Melatih Diri di Bulan Penuh Berkah

Jurnalis : Paulina (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Abdul Rahim, Beverly Clara, Calvin (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mengadakan kegiatan Gong Xiu (kebaktian) dalam menyambut Bulan Tujuh Penuh Berkah. Kegiatan ini juga diikuti oleh 33 relawan.

Dalam menyambut Bulan Tujuh Penuh Berkah, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mengadakan kegiatan Gong Xiu (kebaktian) pada Minggu, 30 Juli 2023 di Kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun dan diikuti 33 relawan. Kegiatan pun diawali dengan penghormatan kepada sang Buddha dan Master Cheng Yen. Kemudian dengan khidmat para relawan bersama-sama melafalkan Lantunan Gatha Pendupaan (Lu Xiang Zan), Gatha Pembukaan Sutra (Kai Jing Ji). Setelah itu para relawan diajak melakukan pradaksina dan meditasi untuk menenangkan batin dan pikiran.

Sebagai pembawa materi, Sukmawati Shijie memberikan penjelasan mengenai Bulan Tujuh Penuh Berkah kepada para relawan yang berpartisipasi pada kegiatan ini. “Master Cheng Yen selalu mengatakan bahwa bulan tujuh merupakan bulan yang penuh berkah, bulan yang suka cita, bulan membalas budi dan bulan berbakti,” ucap Sukmawati saat menjelaskan materinya.

Pada kegiatan ini, relawan bersama-sama melafalkan Lantunan Gatha Pendupaan (Lu Xiang Zan), Gatha Pembukaan Sutra (Kai Jing Ji), Pradaksina, dan meditasi untuk menenangkan batin dan pikiran.

Ketua Harian Tzu Chi Tanjung Balai Karimun, Sukmawati memberikan penjelasan mengenai Bulan Tujuh Penuh Berkah pada kegiatan ini.

Dalam kesempatan ini, Sukmawati juga menerangkan hal apa saja yang dapat dilakukan Bulan Tujuh Penuh Berkah. “Di Bulan Tujuh Penuh Berkah salah satunya kita dapat bervegetarian. Karena dengan bervegetarian kita dapat membalas budi kepada bumi, berbakti kepada orang tua,” jelas Sukmawati.

Untuk memotivasi para relawan dalam menyambut Bulan Tujuh Penuh Berkah dengan bervegetaris, Sukmawati menayangkan video inspiratif tentang seorang artis yang menerapkan pola hidup vegetarian. Tayangan tersebut menyoroti dampak positif bagi mahkluk hidup jika seseorang bervegetaris.

Sejak kelas 3 SMP, Tcering Zoma Chen sudah memulai menerapkan pola hidup vegetaris melalui kegiatan Bulan Tujuh Penuh Berkah.

Kegiatan Bulan Tujuh Penuh Berkah bisa memotivasi generasi muda untuk menerapkan pola hidup bervegetaris. Salah satunya adalah kakak beradik, Tcering Zoma Chen (17) dan Tson Rirutolmo Chen (15) yang sudah tujuh tahun bervegetaris setelah mengikuti kegiatan Bulan Tujuh Penuh Berkah yang diadakan oleh Tzu Chi.

“Saya telah bervegetaris sejak saya kelas 3 SMP, saya mulai bervegetarian setelah mengikuti kegiatan Bulan Tujuh Penuh Berkah. Awalnya saya masih bolong-bolong tetapi lama-lama bervegetarian jadi keterusan sampai saat ini. Kalau adik saya berikrar sejak kelas 5 SD, dia berikrar untuk vegetarian seumur hidup, kalau saya lebih ke jalanin saja karena saya banyak alerginya. Jadi lebih baik saya bervegetarian,” ungkap Tcering Zoma Chen yang saat ini tergabung dalam relawan muda-mudi Tzu Chi (Tzu Ching).

Walaupun awalnya sempat tidak disetujui keluarga besar, Tson Rirutolmo Chen dan kakaknya berhasil membuktikan kepada keluarganya bahwa dengan bervegetarian tetap bisa memenuhi kebutuhan gizi dengan sehat dan baik.

Meskipun awalnya keluarga besar tidak sepenuhnya setuju, namun mereka berhasil membuktikan bahwa pola hidup bervegetarian dapat memenuhi kebutuhan gizi dengan sehat dan baik. Akhirnya, keluarga besar mereka pun menerima dengan baik pilihan mereka untuk bervegetarian.

“Awalnya kalau makan bersama dengan keluarga besar selalu ditawari maknan non vegetarian. Kita hanya senyum-senyum dan mengiyakan tetapi tidak makan. Kini mereka selalu menyediakan makanan khusus vegetarian untuk kami. Tidak hanya itu, terkadang saat ke rumah teman mereka menyediakan makanan khusus vegetarian untuk saya,” ungkap Tson Rirutolmo Chen murid kelas budi pekerti (Tzu Shao).

Pada kegiatan ini relawan Tzu Chi, Juliardi (42) mendapatkan pengetahuan baru tentang bulan tujuh yang dimaknai oleh insan Tzu Chi sebagai bulan yang penuh berkah. “Hari ini saya baru tahu akan istilah Bulan Tujuh Penuh Berkah. Sebelumnya orang-orang selalu menganggap bulan tujuh merupakan bulan hantu, tetapi di Tzu Chi, Master Cheng Yen menganggap bulan tersebut adalah bulan yang penuh berkah, penuh sukacita, bulan berbakti dan balas budi, setelah dipikir-pikir itu hal yang benar,” ungkap Juliardi.

Relawan Juliardi mendapatkan pengetahuan baru tentang bulan tujuh yang dimaknai oleh insan Tzu Chi sebagai bulan yang penuh berkah.

Juliardi juga telah menerapkan pola hidup bervegetaris selama lebih dari 2 tahun. Menurutnya, ketika memilih bervegetarian, tidak perlu terlalu memperhatikan pendapat orang disekitar. “Halangan bervegetarian itu terjadi ketika kita menanggapi kata-kata orang lain, jika kita tidak menanggapi dan tetap bervegetarian maka tidak ada halangan,” ucap Juliardi.

Kegiatan ini merupakan persiapan awal bagi para relawan dalam menyambut Bulan Tujuh Penuh Berkah. Dengan bekal pengetahuan tentang Bulan Tujuh Penuh Berkah, maka kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik. Oleh karena itu hendaknya kita bervegetarian demi melindungi bumi dan berbakti kepada orang tua. Seperti Kata Perenungan Master Cheng Yen yang berbunyi “Dengan bervegetarian kita telah menghormati kehidupan sekaligus telah melestarikan bumi.”

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Memperkokoh Tekad Awal

Memperkokoh Tekad Awal

03 Desember 2014

Minggu pagi 30 November 2014, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mengawali kegiatan Gong Xiu (kebaktian) yang secara rutin dilaksanakan sebulan sekali. Kali ini kegiatan Gong Xiu dikemas berbeda dengan bulan yang lalu agar relawan tidak merasa bosan dan jenuh seperti kegiatan sebelumnya. 

Melatih Diri Dengan Tata Krama

Melatih Diri Dengan Tata Krama

01 Maret 2017

Minggu, 26 Februari 2017, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun Mengadakan kegiatan Gong Xiu (pelatihan) yang dilakukan rutin setiap satu bulan sekali. Kegiatan ini juga sebagai bekal para relawan untuk melaksanakan budaya humanis Tzu Chi di masing-masing komunitasnya.

Semakin Berbakti Pada Master

Semakin Berbakti Pada Master

06 Agustus 2014

Dalam kegiatan Gong Xiu kali ini membahas tentang pentingnya mendalami Dharma dan mewujudkannya lewat praktik nyata.

Cinta kasih tidak akan berkurang karena dibagikan, malah sebaliknya akan semakin tumbuh berkembang karena diteruskan kepada orang lain.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -