Kepedulian Generasi Muda untuk Membantu Sesama

Jurnalis : Hatta (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Arisman, Tcering Zoma Chen (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Sejak pukul 09.00 WIB, para relawan Tzu Chi dan petugas dari PMI mulai melayani calon para pendonor.

Donor darah adalah salah satu aktivitas yang banyak memberikan manfaat tidak hanya pada diri sendiri, namun juga kepada semua orang yang membutuhkan. Darah yang didonorkan akan sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami kondisi seperti kecelakaan, transplantasi organ, kanker, anemia, thalasemia, hingga kanker darah. Donor darah secara rutin terbukti memberikan manfaat dan menyehatkan tubuh pendonor.

Pada Minggu, 19 Februari 2023, Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun kembali mengadakan donor darah rutin setiap 3 bulan sekali. Sekitar pukul 09.00 WIB, para relawan Tzu Chi dan petugas dari PMI mulai melayani calon donor. Sebelum mendonorkan darahnya, peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemeriksaan tensi dan hemoglobin (Hb) oleh petugas Palang Merah Indonesia (PMI).

Calon donor melakukan registrasi,dilanjutkan dengan pemeriksaan tensi oleh petugas Palang Merah Indonesia (PMI).

Luther yang baru pertama kali mendonorkan darahnya berharap, dengan darah yang didonorkannya bisa membantu lebih banyak orang yang membutuhkan.

Pada kegiatan ini banyak sekali anak muda yang mendonorkan darah dengan membawa harapan bisa membantu sesama melalui sekantong darah yang mereka donorkan. Salah satunya Luther (17), pertama kali mendonorkan darah ia berharap dengan darah yang didonorkannya bisa membantu lebih banyak orang yang membutuhkan.

“Saya ingin membantu banyak orang yang memerlukan bantuan lewat darah yang saya donorkan. Lewat donor darah ini saya juga bisa membalas budi kepada orang tuanya,” ucapnya.

Tcering Zoma Chen merasa sangat senang bisa membantu sesama dengan sekantong darahnya.

Sama halnya dengan Luther, Tzu Shao yang bernama Tcering Zoma Chen (17) juga pertama kali mendonorkan darah pada kegiatan ini. Ia merasa sangat bahagia dan senang karena bisa membantu sesama dengan sekantong darahnya.

“Saat saya dikatakan lolos pengecekan hemoglobin (Hb) oleh petugas Palang Merah Indonesia (PMI), saya merasa sangat senang sekali karena pertama kali mengikuti, langsung bisa mendonorkan darah. Tentunya saya juga bahagia, darah saya bisa membantu lebih banyak orang yang membutuhkan,” ungkapnya.

Kegiatan ini berhasil menghimpun 48 kantong darah dari 62 pendonor.

Kegiatan ini berhasil menghimpun 48 kantong darah dari 62 donor. Darah yang terkumpul tentunya bisa meringankan kerisauan setiap keluarga yang membutuhkan bantuan lewat darah yang telah terhimpun. Seperti Kata Perenungan Master Cheng Yen yang berbunyi “Tanamkan rasa syukur pada anak-anak sejak kecil, setelah dewasa ia akan tahu bersumbangsih bagi masyarakat.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Setetes Darah Memberikan Satu Kehidupan

Setetes Darah Memberikan Satu Kehidupan

23 Mei 2018
Tzu Chi Lampung mengadakan donor darah pada Minggu, 20 Mei 2018 di GSG Yayasan Metta Sarana (Suteng), Bandar Lampung. Terdapat 32 pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya.
Donor Darah untuk Kemanusiaan

Donor Darah untuk Kemanusiaan

13 Maret 2023

Dengan semangat gotong royong, para relawan Tzu Chi di Xie Li Kemuning kembali menggelar donor darah yang bekerjasama dengan PMI Kota Palembang, Minggu 12 Maret 2023. Donor darah kali ini digelar di Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech.

Setetes Darah Menyelamatkan Kehidupan

Setetes Darah Menyelamatkan Kehidupan

24 Mei 2022

Relawan Tzu Chi Palembang, tepatnya di Xie Li Radial kembali mengadakan donor darah yang bekerjasama dengan PMI Kota Palembang dan Kelenteng Tridharma Ciu Pek Keng.

Cara kita berterima kasih dan membalas budi baik bumi adalah dengan tetap bertekad melestarikan lingkungan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -