Kesempatan Kedua yang Sangat Berarti

Jurnalis : Khusnul Khotimah, Fotografer : Khusnul Khotimah, Dokumentasi Bakti Amal

Bagi Herlina Astuti mendapat bantuan dari Tzu Chi Indonesia berupa biaya operasi dengan metode Gamma Knife merupakan satu anugerah yang begitu besar. Ia berharap bisa mendapatkan pekerjaan baru demi masa depan kedua anaknya.

Rasa syukur yang begitu mendalam dirasakan Herlina Astuti (43) yang akhirnya bisa menjalani operasi pengangkatan tumor yang menempel pada pembuluh darah di otaknya. Dengan menjalani operasi Gamma Knife berbiaya lebih dari 170 juta rupiah itu, kesakitan luar biasa yang menghinggapinya sejak tahun 2015 tersebut kini berangsur hilang.

“Sampai sekarang saya masih belum percaya bahwa saya itu sudah melewati masa-masa yang mengancam nyawa saya. Tumor kan bisa membesar, bisa jadi kanker, tapi Alhamdulillah terima kasih Yayasan Buddha Tzu Chi, beribu-ribu terima kasih,” kata Herlina saat dikunjungi oleh Agus dan Rita, relawan Tzu Chi dari He Qi Tangerang, 8 Februari 2023 lalu.

Gamma Knife sendiri merupakan teknik operasi stereotaktik menggunakan tembakan sinar gamma. Prosedur ini dilakukan tanpa membuat sayatan pada kulit kepala untuk membuka tulang tengkorak.  Herlina menjalani operasi pada 30 Januari 2023 lalu di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Tim relawan dari He Qi Tangerang, saat melakukan survei ke tempat tinggal Herlina.

“Kemarin waktu check up, kata dokter, saya itu sudah perbaikan. Mata saya yang hampir menutup, sekarang saya sudah bisa melihat. Yang tadinya mata saya kalau dibuka dua-duanya pusing, tapi sekarang saya sudah bisa,” cerita Herlina.

Sebelum mendapatkan bantuan dari Tzu Chi, Herlina yang belakangan berjualan seblak setelah diberhentikan dari tempat bekerjanya yang lama ini telah berusaha mencari bantuan biaya operasi Gamma Knife kesana-kemari. Kondisi ekonomi keluarga memang sangat tak memungkinkan. Sang suami, Nurhasan, sehari-harinya bekerja serabutan. Keluarga dengan dua anak ini tinggal di rumah orang tua Nurhasan di Kampung Ciputat, Kelurahan Tajur, Tangerang, Banten.

Sebenarnya pada tahun 2020, Herlina telah menjalani operasi pengangkatan tumor. Namun ada bagian tumor yang tak bisa terangkat karena menempel di pembuluh darah otak. Jalan satu-satunya adalah menjalani operasi kembali namun dengan prosedur Gamma Knife.

“Kalau kami ambil (dengan operasi yang biasa) ngerinya nanti dua kemungkinan. Satu, nyawa ibu tergores, pecah pembuluh darah, ibu meninggal. Ibu kalau tergores tadi ya mohon maaf, kalau masih hidup juga ibu jadi idiot. Kata dokter begitu,” tutur Herlina.

Namun masalahnya operasi dengan metode Gamma Knife membutuhkan biaya yang tak sedikit, yakni mencapai ratusan juta rupiah dan tak bisa dilakukan dengan layanan BPJS. Biaya dari mana? Seorang dokter menyarankannya melakukan penggalangan dana melalui sebuah situs. Namun hampir setahun, hanya dapat terkumpul 6 juta rupiah, jumlah yang masih sangat jauh.

Dengan terus berusaha dan berdoa, titik terang mulai datang. Di sekolah anaknya, seorang wali murid memberitahunya tentang Tzu Chi dan menyarankannya untuk mencoba mengajukan bantuan. Tak butuh waktu lama, Herlina pun berangkat ke Tzu Chi Center untuk mengajukan bantuan.

Rina, staf Bakti Amal mengantar Herlina untuk cek MRI terbaru.

Christine, staf Bakti Amal yang menemuinya hari itu menerima formulir pengajuan bantuannya, dan memberitahu bahwa nanti akan ada relawan Tzu Chi yang datang ke rumahnya guna melakukan survei. Sambutan hangat yang diterimanya saat berada di Tzu Chi Center itu pun menumbuhkan rasa optimis.

Belum sepekan, tibalah tiga relawan Tzu Chi dari Komunitas Tangerang, yakni Agus Suhendri, Viona dan Eva ke rumahnya. Beberapa hari kemudian, ketika Herlina baru selesai menunaikan sembahyang, telepon berdering dari staf Bakti Amal lainnya, Rina. 

“Ibu kapan mau ke RSCM? Kami akan dampingi, tapi kami belum bisa pastikan bisa bantu ibu karena ibu hasil MRI nya tahun 2020 kalau bisa minta MRI yang terbaru,” ujar Rina di ujung telepon.

Rina pun mendampinginya untuk cek MRI terbaru. Dari hasil MRI tersebut, pihak Bakti Amal beserta para relawan di Misi Amal Tzu Chi Indonesia pun menggelar rapat.

“Ibu dari doa dan kesabaran ibu, kami siap membantu ibu,” kata Rina di hari lainnya, mengabarkan berita gembira itu.  

Rasa sakit yang selama ini diderita Herlina perlahan hilang setelah menjalani operasi Gamma Knife.

Air mata Herlina bercucuran menerima kabar itu. Kesabaran dan doa yang terus ia pupuk akhirnya berbuah manis. Operasi Gamma Knife pun dilakukan selama 3,5 jam. Herlina ditemani sang suami, Nurhasan, juga staf Bakti Amal lainnya, Hendrik.

“Nyawa saya ditolong oleh Yayasan Buddha Tzu Chi yang benar-benar tumor ini yang sulit, karena di samping pembuluh darah, dan saya benar-benar tak punya uang untuk biaya segitu. Tapi Yayasan Buddha Tzu Chi benar-benar menolong. Sampai sekarang saya belum percaya saya bisa istilahnya sembuh,” ujarnya.

Pada kunjungan kasih tersebut, Rita dan Agus juga membawakan sembako untuk keluarga Herlina.

Kini Herlina dan keluarga kecilnya menata hidup yang baru. Herlina berusaha mencari pekerjaan supaya dapat mengantarkan kedua anaknya meraih masa depan yang gemilang.

“Kebetulan jodoh ibu ini sangat baik dengan Tzu Chi. Saya melihat Bu Herlina ini sangat gigih, terutama ibu ini sangat bersyukur dan selalu memanjatkan doa, tidak putus asa. Dengan kekuatan doa maupun dengan tekad untuk sembuh, saya bisa belajar bahwa dengan tidak mudah putus asa, kita bisa ada secercah harapan,” kata Agus Suhendri.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Kebahagiaan di Rumah Tawon Tangerang

Kebahagiaan di Rumah Tawon Tangerang

31 Agustus 2016

Rumah Keluarga Tawon di Tanah Tinggi Tangerang pagi itu ramai  kedatangan 35 relawan Tzu Chi dari Komunitas He Qi Barat. Kedatangan relawan pada Minggu, 21 Agustus 2016 tersebut masih dalam rangka merayakan hari kemerdekaan RI.

Keceriaan Arif Menanti Kesembuhan

Keceriaan Arif Menanti Kesembuhan

07 September 2016

Relawan Tzu Chi dari Jakarta dan Cianjur kembali mengunjungi Arif (tiga tahun) di rumahnya di Desa Sukamaju, Kecamatan Cibeber, Cianjur. Kondisi bola mata Arif yang sebelumnya membesar kini telah mengecil dan tengah menunggu pemasangan bola mata palsu.

Meringankan Beban Keluarga Natalia

Meringankan Beban Keluarga Natalia

20 Mei 2021

Relawan Tzu Chi mengunjungi Natalia, salah satu keluarga penerima bantuan yang juga anak asuh Tzu Chi di wilayah Marga Mulya, Bekasi Utara, Jawa Barat.

Kita harus bisa bersikap rendah hati, namun jangan sampai meremehkan diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -