Kesempatan Istimewa Mengunjungi Hualien dan Bertemu Master Cheng Yen

Jurnalis : Khusnul Khotimah, Fotografer : Indra Gunawan (Tzu Ching Indonesia, Yusniaty (He Qi Utara 1)

Jelang acara kelulusan SMA di Tzu Chi School, siswa-siswi berkesempatan mengunjungi Kantor Pusat Tzu Chi di Hualien, Taiwan dan bertemu dengan Master Cheng Yen.

Siapa yang tak gembira bisa mengunjungi kampung halaman batin insan Tzu Chi di Hualien, Taiwan dan bersua dengan Master Cheng Yen (pendiri Tzu Chi). Inilah yang dirasakan siswa-siswi tingkat SMA (Secondary) di Tzu Chi School jelang acara kelulusan mereka. Sebanyak 38 dari 107 siswa mendapat kesempatan ini dengan ditemani empat guru dan dua relawan Tzu Chi, dari tanggal 23-28 Mei 2023.

Di kesempatan berharga ini, terutama saat bertemu dan bercengkrama dengan Master Cheng Yen pada Sabtu 27 Mei 2023, siswa-siswi SMA Tzu Chi School ini berbagi pengalaman mereka selama bersekolah. Siswa-siswi ini juga menceritakan bagaimana pengaruh Tzu Chi School dalam kehidupan mereka karena tak hanya mengutamakan ilmu pengetahuan dan keterampilan, namun juga pendidikan budi pekerti. Siswa-siswi ini juga mengungkapkan beberapa pelajaran kehidupan yang mereka dapat dari Tzu Chi yang mengubah mindset mereka.

Beberapa siswi juga mempersembahkan tarian yang merupakan medley dari tarian-tarian daerah yang menampilkan kebudayaan khas Indonesia. Siswa-siswi Tzu Chi School juga memberikan dua cindera mata kepada Master Cheng Yen yang mereka buat dengan tangan sendiri, yakni boneka rajut berbentuk sosok Master Cheng Yen, dan juga batik tulis.

Salah satu yang dipesankan oleh Master Cheng Yen kepada siswa-siswi ini adalah selalu menghargai waktu. Juga jangan lupa untuk berbagi berkah kepada orang lain.

Para siswi dengan santun menyerahkan dua cindera mata pada Master Cheng Yen, yakni boneka rajut berbentuk sosok Master Cheng Yen, dan juga batik tulis.

Di Jakarta, para orang tua siswa ini begitu senang putra-putrinya berkesempatan mengunjungi Hualien dan berjumpa dengan Master Cheng Yen. Mereka tambah senang lagi ketika diundang untuk sama-sama menonton perjumpaan siswa-siswi Tzu Chi School dengan Master Cheng Yen lewat live streaming pada Sabtu 27 Mei 2023, di Tzu Chi Center, PIK, Jakarta Utara. Mereka menonton bersama Ketua Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei, Direktur Tzu Chi School Sudino Salim, Kepala Sekolah tingkat Secondary Caroline Widjanarko, dan Henky Sasmita, Koordinator Bagian Administrasi.

“Kami ingin membentuk suatu tradisi, supaya anak-anak sebelum dia lulus dari Tzu Chi School ini dia juga tahu bahwa oh ini loh kampung halaman Tzu Chi itu ada di Hualien. Mereka juga sangat excited ingin berkunjung, ingin melihat Master Cheng Yen secara langsung,” jelas Caroline Widjanarko, Kepala Sekolah jenjang Secondary (menengah).

“Orang tua ini yang anak-anaknya berangkat kan juga rindu mau melihat anaknya. Jadi mereka juga banyak yang senang anaknya bisa bertemu dengan Master Cheng Yen langsung. Jadi karena ada live streaming ini kami bilang yuk parents silahkan ikut serta untuk menonton, untuk melihat anak-anaknya,” tambahnya.

Kesempatan istimewa yang dimiliki para siswa ini bisa secara langsung disaksikan secara live streaming oleh orang tua mereka di Tzu Chi Center PIK, Jakarta Utara. Mereka menonton bersama Ketua Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei, Direktur Tzu Chi School Sudino Salim, Kepala Sekolah tingkat Secondary Caroline Widjanarko, dan Henky Sasmita, Koordinator Bagian Administrasi.

Jeniliwaty, orang tua dari siswi, Aoniya Colyn merasa sangat terharu melihat anak tunggalnya tumbuh menjadi anak yang berbakti, berprestasi, mandiri, dan fokus dengan apa yang ingin diraihnya, salah satunya melanjutkan pendikan S1 di University of British Columbia.

“Saya berterima kasih kepada Tzu Chi School, selama ini sudah mendidik anak saya dengan baik, memberikan banyak kesempatan buat anak saya yaitu bisa tampil, bisa mengeluarkan idenya, di mana mungkin di sekolah lain dia belum tentu ada kesempatan itu, jadi saya sangat berterima kasih,” ujarnya.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Kesempatan Istimewa Mengunjungi Hualien dan Bertemu Master Cheng Yen

Kesempatan Istimewa Mengunjungi Hualien dan Bertemu Master Cheng Yen

29 Mei 2023

Siapa yang tak gembira bisa mengunjungi kampung halaman batin insan Tzu Chi di Hualien, Taiwan dan bersua dengan Master Cheng Yen. Inilah yang dirasakan siswa-siswi Tzu Chi School jelang acara kelulusan mereka.

Keteguhan hati dan keuletan bagaikan tetesan air yang menembus batu karang. Kesulitan dan rintangan sebesar apapun bisa ditembus.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -