Makin Kreatif dengan Alat Permainan Edukatif

Jurnalis : Nurhayati Monita (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Tias Ayu Rahadila (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Siswa-siswi TK Tunas Lestari bernyanyi menyambut kedatangan relawan Tzu Chi.


“Bila sewaktu menyumbangkan tenaga kita memperoleh kegembiraan, inilah disebut “rela memberi dengan sukacita”.
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Riuh tawa anak-anak berlarian di halaman TK Tunas Lestari Sungai Basung. Bel berbunyi, anak-anak dengan cepat berbaris dan memasuki ruang kelas. Dalam kelas, ibu guru menyampaikan bahwa relawan Tzu Chi akan datang berkunjung dan membawa sesuatu yang bakal membuat mereka senang.

Hari itu, Senin 11 Desember 2023, para relawan Xie Li Kutai Barat (Kubar) wilayah 3 memulai awal pekannya dengan berbagi kebahagian. Mereka mendatangi TK Tunas Lestari Sungai Basung untuk menyerahkan bantuan alat permainan edukatif serta tempat bekal makanan dan susu. Mainan yang dibagikan antara lain flash card, playmate cointainer, balok hijaiyah, buku mewarnai, jam alfabet, balok angka, slime, stiker pengukur tinggi badan, meronce kancing.

Penyerahan permainan edukatif secara simbolis kepada Kepala TK Tunas Lestari, Munirah.

Siswa-siswi TK begitu senang menerima mainan edukatif, tempat bekal makanan dan susu.

Anak-anak TK merupakan anak-anak usia bermain sambil belajar, untuk itu dibutuhkan permainan edukatif. Permainan edukatif mampu merangsang dan melatih perkembangan otak anak serta menstimulasi kreatifitas berfikir anak. Permainan edukatif bukan permainan yang hanya menyenangkan untuk anak tetapi bisa mendidik dan menstimulasi otak anak. Relawan Tzu Chi berharap, mainan edukatif yang diberikan dapat memudahkan anak belajar, melatih konsentrasi, sebagai media kreativitas dan imajinasi, menghilangkan kejenuhan, melatih daya ingat dan sebagai bahan percobaan. Sehingga belajar di TK semakin menyenangkan dan menumbuhkan semangat belajar anak.

Tias Ayu Rahadila sebagai ketua relawan Dharma Wanita Xie Li Kubar wilayah 3 menyerahkan bantuan tersebut pada Kepala TK Tunas Lestari Sungai Basung, Munirah.  “Kami ucapkan terima kasih banyak kepada Tzu Chi yang telah memberikan mainan edukatif kepada sekolah kami, semoga ke depannya Tzu Chi dan para relawan semakin sukses serta semakin banyak menebar kebaikan dan kebahagian,” ucap Munirah.

Para relawan bermain mainan edukatif dengan murid TK Tunas Lestari.

Siswa-siswi TK Tunas Lestari meminum susu yang telah diberikan relawan.

Tampak senyum bahagia dan mata yang berbinar anak-anak saat melihat semua mainan di depan mereka. Milona salah satu siswi memainkan puzzle ditemani Devi. “Wah kakak hebat, hayo tinggal 3 balok angka nanti selesai,” ucap Devi pada Milona. “Iya Bu, bentar lagi selesai, makasih ya Bu mainannya kami senang,” jawab Milona dengan senyumnya. “Nanti setelah selesai gantian dengan yang lain ya mainannya, kakak Milona juga bisa coba mainan yang lain, main bersama-sama ya,” ucap Devi.

Tak terasa waktu bermain mainan edukatif selesai, para relawan izin berpamitan. Mainan edukatif yang diberikan disusun dan disimpan rapi. Anak-anak TK pun memasuki waktu untuk makan bekal yang telah dibawa.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Makin Kreatif dengan Alat Permainan Edukatif

Makin Kreatif dengan Alat Permainan Edukatif

21 Desember 2023

Untuk mendukung kreativitas pada anak, Xie Li Kutai Barat wilayah 3 memberikan seperangkat permainan edukatif pada TK Tunas Lestari Sungai Basung. 

Hadiah paling berharga di dunia yang fana ini adalah memaafkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -