Jumat Bebersih Rumah Ibadah

Jurnalis : Nurhayati Monita (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Tyas Ayu Rahadila (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Relawan bergotong-royong membersihkan sisi dalam Gereja pondok 2 SBAE.


“Menyayangi dan merawat benda di sekitar kita, berarti menghargai berkah dan mengenal rasa puas’’
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Toleransi beragama ditunjukkan 10 relawan Tzu Chi di Xie Li Kutai Barat (Kubar) pada Jumat (15/12/23). Relawan lintas iman ini bergotong royong membersihkan gereja dan masjid yang berada di Pondok 2 Sungai Basung Estate (SBAE). Gereja Oikumene Efata menjadi tujuan pertama. Para relawan dengan semangat membersihkan ruangan dalam gereja dan halaman gereja. Jendela, kursi, dan meja dibersihkan dari debu. Lantai disapu dan dipel agar debunya hilang. Sampah-sampah di halaman juga dibersihkan. Jumat bersih kali ini juga bertepatan dengan persiapan menyambut Hari Raya Natal bagi umat Kristiani. Beberapa dekor natal telah dipasang di dalam gereja pondok 2 SBAE.

Pekarangan gereja juga tak luput dibersihkan.

Relawan bergotong royong mendirikan tenda di halaman Gereja Pondok 2 SBAE.

“Bagus ya bu dekor Natal tahun ini,” ucap Devi kepada Susan yang merupakan salah satu pembina gereja pondok 2 SBAE.

“Iya, tahun ini banyak ide kreatif dan bantuan dari jemaat gereja, bahkan kegiatan Jumat bersih gereja hari ini juga sangat membantu, membuat gereja semakin bersih dan rapi dalam menyambut acara Natal kami di gereja,” sambung Susan.

“Semoga acara natal tahun ini berjalan lancar dan sukses, jemaatnya semakin khusyuk beribadah di gereja yang bersih,” imbuh Devi. “Aamiinn, pahala juga buat kita, serta menunjukkan kalau relawan Tzu Chi merupakan kegiatan yang sangat mendukung keberagaman beragama serta toleransi umat beragama yang kuat,” ucap Susan. 

Langit-langit serta lantai dalam masjid pondok 2 SBAE dibersihkan para relawan.

Tanaman di pekarangan masjid juga dibersihkan dan dirapikan relawan.

Selesai dari gereja, relawan bergerak ke masjid di pondok 2 SBAE. Begitu sampai, relawan segera berbagi tugas. Jendela dan sajadah dibersihkan dari debu, lantai disapu dan dipel. Kamar mandi dan tempat wudhu juga dibersihkan. Halaman tak luput juga dibersihkan dari sampah. Harapannya para jamaah salat Jumat semakin khusyuk beribadah di dalam masjid yang bersih. 

Apa yang dilakukan relawan merupakan bentuk toleransi beragama. Meski berbeda keyakinan, tetapi bisa terus bertenggang rasa, memupuk keberagaman dalam kebersamaan.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Jumat Bebersih Rumah Ibadah

Jumat Bebersih Rumah Ibadah

22 Desember 2023

Relawan lintas iman dari Xie Li Kutai Barat (Kubar) wilayah 3 bergotong royong membersihkan gereja dan masjid yang berada di Pondok 2 Sungai Basung Estate (SBAE).

Jangan menganggap remeh diri sendiri, karena setiap orang memiliki potensi yang tidak terhingga.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -