05 Februari 2016

Kunjungan ke Panti Sahabat Baru merupakan kegiatan rutin satu bulan sekali yang dilakukan relawan, sehingga terjalin keakraban antara relawan dan opa oma.

Berbagi Kebahagiaan Bersama Oma dan Opa

Berbagi Kebahagiaan Bersama Oma dan Opa

12 Februari 2020

Sebanyak 75 anak murid Kelas Budi Pekerti Tzu Chi Tebing Tinggi beserta relawan Tzu Chi mengunjungi oma opa di Panti Jompo Yasobas Tebing Tinggi (02/02/2020). Kegiatan ini dalam rangka merayakan Imlek bersama, sekaligus memupuk budaya berbakti dalam diri anak-anak terhadap orang tua mereka.

Kembali Berjodoh Dengan Oma dan Opa

Kembali Berjodoh Dengan Oma dan Opa

24 Juni 2014 Melihat oma dan opa yang telah duduk rapi menuggu kami dan dengan hangat menyapa kami.
Kita hendaknya bisa menyadari, menghargai, dan terus menanam berkah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -