Internasional: Hemat Listrik dan Vegetarian

Jurnalis : Ni Ming Jun, Fotografer : Dokumentasi Tzu Chi



Keterangan : Perayaan Hari Bumi tahun ini diikuti oleh 135 negara, 5.200 kota, 2,2 milyar orang yang ikut mematikan lampu selama satu jam. Demi memperlambat gejala pemanasan global, selain mematikan lampu selama 1 jam, juga seharusnya mengurangi konsumsi sepotong daging.

Tanggal 31 Maret adalah Perayaan Hari Bumi. Tahun ini ada 135 negara, 5.200 kota, 2,2 milyar orang yang ikut mematikan lampu selama satu jam. Demi memperlambat gejala pemanasan global, selain mematikan lampu selama satu jam, juga seharusnya mengurangi konsumsi sepotong daging.

Pada tahun 2009, Worldwatch melaporkan bahwa lebih dari 51% emisi gas rumah kaca berasal dari industri peternakan, persentase yang jauh lebih besar daripada jumlah keseluruhan emisi gas rumah kaca dari industri transportasi dan pabrik.

Pejabat Biro Promosi Kesehatan pada Departemen Kesehatan Taiwan juga menyatakan kalau seorang pengendara sepeda yang makan daging lebih merusak bumi dari seorang pengendara mobil yang bervegetarian.

Jika seorang pemakan daging mengubah pola makannya menjadi vegetarian maka pengurangan emisi gas karbon dioksidanya dalam setahun akan setara dengan telah membantu bumi menanamkan 82 batang pohon, sebab untuk menghasilkan satu kilogram daging sapi akan mengeluarkan 36,4 kg gas karbondioksida.

Mengambil kalkulasi dari Dinas Lingkungan Hidup Taiwan: emisi gas karbondioksida dari menyantap seporsi steak sapi atau semangkuk mi sapi (sekitar 170 gram) adalah setara dengan menghidupkan bola lampu hemat listrik selama 16,7 jam atau setara dengan mengemudi mobil selama 30 menit dari Taipei ke Taoyuan.

Jika Anda setiap tahunnya merespon imbauan untuk mematikan lampu selama satu jam maka jumlah pengurangan emisi gas karbondioksida dari Anda selama 16 tahun lamanya, juga hanya setara dengan tidak makan seporsi steak sapi atau semangkuk mi sapi saja.

Jadi diharapkan ketika Anda mematikan lampu, pada saat bersamaan anda juga dapat mengurangi konsumsi daging, dengan demikian barulah kontribusi anda terhadap bumi ini menjadi lebih besar. Pada perayaan Hari Bumi, diharapkan Anda juga bervegetarian selama satu hari atau minimal sekali makan vegetarian, selain dapat mengurangi beban jasmani, juga dapat mengurangi beban bumi pertiwi ini. Diterjemahkan oleh: Januar (Tzu Chi Medan)

(Penulis adalah pembaca berita pada Da Ai TV Taiwan), Sumber: www.libertytimes.com.tw/2012/new/apr/1/today-o9.htm

 

 
 

Artikel Terkait

Kebahagiaan Seorang Sulastri

Kebahagiaan Seorang Sulastri

10 Desember 2010 Tanggal 4 Desember 2010, jam 5.00 WIB, Ilias bersama Sulastri berangkat dari rumahnya menuju ke RSUD Dr. Kumpulan Pane dimana semua pasien yang akan diberangkatkan ke Medan harus berkumpul.
Soft Opening Jing Si Books and Cafe Blok M

Soft Opening Jing Si Books and Cafe Blok M

27 Februari 2012 Setelah melalui penantian yang cukup panjang, akhirnya Jumat 24 Februari 2012, relawan Tzu Chi membuka gerai Jing Si Book & Café di pusat perbelanjaan Blok M Plaza, Jakarta Selatan.
Anak-Anak Saung Tawon

Anak-Anak Saung Tawon

03 Maret 2015 Saat ini sudah dibangun dua saung yaitu Saung belajar dan Saung baca  juga dilengkapi dengan fasilitas WC dan jalan setapak.
Kendala dalam mengatasi suatu permasalahan biasanya terletak pada "manusianya", bukan pada "masalahnya".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -