Kelas Bimbingan Budi Pekerti Tzu Chi Medan 2014 Telah Dimulai

Jurnalis : Merry Sudilan (Tzu Chi Medan), Fotografer : Handra Sikoko (Tzu Chi Medan)

foto
Tanggal 5 Januari 2014, kegiatan kelas budi pekerti suda mulai di jalankan. Sebanyak 165 anak mengikuti kelas bimbingan budi pekerti ini.

Memasuki awal tahun 2014, Kelas Bimbingan Budi Pekerti Tzu Chi Medan telah mengawali kegiatan belajarnya dengan memulai kelas perdana pada tanggal 5 Januari 2014. Tahun ini, jumlah xiao pu sa (Bodhisatwa Cilik) yang mengikuti Kelas Bimbingan Budi Pekerti sebanyak 165 anak. Kelas Bimbingan Budi Pekerti tahun ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu 91 anak untuk kelas lama, dan 74 anak pada kelas baru.

 

Sebanyak 16 kali pertemuan untuk masing-masing kelas akan di ikuti oleh para Bodhisatwa Cilik sepanjang tahun 2014 dengan dibimbing oleh para relawan.

Kelas Perdana 2014 di Mulai
Pada kelas perdana yang diselenggarakan pada minggu pertama bulan Januari lalu diadakan di Kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia cabang Medan lantai 3. Pada pukul 09.00 WIB, acara diawali dengan menyanyikan Mars Tzu Chi dilanjutkan dengan sesi doa bersama. Setiap tahun kelas ini juga mengadakan kunjungan ke Panti Jompo awal Februari nanti. Para relawan pun mengajarkan lagu bernuansa Imlek untuk menghibur Kakek dan Nenek yang berada di panti.

foto   foto

Keterangan :

  • Dengan penuh semangat dan gembira, relawan mengajak para xiao pu sa, belajar sambil bermain (kiri).
  • Menjelang berakhirnya acara, diadakan sesi pembelajaran penyajian teh yang benar untuk nantinya akan dipktikkn oleha para anak-anak pada hari raya Imlek nanti (kanan).

Untuk menjalin keakraban di antara xiao pu sa, setiap kelompok membuat yel-yel nya asing-masing. Acara dilanjutkan dengan mendengar Ceramah Master dan melihat lebih dekat bagaimana nuansa Imlek di Griya Perenungan, Hualien. Berhubung hari raya Imlek sudah dekat, xiao pu sa belajar  menyuguhkan teh untuk papa-mama di hari pertama Imlek, sambil memaknai arti Imlek yang sebenarnya. Satu sesi khusus xiao pu sa membuat ikrar dan semangat baru untuk tahun 2014 ini.

Setelah makan siang, xiao pu sa bersama para relawan berlatih bermain gendang, barongsai mini dan isyarat tangan untuk persiapan acara kunjungan kasih ke panti jompo Gina Bakti, Labuan, Medan dan panti jompo Gan en, Titi papan, Medan pada tanggal 9 Februari 2014 mendatang. Suasana keseriusan dan kegembiraan menghiasi wajah Bodhisatwa Cilik terlihat di sepanjang jalannya kelas perdana ini. Kelas perdana ini ditutup pada pukul 13.00 WIB dengan membagikan celengan yang akan digunakan xiau pu sa untuk melatih kemurahan hati setiap hari, dan sekantung ”Teh Berbakti” yang akan disuguhkan kepada papa-mama pada hari pertama Imlek nantinya.


Artikel Terkait

Ramah Tamah Imlek

Ramah Tamah Imlek

13 Februari 2020

Minggu, 2 Februari 2020, Kelas Bimbingan Budi Pekerti Tzu Chi Medan melakukan acara Ramah Tamah Imlek dengan serangkaian acara yang sudah disusun sedemikian rupa serta makan Steamboat Bersama di tahun 2020.

Mewariskan Cinta Kasih dan Rasa Syukur Melalui Pendidikan

Mewariskan Cinta Kasih dan Rasa Syukur Melalui Pendidikan

06 Januari 2015
Pada tanggal 7 Desember 2014,  Kelas Kata Perenungan Master Cheng Yen Tzu Chi Medan mengadakan acara gathering dengan orang tua murid. Melalui kelas pendidikan kata perenungan Master Cheng Yen ini, diharapkan dapat membentuk karakter dan kepribadian anak-anak menjadi lebih baik dan luhur.
Kelas Bimbingan Budi Pekerti Tzu Chi Medan 2014 Telah Dimulai

Kelas Bimbingan Budi Pekerti Tzu Chi Medan 2014 Telah Dimulai

12 Februari 2014 Kelas perdana ini ditutup pada pukul 13.00 WIB dengan membagikan celengan yang akan digunakan xiau pu sa untuk melatih kemurahan hati setiap hari, dan sekantung ”Teh Berbakti” yang akan disuguhkan kepada papa-mama pada hari pertama Imlek nantinya.
Melatih diri adalah membina karakter serta memperbaiki perilaku.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -