Kepedulian Bagi Warga Korban Kebakaran di Medan Maimun

Jurnalis : Liani (Tzu Chi Medan), Fotografer : Liani, Rifandi (Tzu Chi Medan)

Relawan Tzu Chi Medan komunitas Hu Ai Titi Kuning Medan memberikan bantuan bagi warga korban kebakaran di jl. Badur, Kelurahan Hamdan, Kecamatan Medan Maimun.

Kebakaran melanda kawasan pemukiman padat penduduk di jl. Badur, Kelurahan Hamdan, Kecamatan Medan Maimun, Medan pada Kamis, 10 Agustus 2023. Dengan cepat api menjalar ke bangunan rumah-rumah warga yang sebagian besar semi permanen. Akibat peristiwa ini sebanyak 13 rumah yang dihuni 19 keluarga hangus terbakar. Musibah kebakaran ini diduga berasal dari korsleting listrik pada salah satu rumah warga sekitar pukul 10.45 WIB.

Setelah mendengar informasi musibah kebakaran ini, Tim Tanggap Darurat Tzu Chi Medan yang dikoordinir Hariatno Widjaja Shixiong segera menuju lokasi kebakaran untuk melakukan survei tentang kondisi para korban. Warga tinggal di pos penampungan dan sebagian menumpang dirumah familinya.

Setelah survei, relawan segera menyiapkan barang-barang bantuan bagi korban kebakaran yang dikemas dalam boks kontainer.

Setelah survei dan mendapatkan hasil, keesokan harinya (Jumat, 11 Agustus 2023), relawan Tzu Chi Medan komunitas Hu Ai Titi Kuning Medan memberikan bantuan kepada korban kebakaran. Bantuan yang diberikan berupa uang pemerhati, tikar, ember, sarung, handuk, alas kaki, perlengkapan mandi, dan lain-lain kepada 19 keluarga yang telah di survei.

“Bantuan yang diberikan sebagai wujud cinta kasih terhadap sesama. Dengan rasa syukur kita semua terpanggil untuk membantu warga yang sedang tertimpa musibah kebakaran. Semoga bantuan ini mendatangkan kebaikan dan kebahagian untuk kita semua,” tutur Hariatno Widjaja Shixiong.

Hariatno Widjaja Shixiong mendampingi Kepling 10, Hendra saat menandatangani berita acara penyerahan bantuan bagi korban kebakaran.

Selama melakukan survei dan penyaluran bantuan, relawan juga didamping Hendra (46) yang menjadi Kepala Lingkungan (Kepling) 10, Kelurahan Handam, Kecamatan Medan Maimun. Walaupun rumahnya ikut terbakar, Hendra tetap membantu dan menjalankan tugasnya untuk membantu warga lain yang tertimpa musibah kebakaran ini.

“Kedatangan relawan dari Yayasan Buddha Tzu Chi Medan dan menyalurkan bantuan kepada warga lingkungan 10 yang tertimpa bencana kebakaran sangat membantu sekali. Saya mewakili mereka mengucapkan terima kasih. Untuk kedepannya saya harap semua warga bisa bersiap diri karena kita tidak tahu kapan bencana seperti ini akan terjadi,” kata Hendra.

Selain memberikan bantuan materi, relawan juga memberikan penghiburan dan pendampingan kepada warga korban kebakaran. Tampak relawan sedang mendampingi Fera, salah satu warga yang rumahnya terbakar.

Fera (53) salah satu warga  yang  rumahnya juga terbakar tidak bisa banyak menyelamatkan harta bendanya. Pada saat kejadian, Fera yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga sudah keluar untuk bekerja, begitu pula dengan sang suami. Ia pun merasa bersyukur mendapatakan bantuan dan perhatian dari Tzu Chi Medan.

“Puji syukur anak saya selamat dari musibah walaupun semua barang saya habis terbakar. Saat ini kita sekeluarga menumpang di rumah saudara. Ketika hati kita sedang galau, relawan Tzu Chi datang memberikan bantuan materi dan penghiburan serta perhatian. Bantuan dari relawan sangat bermakna bagi kami yang sedang ditimpa musibah. Semoga Tuhan membalas kebaikannya,” ungkap Fera.

Dalam kesempatan ini, relawan bukan hanya menyalurkan bantuan materi, tetapi juga menyalurkan bantuan perhatian dan pendampingan kepada warga korban bencana kebakaran di jl. Badur, Kelurahan Hamdan, Kecamatan Medan Maimun.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Tzu Chi Bantu Korban Kebakaran di Pasar Kelurahan Sungai Apit

Tzu Chi Bantu Korban Kebakaran di Pasar Kelurahan Sungai Apit

18 Agustus 2023

Relawan Tzu Chi Pekanbaru memberikan bantuan kepada warga yang menjadi korban kebakaran di Jl. Hang Tuah, Pasar Kelurahan Sungai Apit, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau.

Pelipur Lara untuk Warga Korban Kebakaran di Taman Sari

Pelipur Lara untuk Warga Korban Kebakaran di Taman Sari

10 Februari 2020

Di tengah pilu yang dirasakan Ibu Nung dan warga lainnya yang mengalami cobaan ini, pelipur lara datang dari relawan Tzu Chi. Hari ini, Senin 10 Februari 2020, relawan mendistribusikan 75 paket bantuan. Paket bantuan berisi terpal, ember, air mineral, lalu ada satu kontainer yang berisi selimut, handuk, sarung, sandal, pakaian layak pakai, tempat makan, dan perlengkapan mandi.

Bebagi Kasih Kepada Korban Kebakaran

Bebagi Kasih Kepada Korban Kebakaran

07 April 2022

Relawan Tzu Chi Makassar membagikan bantuan kepada warga korban kebakaran di di Jalan Abu Bakar lambogo (Ablam) Kelurahan Bara-Baraya, Kecamatan Makassar.

Bertambahnya satu orang baik di dalam masyarakat, akan menambah sebuah karma kebajikan di dunia.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -