Kepedulian Bagi Warga Desa Sungai Cambai

Jurnalis : Dedi Afrianto (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Tri Hadi Santoso (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li lampung membawa bantuan beras dan mi instan untuk warga Desa Sungai Cambai yang terdampak banjir. Kehadiran relawan disambut oleh bapak Ibadah sebagai Kepala Desa Sungai Cambai.

Desa Sungai Cambai merupakan salah satu desa di Kabupaten Mesuji, Lampung yang wilayah terletak di pinggiran Sungai Cambai. Pada kondisi musim hujan seperti saat ini, debit air yang cukup banyak mengakibatkan Sungai Cambai meluap dan membanjiri perumahan serta fasilitas umum di Desa Sungai Cambai.

Bencana banjir juga mengakibatkan terhambatnya berbagai aktivitas warga, termasuk pasokan bahan pangan pokok ke desa. Akses menuju wilayah banjir di Desa Sungai Cambai menjadi rusak dan sulit dilewati akibat banjir yang melanda.

Mengetahui kabar bencana banjir tersebut, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Lampung melakukan survei ke lokasi bencana di Desa Sungai Cambai. Relawan menemui aparatur Desa Sungai Cambai, kemudian bersama-sama melakukan pendataan jumlah masyarakat yang terdampak banjir. Setelah survei, masyarakat yang terdampak banjir rata-rata membutuhkan bantuan sembako.

Secara simbolis, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li lampung menyerahkan bantuan untuk warga yang terdampak banjir di Desa Sungai Cambai.

Dari data tersebut, pada Minggu, 27 November 2022 relawan kemudian mengirimkan bantuan. Walaupun kondisi jalan yang rusak menyulitkan kendaraan yang membawa bantuan, namun hal ini tidak menghalangi semangat relawan menuju Desa Sungai Cambai.

Setibanya di Desa Sungai Cambai, para relawan yang dipimpin oleh relawan Rodi Samba disambut ramah oleh bapak Ibadah, Kepala Desa Sungai Cambai dan beberapa tokoh masyarakat.

“Terima kasih kami sampaikan untuk Pak Ibadah dan semua warga Desa Sungai Cambai yang sudah menerima bantuan kami. Ini adalah bentuk kepedulian kami terhadap musibah yang dihadapi warga. Semoga bisa meringankan beban dan warga bisa segera bisa beraktivitas normal seperti semula,” ujar Rodi Samba dalam sambutannya.

Kepala Desa dan beberapa tokoh masyarakat Desa Sungai Cambai berfoto bersama relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li lampung.

Kepala Desa Sungai Cambai juga mengapresiasi bantuan yang diberikan relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas tersebut. “Mewakili warga Desa Sungai Cambai, saya mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dari bapak-bapak semua. Saya berharap tali silaturahmi yang baik ini dapat terjaga seterusnya dan seluruh relawan senantiasa dilimpahkan keberkahan,” ungkap bapak Ibadah.

Dalam kegiatan ini, bantuan yang disalurkan sebanyak 100 paket yang terdiri dari beras kemasan 5 kg dan mi instan 20 bungkus di setiap paketnya. Seusai menyalurkan bantuan, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Lampung pun kembali dengan penuh kebahagiaan sembari meresapi Kata Perenungan Master Cheng Yen. “Hanya dengan mengenal puas dan tahu bersyukur, kehidupan manusia akan bisa berbahagia.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Paket Bantuan Bagi Korban Banjir di Sidrap

Paket Bantuan Bagi Korban Banjir di Sidrap

15 Juli 2019

Untuk mengurangi beban korban banjir, Yayasan Buddha Tzu Chi Makassar melakukan survei langsung sekaligus memberikan bantuan. paket bantuan banjir yang diberikan disalurkan pada dua desa, masing-masing Desa Turungan Teteaji, Kecamatan Tellulimpoe: 123 kepala keluarga dan Desa Wattae, Kecamatan Pancalautan: 217 kepala keluarga.

Bantuan untuk Korban Banjir Tanjung Morawa

Bantuan untuk Korban Banjir Tanjung Morawa

24 November 2022

Relawan Tzu Chi Medan turun langsung memberikan bantuan bagi warga yang terdampak banjir di Tanjung Morawa. Total 350 kg beras, telur, dan minyak.

Bantuan Banjir di Desa Tumbang Kaminting

Bantuan Banjir di Desa Tumbang Kaminting

29 November 2022

Banjir yang melanda Desa Tumbang Kamiting, Kalimantan Tengah mengundang kepedulian relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 5 untuk mendistribusikan bantuan pangan. 

Jika menjalani kehidupan dengan penuh welas asih, maka hasil pelatihan diri akan segera berbuah dengan sendirinya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -