Bantuan Sumur Bor untuk SMPN 3 Kota Besi di Kalimantan Tengah

Jurnalis : Erni Salim (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Dokumentasi Xie Li Kalteng 2

Alpen Yasko, S.Pd Kepala sekolah SMPN 3 Kota Besi sangat bersyukur atas bantuan sumur bor bagi sekolahnya.

“Lakukan perbuatan baik yang layak dilakukan dengan sepenuh hati; tidak perlu menghitung berapa banyak kebajikan yang telah dilakukan”
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Sudah hampir 29 tahun, sejak berdiri tahun 1993, SMPN 3 Kota Besi, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah kesulitan air bersih. Lokasi sekolah berada di dataran yang cukup tinggi dan tanah yang berbatu. Sebanyak 19 guru mengabdi di sekolah yang menampung 213 siswa-siswi ini.

“Selama ini untuk memenuhi kebutuhan air, sekolah kami hanya bergantung dari air hujan. Jika musim kemarau tiba kami harus membeli air yang tidak murah seharga 70,000/tangki, namun tidak mencukupi. Dan anak-anak yang rumahnya berada tidak jauh dari sekolah seringkali harus pulang jika ingin ke toilet,” ungkap Alpen Yasko S.Pd selaku kepala sekolah.

Kesulitan air bersih yang dialami SMPN 3 Kota Besi ini disambut positif relawan Tzu Chi Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 2 dengan memberikan bantuan sumur bor. Secara simbolis bantuan ini diserahkan pada 27 September 2022 yang lalu. Ini tentu menjadi hari bersejarah bagi sekolah.

Erwin Sitepu mengucapkan terima kasih ke pihak sekolah dan pihak lain yang terlibat dalam pembuatan sumur bor.

Meysia Safhanie membacakan puisi berjudul “Air”.

Sebanyak 15 relawan Tzu Chi datang disambut dengan pemotongan tumpeng pita yang diiringi tepuk tangan siswa-siswi dan seluruh undangan yang hadir. Ini merupakan ungkapan rasa syukur dan suk cita dalam menyambut bantuan sumur yang mengalirkan air ke sekolah.

“Proses pembuatan sumur ini membutuhkan waktu yang cukup panjang dan tiga kali berpindah tempat karena kondisi tanah yang berbatu dan kesulitan menemukan mata air. Namun dengan kesungguhan hati dan tekad yang kuat usaha pengeboran ini diberkati Tuhan dan berhasil di kedalaman 110 meter dengan kualitas air yang dihasilkan sangat bagus dan jernih. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat, terlebih kepada pihak sekolah yang telah menerima bantuan dari Yayasan Buddha Tzu Chi ini. Semoga bermanfaat,” ujar Erwin Sitepu, salah seorang relawan.

“Kini air sumber kehidupan untuk sekolahku telah tiba dan kami tidak kesulitan air lagi,” tutur Meysia Safhanie, salah seorang siswi usai membacakan puisi yang berjudul “Air” seraya mengucapkan terima kasih.

Sambutan Rusdianae, S.Pd.M.M, Pengawas Pembina Dinas Pendidikan Kabupaten  Kotawaringin Timur mengapresiasi bantuan relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas.

Erni Salim memotong pita sebagai tanda syukur dan sukacita dalam penyerahan sumur bor.

“Hari ini saya mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia Cabang Sinar Mas atas bantuan dan perhatiannya kepada sekolah dan warga sekitar yang membutuhkan. Kami sungguh bangga dan terharu. Pembuatan sumur bor ini membutuhkan biaya yang sangat mahal dan air bersih yang dihasilkan ini selain bermanfaat bagi pihak sekolah juga dapat bermanfaat bagi warga sekitar. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih,” ujar Rusdianae, S.Pd.M.M, pengawas pembina dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur dalam sambutannya.

Foto bersama tamu undangan, relawan dan para siswa.

Piagam penghargaan dari SMPN 3 Kota Besi kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Cabang Sinar Mas, atas dedikasinya memberikan manfaat bagi warga yang membutuhkan.

Sebagai apresiasi, pihak SMPN 3 Kota Besi memberikan piagam penghargaan kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Cabang Sinar Mas atas dedikasinya memberikan manfaat bagi warga sekitar yang membutuhkan.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Tzu Chi Salurkan Bantuan Tsunami di Kecamatan Sumur

Tzu Chi Salurkan Bantuan Tsunami di Kecamatan Sumur

29 Desember 2018

Tzu Chi Indonesia merespon kejadian tsunami di Selat Sunda dengan memberikan bantuan kepada korban terdampak di kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten. Bantuan berupa santunan uang, bantuan barang kebutuhan sehari-hari, serta pelayanan kesehatan.

Bantuan Sumur Bor Bagi Warga di Kelurahan Tanah Tinggi dan Paseban

Bantuan Sumur Bor Bagi Warga di Kelurahan Tanah Tinggi dan Paseban

17 Juli 2023

Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan Kodim 05/01 Jakarta Pusat membangun titik sumber air bersih di beberapa lokasi. Salah satunya di Jl. Kramat Pulo Gundul III RT 01/RW 09 Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru dan di Jl. Kramat Lontar 14 Buntu, Kelurahan Paseban, Senen.

Belajar dari Filosofi Sumur

Belajar dari Filosofi Sumur

01 Maret 2011 Berharap dapat belajar, selama 3 hari yaitu tanggal 25-27 Februari 2011 sejumlah relawan Tzu Chi Kuala Lumpur, Malaysia mengajak beberapa pengusaha dari negeri jiran tersebut untuk berkunjung ke Tzu Chi Indonesia.
Orang bijak dapat menempatkan dirinya sesuai dengan kondisi yang diperlukan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -