Perhatian Insan Tzu Chi Bagi Warga Korban Kebakaran di Teluk Gong, Jakarta Utara

Jurnalis : Yondy (He Qi Utara 2), Fotografer : Yondy (He Qi Utara 2)

Relawan Tzu Chi menyerahkan bantuan bagi warga korban kebakaran di RT 009/RW 009, Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Masih teringat jelas dalam benak Ibu Mulyani selaku Ibu RT 009/RW 009, Kelurahan Pejagalan rencana merayakan peringatan Tujuh Belasan dengan berbagai lomba. Namun rencana itu seketika buyar karena musibah kebakaran yang menimpa warga. Dana yang terkumpul untuk memeriahkan acara lomba mau tak mau terpakai untuk menolong korban yang terdampak bencana kebakaran.

Tepat pada Rabu 17 Agustus 2023 dini hari, sekitar pukul 03.30 WIB, ketika warga masih tertidur lelap, tiba- tiba terdengar teriakan histeris disertai tangisan membangunkan warga di Jalan K Teluk Gong, RT 009/RW 009, Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Ternyata api mulai berkobar dari salah satu rumah warga.

Api bermula ketika salah seorang warga hendak mengganti tabung gas yang habis ketika memasak nasi uduk dagangan sehari-hari, sesaat setelah mengganti tabung, tiba-tiba api berkobar akibat kebocoran gas dari regulator. Insiden kebakaran tersebut menghanguskan 10 rumah dan menyebabkan seorang warga meninggal dunia serta 14 Kepala Keluarga kehilangan tempat tinggal.

Bantuan yang diberikan berupa 14 paket kebakaran, lengkap dengan Ember, kelambu, tikar, dan mie instan. Tzu Chi juga memberi bantuan uang duka pada keluarga yang terdapat anggota keluarga yang meninggal.

Setelah melakukan survey, pada hari kedua setelah insiden kebakaran itu, tepatnya Sabtu 19 Agustus 2023, relawan Tzu Chi di He Qi Utara 2 melalui komunitas Hu Ai Angke segera menyalurkan bantuan. Bantuan yang diberikan berupa 14 paket kebakaran, 14 Ember, 14 kelambu, 28 tikar, 14 dus mie instan. Tzu Chi juga memberikan bantuan uang duka pada kepala keluarga yang ada anggota keluarga yang meninggal.

Para relawan juga mendengar keluh kesah para korban dan berupaya membesarkan hati mereka serta mendoakan agar mereka diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi musibah ini. “Semoga  melalui bantuan kemanusiaan ini dapat membantu meringankan beban korban bencana,” tutur Suryadi selaku koordinator,  seraya diamini oleh Ibu Mulyani.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Perhatian Bagi Korban Kebakaran di Kota Bagansiapiapi

Perhatian Bagi Korban Kebakaran di Kota Bagansiapiapi

13 Februari 2024

Relawan Tzu Chi yang berada di Kota Bagansiapiapi memberikan paket bantuan kebakaran kepada korban kebakaran di Jl. Bintang, Kecamatan Bangko, Kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Keramahan dan Empati yang Mampu Membangkitkan Semangat

Keramahan dan Empati yang Mampu Membangkitkan Semangat

11 Oktober 2019

Empat hari setelah si jago merah melahap pemukiman di Jalan Kebon Jeruk 13, Kelurahan Maphar, Taman Sari Jakarta Barat, aroma sangit masih menusuk hidung. Warga dibantu petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) Kelurahan Taman Sari masih tampak membersihkan puing-puing rumah yang tersisa dari abu dan arang.

Tzu Chi Berikan Bantuan Korban Kebakaran di Kalianyar Tambora Jakarta Barat

Tzu Chi Berikan Bantuan Korban Kebakaran di Kalianyar Tambora Jakarta Barat

03 Januari 2023

Relawan Tzu Chi di awal tahun 2023 pada Senin 2 Januari 2023 menyalurkan  58 paket kebakaran bagi warga Kalianyar.

Beriman hendaknya disertai kebijaksanaan, jangan hanya mengikuti apa yang dilakukan orang lain hingga membutakan mata hati.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -