Keharuan dalam Perayaan Hari Ibu

Jurnalis : Kho Ki Ho (Tzu Chi Pekanbaru) , Fotografer : Kho Ki Ho (Tzu Chi Pekanbaru)

Kelas yang dihadiri oleh 17 anak dan 11 orang tua ini diawali dengan sekilas pelajaran bulan lalu, dilanjutkan dengan materi tentang berbakti.

Kelas Teratai Tzu Chi Pekanbaru di penghujung tahun 2023 pada Minggu, 3 Desember 2023 menjadi momen yang sulit dilupakan oleh anak-anak Teratai beserta orang tua mereka karena terasa begitu spesial yaitu adanya perayaan hari Ibu. Suasana penuh keharuan dirasakan 15 anak yang berkesempatan mengungkapkan rasa sayang dan rasa bakti melalui basuh kaki dan mempersembahkan bunga untuk orang tua mereka.

Kelas yang dihadiri oleh 17 anak dan 11 orang tua ini diawali dengan sekilas pelajaran bulan lalu. Dilanjutkan dengan Kata Perenungan Master Cheng Yen tentang berbakti, menonton video tentang budi luhur orang tua, penjelasan budi luhur orang tua. Lalu berlanjut dengan acara basuh kaki dan mempersembahkan bunga untuk Sang Ibu Tercinta. 

Suasana penuh keharuan dirasakan oleh 15 anak yang berkesempatan mengungkapkan rasa sayang dan rasa bakti melalui basuh kaki dan mempersembahkan bunga untuk orang tua.

Dhea Amanda meminta maaf dan berterima kasih kepada Ibunya.

Dhea Amanda yang saat ini sudah tidak dibantu dana pendidikan oleh Tzu Chi, tetap ingin mengikuti kelas teratai karena bermanfaat baginya. Dhea sangat berterima kasih atas acara hari itu. “Terima kasih kepada Tzu Chi, karena dengan mengadakan momen ini membuat saya sadar untuk meluangkan waktu untuk Ibu saya. Saya merasa semenjak saya mulai dewasa, mulai sibuk dengan kegiatan sekolah, dengan ada momen ini saya bisa minta maaf sama Ibu saya, mengucapkan terima kasih,” tutur Dhea. Bagi Dhea, Ibu adalah segalanya apalagi karena dari kecil sudah tidak ada ayah. “Ibu saya menjadi seorang Ibu sekaligus seorang ayah bagi saya”, ungkap Dhea.

Ungkapan maaf dan terima kasih dari Dhea diterima mamanya dengan sukacita. “Dimaafkan, mama juga minta maaf mungkin cara penyampaian mama mungkin enggak enak didengar. Tapi maksud dan tujuannya bahasa mama itu untuk kebaikan kamu sekarang dan kedepannya”. Demikianlah hangatnya curahan hati antara Ibu dan anak di kelas ini.

Rey Lamtama Siregar mengungkapkan pertobatan setelah mengikuti rangkaian acara hari Ibu. Rey tidak mau Ibunya bersedih dan menangis lagi.

Mariati dikelilingi empat anaknya. Anak bungsu, Jason mengungkapkan terima kasih kepada sang Ibu.

Mariati, Ibu dari Devi Anggraini, Apriyani, Angelina, Amelia, dan Jason merasakan perubahan dari anak-anaknya setelah setahun lebih mengikuti Kelas Teratai. “Banyak perubahan, dari dulunya bandel, tidak suka bantu, sekarang sudah suka bantu, terus akur juga sama saudara.” Pada kesempatan ini sungguh membahagiakan bagi Mariati dibasuh dan dipijit oleh keempat anaknya yang hadir. Keempat anaknya merasakan haru dan berterima kasih kepada ibunya. “Makasih mami sudah besarin dedek,” ungkap Jason, anak bungsu dengan polosnya berterima kasih pada Ibunya. 

Ada pula Rey Lamtama Siregar (kelas 8) yang mengungkapkan pertobatan setelah mengikuti rangkaian acara hari Ibu. “Saya akui saya suka bandel, tapi kalau saya melihat orang tua sedih, saya juga ikut sedih, mau berubah supaya ibu saya tidak bersedih dan menangis lagi”. Ujar Rey.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Belajar Berlapang Dada dan Berpengertian

Belajar Berlapang Dada dan Berpengertian

24 Agustus 2023

Pekan kedua bulan Agustus, tepatnya Minggu, 13 Agustus 2023, relawan Tzu Chi Pekanbaru kembali mengadakan Kelas Budi Pekerti Tzu Shao Ban (tingkatan SMP-SMA).  

Belajar Mengenal Diri Sendiri di Kelas Budi Pekerti

Belajar Mengenal Diri Sendiri di Kelas Budi Pekerti

23 Maret 2023

“Apa itu mengenal diri sendiri? Kenapa harus mengenal diri sendiri? Bagaimana mengenal diri sendiri?” tanya Da Ai Mama kepada siswa-siswi.

Merajut Tali Kasih Dengan Oma Opa di Panti Jompo

Merajut Tali Kasih Dengan Oma Opa di Panti Jompo

25 Februari 2019

Sebanyak 80 Bodhisatwa cilik dengan semangat mengikuti kegiatan Kunjungan Kasih Ke Panti Jompo Yasobas dengan didampingi oleh orang tua mereka. Senyuman bahagia terlihat menghiasi wajah oma opa menyambut para Bodhisatwa cilik yang menyapa mereka dengan sebutan akong ama.

Hanya orang yang menghargai dirinya sendiri, yang mempunyai keberanian untuk bersikap rendah hati.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -