Langsung ke Tangan Korban

Jurnalis : Su Pun Wui (Tzu Chi Medan), Fotografer : Pieter Chang (Tzu Chi Medan)
 
foto

Relawan Tzu Chi menyerahkan bantuan secara langsung ke tangan para korban kebakaran di Sidodadi, Medan Timur.

Rabu (20/2) sore, insan Tzu Chi kembali memberikan bantuan kepada para korban musibah kebakaran. Kali ini, 12 relawan Tzu Chi menyerahkan 16 paket bantuan berupa kebutuhan sehari-hari, mi instan, biskuit, pakaian layak pakai dan dana santunan Rp 200.000,- kepada para korban kebakaran di Jl. Pancur Batu, Lingkungan X, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Medan Timur. Penyerahan bantuan ini disaksikan oleh Kepala Lingkungan X, Parlagutan Batubara.

Kebakaran itu terjadi pada Rabu (20/2) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. Amukan api merambat dengan cepat dari pintu ke pintu akibat tiupan angin kencang, ditambah lagi sebagian besar rumah warga berdinding papan yang mudah terbakar. Belasan mobil pemadam kebakaran milik Pemko Medan sempat kesulitan menjinakkan si jago merah karena lokasi kebakaran yang berada di jalan sempit yang sulit dilalui. Namun atas kerja keras petugas pemadam dan warga, akhirnya api berhasil dipadamkan sekitar pukul 08.00 WIB pagi harinya.

Setelah mendengar informasi kejadian ini dari masyarakat, pagi itu juga 2 relawan Tzu Chi menuju lokasi kebakaran untuk melakukan survey. Ketika menginjakkan kaki di lokasi musibah, asap tebal terlihat masih mengepul dari sisa-sisa rumah warga. Tidak banyak harta benda yang bisa diselamatkan, karena kebakaran terjadi saat warga masih terlelap. Hampir seluruh bangunan habis terbakar. Beruntung, tidak ada korban jiwa. Dari Camat Medan Timur Aswarlin Nasution SH, diketahui ada 17 unit rumah semi permanen yang terbakar, total dihuni oleh 87 jiwa. Akibat musibah ini, para korban terpaksa tinggal di tenda darurat.

Relawan Tzu Chi memberikan bantuan secara langsung sehingga mereka bisa berinteraksi dengan warga. Dengan melihat langsung penderitaan korban, kita dapat belajar bersyukur atas semua berkah yang dimiliki.

 

Artikel Terkait

Pelatihan 4 in 1 : Menghimpun Niat Baik dan Menyucikan Hati Manusia

Pelatihan 4 in 1 : Menghimpun Niat Baik dan Menyucikan Hati Manusia

29 Mei 2016
Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia kembali menggelar Kamp Pelatihan Relawan 4 in 1 yang berlangsung selama dua hari, yakni 28-29 Mei 2016 di  Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Sebanyak 710 relawan yang terdiri dari mentor dan peserta datang dari berbagai daerah di Indonesia.
Niat Baik yang Tulus untuk Berbagi

Niat Baik yang Tulus untuk Berbagi

23 Mei 2011
Acara ini mendapatkan respon yang sangat baik dari para karyawan, staf, dan pimpinan PT. Pulau Intan. Mereka menyatakan akan menjadi donatur Tzu Chi untuk mendukung Yayasan Buddha Tzu Chi dalam berkegiatan membantu sesama.
“Mari Kita Peduli”

“Mari Kita Peduli”

04 Agustus 2010
“Kertas yang berwarna putih dipisahkan, sedangkan yang berwarna itu masuk ke dalam katagori sampah kertas boncos (murah-red). Kalau kita bisa jaga bumi dengan baik, maka bumi juga bisa lebih bersih kan, Pak?" terang Giok Chin dengan penuh semangat kepada salah satu relawan.
Jika selalu mempunyai keinginan untuk belajar, maka setiap waktu dan tempat adalah kesempatan untuk mendapatkan pendidikan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -