Langsung ke Tangan Korban

Jurnalis : Su Pun Wui (Tzu Chi Medan), Fotografer : Pieter Chang (Tzu Chi Medan)
 
foto

Relawan Tzu Chi menyerahkan bantuan secara langsung ke tangan para korban kebakaran di Sidodadi, Medan Timur.

Rabu (20/2) sore, insan Tzu Chi kembali memberikan bantuan kepada para korban musibah kebakaran. Kali ini, 12 relawan Tzu Chi menyerahkan 16 paket bantuan berupa kebutuhan sehari-hari, mi instan, biskuit, pakaian layak pakai dan dana santunan Rp 200.000,- kepada para korban kebakaran di Jl. Pancur Batu, Lingkungan X, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Medan Timur. Penyerahan bantuan ini disaksikan oleh Kepala Lingkungan X, Parlagutan Batubara.

Kebakaran itu terjadi pada Rabu (20/2) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. Amukan api merambat dengan cepat dari pintu ke pintu akibat tiupan angin kencang, ditambah lagi sebagian besar rumah warga berdinding papan yang mudah terbakar. Belasan mobil pemadam kebakaran milik Pemko Medan sempat kesulitan menjinakkan si jago merah karena lokasi kebakaran yang berada di jalan sempit yang sulit dilalui. Namun atas kerja keras petugas pemadam dan warga, akhirnya api berhasil dipadamkan sekitar pukul 08.00 WIB pagi harinya.

Setelah mendengar informasi kejadian ini dari masyarakat, pagi itu juga 2 relawan Tzu Chi menuju lokasi kebakaran untuk melakukan survey. Ketika menginjakkan kaki di lokasi musibah, asap tebal terlihat masih mengepul dari sisa-sisa rumah warga. Tidak banyak harta benda yang bisa diselamatkan, karena kebakaran terjadi saat warga masih terlelap. Hampir seluruh bangunan habis terbakar. Beruntung, tidak ada korban jiwa. Dari Camat Medan Timur Aswarlin Nasution SH, diketahui ada 17 unit rumah semi permanen yang terbakar, total dihuni oleh 87 jiwa. Akibat musibah ini, para korban terpaksa tinggal di tenda darurat.

Relawan Tzu Chi memberikan bantuan secara langsung sehingga mereka bisa berinteraksi dengan warga. Dengan melihat langsung penderitaan korban, kita dapat belajar bersyukur atas semua berkah yang dimiliki.

 

Artikel Terkait

Membuka Pintu Hati Baru

Membuka Pintu Hati Baru

30 September 2014

Pada hari Senin, 29 september 2014, Yayasan Buddha Tzu Chi merekatkan kembali jalinan jodoh baik yang sudah terjalin dengan mengadakan sosialisasi dilanjutkan penuangan celengan bambu. Sebanyak 42 orang yang merupakan perwakilan dari setiap departemen di Hotel Borobudur menghadiri acara ini.

Menyentuh Hati Para Gan En Hu

Menyentuh Hati Para Gan En Hu

09 Desember 2016

Ada yang berbeda dari pertemuan para penerima bantuan Tzu Chi atau gan en hu di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi kali ini. Bertepatan dengan bulan Hari ibu dan bulan bakti kepada ayah, para gan en hu diajak menunjukkan baktinya kepada orang tua.

Melangkah di Jalan Tzu Chi

Melangkah di Jalan Tzu Chi

26 November 2015

Minggu, 15 November 2015, Yayasan Buddha Tzu Chi He Qi Barat kembali mengadakan Training Abu Putih yang pertama untuk periode 2016 yang dilaksanakan di Aula Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng, Jakarta Barat dan dihadiri oleh 109 orang peserta. Training ini bertujuan agar para relawan Tzu Chi dapat mendalami ajaran Jing Si dan mengetahui filosofi Tzu Chi serta meneladani langkah Master Cheng Yen.

Keharmonisan organisasi tercermin dari tutur kata dan perilaku yang lembut dari setiap anggota.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -