Indahnya Tolerasi Beragama di Kabupaten Biak Numfor

Jurnalis : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak) , Fotografer : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak)

Panti Asuhan Pancasila yang berada di Perumnas Sorido Biak menjadi lokasi pertama yang dikunjungi para relawan hari itu.

Sore itu di Kantor Tzu Chi Biak tampak para relawan tengah mempersiapkan paket sembako, 8 April 2023. Para relawan ini hendak mengunjungi panti asuhan dan pondok pesantren yang berada di Kabupaten Biak Numfor. Kunjungan kasih ini bekerja sama dengan Permabuddhi, Wanita Buddhis Indonesia, Hadi Supermarket dan Maju Makmur Group. Tak hanya membagikan paket sembako, para relawan ini juga membagikan takjil atau hidangan pembuka puasa.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan Tzu Chi Biak, sebagai wujud praktik cinta kasih universal yang tidak membeda-bedakan pemeluk agama, suku dan ras. Di setiap hari-hari besar keagamaan Tzu Chi Biak hadir berbagi kasih dan perhatian.

Kunjungan kasih ini, para relawan Tzu Chi juga bekerja sama dengan Permabuddhi, Wanita Buddhis Indonesia, Hadi Supermarket dan Maju Makmur Group.

Yang pertama kali dikunjungi oleh relawan adalah Panti Asuhan Pancasila yang berada di Perumnas Sorido Biak. “Terima kasih telah menerima kami dan memberikan kesempatan dalam berbagi kasih bagi para anak-anak panti asuhan ini. Tetap rajin belajar yaagar apa yang menjadi cita-cita dapat tercapai,” ujar Susanto Pirono, Ketua Tzu Chi di Papua dan Papua Barat tersebut.

Muhammad Pinontoan, selaku Pengurus Panti Asuhan Pancasila begitu bersyukur dengan perhatian para relawan Tzu Chi kepada anak-anak asuhnya. “Kami tidak melihat banyak dan sedikitnya bantuan yang diberikan, tetapi kami sangat berterima kasih karena masih diperhatikan oleh ibu bapak bagi anak-anak kami ini,” katanya.

Tak hanya paket sembako, para relawan juga membagikan takjil atau hidangan pembuka puasa.

Setelahnya Pondok Pesantren Hidayatullah yang mendapat kunjungan berikutnya. “Kami bersyukur masih mendapatkan perhatian dan berkat bagi para anak-anak kami. Kiranya para relawan juga mendapatkan karunia dan berkat,” tutur Ustaz Abd.Kadir.

Adapun tempat ketiga yang dikunjungi para relawan adalah Pondok Pesantren DDI Babusallam. Ustaz Sukri Nu’mal sangat menghargai cinta kasih universal yang ditunjukkan para relawan Tzu Chi beserta berbagi pihak yang datang pada kunjungan kasih ini.

Para relawan saat berada di Pondok Pesantren DDI Babusallam.

“Kami sangat menghargai dan mengucap syukur karena mendapatkan kunjungan ini. Dengan adanya kegiatan ini menunjukan kepada masyarakat bahwa toleransi beragama di Kabupaten Biak Numfor sangat terjaga, terima kasih banyak atas perhatiannya kepada kami,” ungkapnya.

Kunjungan kasih ini ditujukan kepada para murid dan anak-anak yang berada di pondok pesantren dan panti asuhan yang melaksanakan ibadah puasa. Selain membagikan takjil untuk berbuka puasa juga dibagikan paket sembako untuk kebutuhan menjelang Idul Fitri. Paket total yang dibagikan antara lain Mie instan 20 karton, paket biskuit dan susu UHT 162 botol, takjil 162 paket, 11 sak (@40kg) beras dan telur ayam 42 rak untuk semua panti asuhan dan pondok pesantren.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Menciptakan Senyuman Di Atas Ketidaksempurnaan

Menciptakan Senyuman Di Atas Ketidaksempurnaan

04 Oktober 2019

Yayasan Buddha Tzu Chi Lampung mengadakan kunjungan kasih ke Sekolah Luar Biasa (SLB) Yayasan Pelita Kasih, Sukabumi, Bandar Lampung. Sebanyak 20 relawan datang untuk memberikan bingkisan dan mengadakan lomba mewarnai untuk anak-anak. Mereka sangat bahagia, hingga saat jam pulang pun masih semangat dan antusias mengikuti acara.

Mengunjungi “Orang Tua” Sendiri di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera

Mengunjungi “Orang Tua” Sendiri di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera

31 Agustus 2023

Sehari setelah gathering, relawan Xie Li Perkebunan Sinar Mas (PSM) 3 dan Kutai Barat melakukan kunjungan kasih ke Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera, Banjarbaru, Kalimantan Selatan pada, Jumat (18/8/23).

Kunjungan Kasih : Kehangatan Cinta Kasih

Kunjungan Kasih : Kehangatan Cinta Kasih

13 November 2013 Untuk mempraktikkan kata perenungan Master Cheng Yen tersebut, maka pada hari Minggu, 27 Oktober 2013, He Qi barat melakukan SMAT (Sosialisasi Misi Amal Tzu Chi) kepada Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi) yang diajak pulang ke rumah batin insan Tzu Chi, di Tzu Chi Center.
Bila sewaktu menyumbangkan tenaga kita memperoleh kegembiraan, inilah yang disebut "rela memberi dengan sukacita".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -