Kesulitan Air Bersih, Tzu Chi Lampung Bantu Warga Kampung Balok

Jurnalis : Junaedy Sulaiman, Ivon (Tzu Chi Lampung), Fotografer : Ivon (Tzu Chi Lampung)

Relawan Tzu Chi Lampung bersama warga Kampung Balok mengabadikan momen bersama di depan lokasi pembangunan sumur bor dan bak penampungan air bersih.

Relawan Tzu Chi Lampung pada 5 Februari 2023 menyerahkan bantuan pengadaan sumur bor untuk 16 Kepala Keluarga di Kampung Balok RT/RW 025, Garuntang, Bumi Waras, Lampung.

Lita Jonathan, Wakil Ketua Tzu Chi Lampung turut hadir melihat kondisi kampung Balok yang kesulitan air bersih. Lita menyampaikan pembuatan sumur bor ini semoga bermanfaat dan sumur bor in agar dirawat dengan baik.

“Kedatangan kami kemari, untuk memberikan bantuan pembuatan sumur bor, semoga nantinya sumur ini dapat bermanfaat untuk warga yang membutuhkan. Pesan saya juga agar sumurnya di rawat dengan baik agar airnya dapat terus bermanfaat bagi bapak ibu semuanya” ucap Lita.
Budiyanto, mewakili warga Kampung Balok mengungkapan rasa syukurnya. “Kami sangat berterima kasih karena Yayasan Buddha Tzu Chi bersedia membantu kami membuat sumur bor ini. Nantinya sumur ini akan sangat mambantu kami dalam kesulitan air,” kata Budiyanto.

Pada 5 Februari 2023 lalu relawan mensurvei wilayah Kampung Balok yang dihuni 17 keluarga yang mengalami kekurangan air bersih. Tzu Chi sepakat untuk membangun sumur bor dan bak penampungan untuk warga yang mengalami kesulitan air bersih.   

Ridwan salah satu warga Kampung Balok mengungkapkan bahwa warga kampung Balok mendapatkan air dari sumur resapan milik orang. Namun karena sudah terlalu banyak penggunanya hingga lebih dari 80 keluarga maka di kompleks atas (tempat mereka tinggal) sudah tidak bisa mengalir lagi.

“Sekarang ini untuk sehari-hari kami ambil airnya dari pihak pengelola batubara, angkut pakai galon. Sekarang juga airnya sedikit, udah nggak kebagian semua kompleks atas,” ungkap Ridwan.

Pada 16 Maret 2023 relawan Tzu Chi kembali mengunjungi warga Kampung Balok untuk memberikan bantuan pembuatan sumur bor, sekalius melihat lokasi sumur. “Kedalaman sumur ini 44 meter, Alhamdulillah airnya juga bagus, bersih tidak ada pasir atau lumpurnya. Kami juga mengucapkan terima kasih banyak karena sudah membantu kita 16 Kepala Keluarga di sini sehingga kami tidak lagi kekurangan air bersih,” ucap Iman salah satu warga Kp. Balok.

Ucapan yang sama dilontarkan oleh Usiana salah satu warga yang terbantu adanya sumur bor yang dibantu oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Lampung. “Kami mengucapkan terima kasih banyak, sudah memberi kami sumber air yang bersih untuk kami di sini. Semoga Buddha Tzu Chi makin sukses terus,” ucap Usiana haru.

Barlianto berkesempatan mengunjungi rumah Usiana salah satu warga yang sudah dapat menikmati air bersih yang dibangun Tzu Chi.

Pada kesempatan itu Barlianto relawan Tzu Chi menginformasikan kepada warga Kampung Balok bahwa Tzu Chi pada bulan Oktober 2023 mendatang akan mengadakan bakti sosial operasi katarak.

Bagi warga yang menderita katarak, dapat langsung mendaftarkan diri dan bagi yang membutuhkan bantuan pengobatan, biaya hidup dan biaya pendidikan agar datang langsung untuk mengajukan permohonan bantuan ke Tzu Chi Lampung. Bantuan ini akan melalui proses survei yang dilakukan oleh relawan Misi Amal Tzu Chi dan akan dilakukan survei oleh relawan yang bertugas.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Belajar dari Filosofi Sumur

Belajar dari Filosofi Sumur

01 Maret 2011 Berharap dapat belajar, selama 3 hari yaitu tanggal 25-27 Februari 2011 sejumlah relawan Tzu Chi Kuala Lumpur, Malaysia mengajak beberapa pengusaha dari negeri jiran tersebut untuk berkunjung ke Tzu Chi Indonesia.
Warga Kampung Warung Loa, Bogor  Tak Lagi Khawatir Kekurangan Air bersih di Musim Kemarau

Warga Kampung Warung Loa, Bogor Tak Lagi Khawatir Kekurangan Air bersih di Musim Kemarau

09 Oktober 2023

Tim Tanggap Darurat Yayasan Tzu Chi bersama TNI AD (KOSTRAD) meresmikan bak penampungan air bersih di wilayah Ajisaka Kampung Warung Loa, Tamansari, Bogor. 

Bantuan Sumur Bor Bagi Warga di Kelurahan Tanah Tinggi dan Paseban

Bantuan Sumur Bor Bagi Warga di Kelurahan Tanah Tinggi dan Paseban

17 Juli 2023

Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan Kodim 05/01 Jakarta Pusat membangun titik sumber air bersih di beberapa lokasi. Salah satunya di Jl. Kramat Pulo Gundul III RT 01/RW 09 Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru dan di Jl. Kramat Lontar 14 Buntu, Kelurahan Paseban, Senen.

Cara kita berterima kasih dan membalas budi baik bumi adalah dengan tetap bertekad melestarikan lingkungan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -