Melawan Kesulitan Menyalin Sutra

Jurnalis : Agus Lee (Tzu Chi Batam), Fotografer : Emilia (Tzu Chi Batam)
Peserta terlebih dahulu mengikuti kebaktian Sutra Makna Tanpa Batas.

Master Cheng Yen sangat berharap relawan Tzu Chi tidak hanya menggarap ladang berkah, tetapi juga memupuk jiwa kebijaksanaan. Jiwa kebijaksanaan salah satunya didapatkan dengan mendalami Sutra. Salah satunya tentunya Sutra Makna Tanpa Batas yang merupakan intisari dari Ajaran Jing Si dan Mazhab Tzu Chi. Maka dari itu, Tzu Chi Batam mengajak para relawan untuk menyelami Sutra melalui kelas menyalin Sutra pada Minggu, 22 Oktober 2023.

Sebanyak 66 peserta hadir di Aula Jing Si Batam mengikuti kebaktian Sutra Makna Tanpa Batas terlebih dahulu. Para peserta melafalkan Sutra kata demi kata dengan khidmat. Sarapan dipersiapkan oleh tim konsumsi bagi para peserta yang sudah mengikuti kebaktian dan siap-siap untuk mulai menyalin Sutra.

Selaku Koordinator Rahmat berhadap menggunakan kesempatan ini untuk Yuan Man (sempurna) Kelas Menyalin Sutra.

Kelas menyalin Sutra Makna Tanpa Batas sudah dimulai sejak tahun 2018, dikarenakan pandemi dan berbagai halangan lainnya, kelas ini kerap diundur. Namun hal itu tidak menurunkan semangat koordinator kegiatan bahwa apa yang sudah dimulai harusnya dituntaskan. "Kita sedang menghabiskan Sutra Makna Tanpa Batas, di Bab Sepuluh Jasa Pahala di pahala kesembilan dan kesepuluh, jadi kita menggunakan kesempatan ini untuk Yuan Man (sempurna). jadi hari ini bisa selesai tiga bab dari Sutra Makna Tanpa Batas,” ucap Rahmat Hartato, Ketua Koodinator.

Ketika diminta menjelaskan ke para peserta, Rahmat sempat kebingungan lantaran belum sepenuhnya memahami makna dari Sutra Makna Tanpa Batas. "Saya coba mendengar penjelasan Master lirik demi lirik, bait demi bait. Saya tanyakan ke senior, dan juga menonton Persamuhan Dharma di Taiwan yang memiliki kisah Tzu Chi yang dikaitkan dengan Sutra Makna Tanpa Batas", ujar Rahmat membeberkan caranya untuk memahami Sutra.

Kelas menyalin Sutra ini diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan dan usia.

Kelas menyalin Sutra ini diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan dan usia. Dari tua hingga muda, bahkan anak-anak sekalipun. Mereka adalah anak dan keponakan Linda, mengetahui ada kelas menyalin Sutra, Linda yang pada tahun lalu pernah mengikutinya mengajak anak-anaknya turut serta dalam kegiatan kali ini. "Mendorong anak-anak lebih fokus karena tulisan itu pakai mao bi (pena kaligrafi), tidak bisa salah, kalau salah kan tidak bisa dihapus seperti pena biasa. Menurut saya anak-anak selain fokus, juga harus sabar karena itu juga melatih kesabaran", Linda menjelaskan manfaat kegiatan ini bagi anak-anak.

"Tadi juga ditampilkan beberapa video filosofi dan kegiatan-kegiatan di Tzu Chi. Jadi mereka sedini mungkin bisa belajar budi pekerti, kemanusiaan, karakter. Menurut saya, seorang anak kalau pintar di sekolah pun tetapi karakternya tidak dibina dengan baik merupakan sebuah kegagalan juga," Linda menambahkan.

Ong (kanan) ingin lewat salin sutra lebih memahami makna dari Sutra Makna Tanpa Batas

Menulis aksara Mandarin bukan hal mudah bagi kebanyakan orang, terlebih lagi harus menggunakan pena kaligrafi. Hal ini dirasakan oleh Ong Chi Wei, "Memang saya tidak bisa bahasa Mandarin, tulis Mandarin juga tidak bisa tapi saya ingin tahu makna dari Sutra Makna Tanpa Batas ini. Tadi tulisnya agak sulit, step by step, sehuruf demi sehuruf saya selesaikan, rasanya agak lega, ada satu rasa kebahagiaan bahwa telah berhasil melewati satu kondisi".

Usia Ong yang kini sudah menginjak 55 tahun juga kesulitan untuk melihat bayangan huruf yang tercetak di buku. "Saya tidak bisa melihat langsung dan kacamata saya juga tidak bisa melihat langsung, jadi saya coba foto dulu dengan handphone dan saya perbesar baru saya bisa kelihatan tulisannya," jelas Ong.

Kelas Menyalin Sutra kembali digelar di Kota Batam pada tanggal 22 Oktober 2023.

Sutra Makna Tanpa Batas adalah semangat Tzu Chi. Relawan Tzu Chi menjalankan misi Tzu Chi dengan menjalankan prinsip-prinsip dalam Sutra tersebut. Rahmat berharap para peserta dapat memperoleh manfaat dari kelas salin Sutra ini, "Sutra bukan hanya kita lafalkan, bukan hanya kita salin, tetapi kita harus memahami makna dan isi dari Sutra ini dan harus kita praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Barulah kita bisa katakan Yuan Man (sempurna) dalam memahami dan mempraktekkan isi ajaran sutra.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Kelas Menyalin Sutra Bukan Sekadar Belajar Kaligrafi

Kelas Menyalin Sutra Bukan Sekadar Belajar Kaligrafi

04 Agustus 2022

Yayasan Buddha Tzu Chi Batam kembali melakukan kegiatan Menyalin Sutra Makna Tanpa Batas pada Hari Minggu, 31 Juli 2022. Kegiatan ini merupakan pertemuan ke-9 yang sebelumnya sempat tertunda akibat pandemi.

Melawan Kesulitan Menyalin Sutra

Melawan Kesulitan Menyalin Sutra

09 November 2023

Tzu Chi Batam mengajak para relawan untuk menyelami Sutra Makna Tanpa Batas yang merupakan intisari dari Ajaran Jing Si dan Mazhab Tzu Chi, salah satunya melalui kelas menyalin Sutra. 

Bersungguh Hati Mendalami Ajaran Jing Si

Bersungguh Hati Mendalami Ajaran Jing Si

19 Juni 2018
Para relawan Tzu Chi Batam bersama-sama menyalin Sutra Makna Tanpa Batas yang merupakan sumber Ajaran Jing Si. Peserta yang ikut serta dalam Kelas Menyalin Sutra mencapai 95 orang.
Apa yang kita lakukan hari ini adalah sejarah untuk hari esok.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -