Kunjungan Kasih untuk Lansia Desa Besiq dan Bermai

Jurnalis : Abednego Takel (Tzu Chi Cabang Sinarmas), Fotografer : Abednego Takel (Tzu Chi Cabang Sinarmas)

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Kutai Barat mengantarkan bantuan langsung ke rumah-rumah lansia.

“Cinta kasih tidak cukup hanya ada di  dalam hati saja, tetapi harus diwujudkan dalam perilaku”
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)       

Benih relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas mulai tumbuh di Kutai Barat, Kalimantan Timur. Relawan mulai aktif melakukan berbagai kegiatan sosial, seperti yang dilakukan pada Selasa, 8 November 2022. Relawan Tzu Chi komunitas Kutai Barat melaksanakan kunjungan kasih untuk para lansia dan penyandang disabilitas di Desa Besiq dan Bermai. Dari hasil survei, terdapat 124 orang lansia yang membutuhkan perhatian dan sentuhan cinta kasih.

Kedatangan para relawan disambut hangat dan sukacita oleh seluruh anggota keluarga. Mereka merasa sangat bersyukur dan berterima kasih atas kedatangan para relawan. Doa-doa kebaikan meluncur dari mulut setiap lansia dan disabilitas yang didatangi relawan. Dalam kunjungan kali ini relawan menyalurkan bantuan berupa beras, minyak goreng, gula pasir, dan handuk.

Sambil menyalurkan bantuan, relawan juga berinteraksi dengan para penerima bantuan dengan  mendengarkan kisah mereka.

“Terima kasih Tzu Chi atas perhatiannya terhadap kami para lansia, kami merasa bahagia mendapat perhatian dan bantuan dari relawan Tzu Chi, kami sangat jarang menerima perhatian seperti ini. Terima kasih Tzu Chi,” ucap Bapak Abuk, salah satu lansia dari Desa Besiq.

“Kami merasa bahagia dan gembira atas kunjungan dan perhatian dari relawan Tzu Chi, bingkisan yang diberikan sangat berarti bagi kami. Semoga ke depannya perhatian juga terus bisa kami rasakan dari relawan Tzu Chi,” ungkap Ibu Kartini, lansia lainnya dari Desa Bermai.

Kebahagiaan tak hanya dirasakan para lansia dan disabilitas yang mendapatkan bantuan, tetapi juga dirasakan relawan. Rasa bahagia dan bersyukur dirasakan relawan karena diberikan kesempatan untuk berbagi dengan sesama. Dari kunjungan kasih kali ini relawan juga belajar untuk menyadari bahwa hidup  tidak selalu tentang diri kita tetapi juga tentang orang lain dan kepedulian kita untuk bisa berbagi kebahagiaan dengan orang lain melalui apapun yang bisa kita berikan.

Relawan membantu seorang warga lansia untuk menerima bantuan yang sudah disiapkan.

Semoga sedikit sentuhan kasih yang diberikan dapat meringankan beban para orang tua lanjut usia dan penyandang disabilitas yang dikunjungi. Jalinan cinta kasih juga diharapkan dapat terjalin kepada seluruh keluarga penerima bantuan cinta kasih dari relawan Tzu Chi Kutai Barat.

Bapak Rodi selaku petinggi di Desa Besiq juga mengungkapkan rasa terima kasihnya, “Kami mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya atas bantuan dan perhatian yang diberikan oleh relawan Tzu Chi kepada masyarakat kami khususnya para lansia dan penyandang disabilitas. Tuhan saja yang bisa membalas segala kebaikan yang telah relawan Tzu Chi berikan,” ucap Bapak Rodi.

Editor: Erli Tan

Artikel Terkait

Menjalin Tali Cinta Kasih

Menjalin Tali Cinta Kasih

06 April 2022

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Utara 1, membagikan 2.500 kupon sembako secara door to door kepada warga Kelurahan Kapuk, Cengkareng, Minggu, 3 April 2022. Sebanyak 119 relawan Tzu Chi, sejak pukul 7 pagi hingga 1 siang ikut dalam kegiatan ini.

Tzu Chi Pekanbaru Salurkan 498 Paket Sembako di Kelurahan Sri Meranti

Tzu Chi Pekanbaru Salurkan 498 Paket Sembako di Kelurahan Sri Meranti

20 Mei 2020

Tzu Chi Pekanbaru menyalurkan paket sembako dari rumah ke rumah bersama dengan Bhabinkamtibmas (Polri), Babinsa (TNI) dan aparat setempat (RT/RW) kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Kelurahan Sri Meranti, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru pada Kamis, 14 Mei 2020.

Cinta Kasih Untuk Masyarakat Desa Kwala Gebang

Cinta Kasih Untuk Masyarakat Desa Kwala Gebang

13 Desember 2022

Para relawan Tzu Chi di Kecamatan Tanjung Pura, Langkat, Sumatera Utara membagikan 360 paket sembako bagi warga prasejahtera di Desa Kwala Gebang.

Orang yang berjiwa besar akan merasakan luasnya dunia dan ia dapat diterima oleh siapa saja!
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -